Mengatasi Masalah Iklim dengan Olahraga, Bagaimana Caranya?

Mengatasi Masalah Iklim dengan Olahraga, Bagaimana Caranya?
info gambar utama

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menjadi pembicara dalam Kongres Dunia TAFISA 2023 di Dusseldorf, Jerman, Sabtu (4/11). Menpora Dito pada kesempatan ini memaparkan bagaimana olahraga dapat mengatasi perubahan iklim.

Menpora Dito menyampaikan, olahraga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Bahkan, olahraga sudah menjadi sebagai bagian gaya hidup sehari-hari guna meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam hal ini bekerja sama dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) untuk membina olahraga untuk semua di Indonesia,” ujar Menpora Dito.

Dijelaskan Menpora Dito, semangat masyarakat Indonesia terhadap olahraga terus meningkat. Hal ini juga didukung dengan adanya berbagai fasilitas olahraga yang tersebar disejumlah daerah di Tanah Air.

Disamping itu, sesuai misi TAFISA 2030: Untuk Dunia Yang Lebih Baik Melalui Olahraga Untuk Semua. Menpora Dito membeberkan ada tiga hal agar bisa mencapai tujuan tersebut.

Melawan Arus Globalisasi : Dengan Cara Melestarikan Budaya Lokal

Tiga hal itu adalah pemanfaatan infrastruktur yang ada secara inovatif, pemanfaatan berbagai sumber daya alam lokal, serta mempromosikan cara-cara olahraga yang ramah lingkungan.

“Di Kemenpora, ada program Pepelingasih (Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih). Ini adalah program yang digerakkan oleh pemuda untuk mengakomodasi dan mendorong generasi muda di Indonesia dalam mendukung tantangan mitigasi krisis iklim,” ujar Menpora Dito.

“Lalu, Kemenpora juga mendorong lahirnya inisiatif pemuda untuk memobilisasi komunitasnya di berbagai wilayah di Indonesia dalam upaya lingkungan hidup dalam rangka mitigasi krisis iklim,” tambah Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito menekankan pentingnya strategi berbasis komunitas yang digerakkan oleh pemuda dengan menjangkau komunitas lainnya melalui olahraga untuk semua.

“Kolaborasi dengan komunitas menjadi sangat penting dan mendorong partisipasi pemuda yang lebih tinggi dalam bekerja sama dalam proses pengambilan kebijakan mitigasi krisis iklim di masa depan,” terang Menpora Dito

“Kemudian, penciptaan kebijakan terkait perubahan iklim yang lebih berdampak karena didirikan berdasarkan aspirasi masyarakat setempat yang mengalami langsung krisis tersebut,” pungkasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini