RI Bakal Kirim Kapal Rumah Sakit TNI ke Palestina

RI Bakal Kirim Kapal Rumah Sakit TNI ke Palestina
info gambar utama

Pemerintah Indonesia bakal mengirimkan kapal rumah sakit TNI ke Palestina. Rencana ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (6/11/2023).

“Saya membahas rencana kita, tawaran kita untuk mengirim kapal rumah sakit, dan ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah Mesir,” ucapnya kepada awak media.

Dalam pertemuan itu, Prabowo menyampaikan simpati dan solidaritas kepada rakyat Palestina dalam masa-masa sulit yang mereka alami saat ini. Dia mengatakan usai kunjungan bahwa dirinya telah melaporkan plan pengiriman kapal rumah sakit itu kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Sebentar lagi saya akan berkoordinasi dengan Dubes Mesir untuk rincian bagaimana prosedur pengiriman kapal rumah sakit tersebut,” tambahnya.

RI Bakal Kirim Bantuan Tahap Dua ke Palestina Senilai Rp31,9 Miliar

Selain itu, Prabowo juga menawarkan kepada Zuhair bahwa semua rumah sakit TNI siap menerima pasien-pasien dari Palestina yang sistem kesehatannya tengah kritis. Mengenai hal ini, dia akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membahas teknis pelaksanaannya.

Bukan itu saja, Prabowo juga menuturkan bahwa Kemhan RI akan segera menerima 22 calon kader dari Palestina untuk masuk ke Universitas Pertahanan RI.

“Mereka akan belajar di kita selama lima tahun untuk bidang-bidang yang sangat mereka butuhkan, bidang kedokteran, teknik dan sebagainya,” tutupnya.

Sementara itu, Zuhair mengungkapkan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan berharap agresi di Palestina segera berakhir. Dia menjelaskan, Prabowo dan dirinya membahas banyak hal tentang situasi terkini di Gaza. Mereka juga membicarakan tentang pengiriman kapal rumah sakit militer ke Gaza atau wilayah Mesir, sekaligus teknis atau cara pemerintah Indonesia membantu Palestina saat ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada semuanya. Hari demi hari bantuan dari Indonesia itu datang. Kemarin, sekitar dua juta penduduk Indonesia sangat mendukung kebebasan Palestina. Saya sangat mengapreasiasi itu,” ujar Zuhair.

Buah Semangka, Simbol Dukungan Dunia untuk Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini