Melihat Indonesia dari Sisi Lain : Apresiasi Budaya Indonesia Melalui Gim

Melihat Indonesia dari Sisi Lain : Apresiasi Budaya Indonesia Melalui Gim
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023
#PekanKebudayaanNasional2023
#IndonesiaMelumbunguntukMelambung

Pelestarian budaya memiliki nilai penting yang harus dilakukan lantaran budaya adalah identitas diri dari suatu bangsa dan masyarakat. Indonesia yang memiliki beragam budaya memiliki tantangan tersendiri dalam pelestarian budaya. Gempuran budaya asing melalui media menjadi salah satu tantangan dalam pengenalan budaya pada generasi yang tumbuh di era digital.

Gencarnya arus media di era digital ini mengharuskan bangsa Indonesia untuk beradaptasi dalam upaya mengenalkan dan melestarikan budaya bangsa. Berkaca terhadap keberhasilan Jepang dan Korea yang berhasil memperkenalkan budaya bangsanya melalui media dan industri kreatif, sepatutnya Indonesia juga ikut beradaptasi dan mulai menerapkan upaya tersebut.

Bentuk Pengenalan Budaya Indonesia melalui Gim

Pemanfaatan gim sebagai sarana pengenalan budaya Indonesia menjadi salah satu aksi nyata dalam memperkenalkan budaya kepada generasi era digital. Hal ini dikarenakan gim menjadi salah satu hal yang lekat pada pemuda-pemudi di Indonesia saat ini.

Saat ini sudah banyak game populer yang menampilkan konten-konten bermuatan budaya Indonesia. Budaya yang ditampilkan terinspirasi dari cara berpakaian, cerita rakyat, legenda, bangunan, instrumen musik daerah, dan kehidupan sehari-hari.

Contoh gim yang memiliki konten bertema budaya Indonesia yaitu PUBG merilis skin baju batik dan Mobile Legend membuat hero yang terinspirasi dari cerita rakyat “Kadita”.

Pembuatan konten bertema budaya Indonesia oleh perusahaan gim tersebut sebagai bentuk apresiasi dan upaya menarik penggemar yang berasal dari Indonesia untuk memainkan gim tersebut. Secara tidak langsung hal ini juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional dan masyarakat Indonesia sendiri.

Banyak Developer Gim Indonesia yang Mengangkat Tema Kebudayaan Indonesia

Tidak hanya gim yang dibuat oleh perusahaan multinasional yang memiliki konten dengan tema budaya Indonesia, kini banyak gim yang dirilis oleh perusaahaan nasional yang memiliki konten berfokus dengan budaya Indonesia. Dari sekian banyak gim tersebut terdapat gim “A Space For The Unbound” dan “Pamali” yang berhasil mengangkat konten bertema Indonesia dan menerima respon positif dari pemainnya. Tentunya ada rasa bangga mengetahui bahwa terdapat gim yang menggambarkan tentang Indonesia dan dibuat oleh perusahaan gim Indonesia sendiri.

Gim Pamali, Gim Horor yang Mengangkat Mitos di Indonesia

Konten Gim Pamali| Foto: laman Steam Pamali/ store.steampowered.com/app/854570/Pamali_Indonesian_Folklore_Horror/
info gambar

Gim Pamali yang dibuat oleh Storytale Studios merupakan gim horor yang mengadopsi cerita rakyat bertema horor di Indonesia. Gim ini mengangkat sebuah mitos tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau pamali yang sampai sekarang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Pamali yang merupakan sebuah mitos yang mengatur tingkah laku orang secara tidak langsung juga mencerminkan identitas masyarakat Indonesia. Pamali berhubungan erat dengan norma yang ada di masyarakat, secara tidak langsung pamali membentuk masyarakat Indonesia dengan rasa menghormati kepada alam, sesama manusia dan peninggalan-peninggalan bersejarah.

Storytale studios berhasil memperkenalkan mitos pamali melalui gimnya kepada pemain nasional dan internasional. Pengenalan ini akan memicu para pemain gim untuk mencari tahu lebih lanjut tentang apa itu pamali dan juga cerita rakyat yang erat berhubungan dengan pamali.

A Space for The Unbound, Gim dengan Keindahan Lingkungan Indonesia

Gim A Space For The Unbound | Foto : Mojiken Studio, Toge Production
info gambar

Gim A Space for The Unbound atau yang lebih dikenal dengan ASFTU dibuat oleh Mojiken Studio. ASFTU mengangkat kehidupan anak Sekolah Menengah Atas sebagai latar tokoh dalam gimnya. Konten dalam gim ASFTU berhasil menangkap suasana dan keadaan masyarakat Indonesia, dan mengungkap keindahan Indonesia dari sisi yang tidak terlihat sebelumnya.

Penulis berkesempatan mewawancarai Dimas Novan selaku Director dalam pembuatan gim ASFTU. Dimas menuturkan bahwa hal yang melatarbelakangi pembuatan gim ASFTU adalah rasa apresiasi terhadap lingkungan tempat tinggalnya dari lahir. Ada keinginan yang besar untuk mengenalkan Indonesia kepada kalayak luas melalui gim agar identitas bangsa Indonesia dikenal dengan cara yang berbeda. Dengan adanya gim ASFTU ini diharapkan akan menimbulkan rasa cinta terhadap Indonesia bagi para pemainnya yang dimulai dari lingkungan sekitarnya sendiri.

Salah satu alasan Dimas memasukan lingkungan sekitar tempat tinggalnya ke dalam ASFTU juga terinspirasi dari fenomena yang disebut anime tourism, dimana penggemar dari suatu anime tertentu akan mendatangi lokasi asli yang jadi inspirasi atau yang diadaptasikan ke dalam anime yang mereka tonton. Dimas berharap hal tersebut dapat terjadi di Indonesia, akan banyak orang yang mulai mengenal keindahan Indonesia dan juga dapat menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungan serta budaya bagi masyarakat Indonesia.

Apresiasi Pemerintah dan Masyarakat Terhadap Upaya Pengenalan Budaya Melalui Gim

Muncul harapan besar kepada pemerintah agar dapat memberikan apresiasi yang lebih besar terkait upaya pengenalan budaya Indonesia melalui gim dan industri kreatif lainnya. Tentunya dengan mengadakan bermacam-macam program yang berfokus dalam pengenalan budaya melalui industri kreatif.

Selain apresiasi dari pemerintah, kita sebagai masyarakat juga dapat mengapresiasi pengenalan budaya melalui gim. Sebagai masyarakat kita harus mendukung developer gim dengan membeli, memainkan, menonton serta mempromosikan gim yang bermuatan tentang budaya Indonesia. Sehingga developer gim termotivasi untuk menambahkan konten budaya Indonesia ke dalam gimnya. Dengan gim berkonten budaya ini akan semakin banyak yang mengenal dan mulai mencintai budaya Indonesia.

Ketika kita memiliki rasa cinta terhadap tempat tinggal kita, kita akan mampu untuk melihat keindahan dari sisi lain. Sehingga kita mampu mengenalkan lingkungan dan budaya kita dengan indah melalui hal yang sederhana. Seperti halnya Mojiken Studio dan Storytale Studios yang mampu mengemas keindahan dari lingkungan serta budaya Indonesia melalui gim.

Ketulusan dan rasa cinta ini akan tersalurkan kepada pemain gim tersebut dan akan membuat pemain gim tersebut memiliki rasa cinta yang sama dengan pembuatnya. Tentunya akan semakin banyak karya-karya yang akan memperkenalkan budaya Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

II
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini