Mengenal 10 Jenis-Jenis Kain Katun, Bahan Kaos Terlaris di Pasaran

Mengenal 10 Jenis-Jenis Kain Katun, Bahan Kaos Terlaris di Pasaran
info gambar utama

Bagi Kawan yang ingin membuat pakaian, kamu bisa mencoba menggunakan kain katun sebagai bahan dasar. Tapi perlu Kawan ketahui, jenis kain kartun sangat bervariasi. Detailnya kita bahas di sini, yuk!

Jenis-jenis kain katun dan karakteristiknya

Kain Bahan Katun Combed (Cotton Combed)

Katun Combed jadi pilihan favorit untuk digunakan. Cotton combed termasuk bahan terbaik untuk kaos bukan hanya kaos polos tetapi kaos untuk sablon juga. Nggak heran kalau kain yang satu ini cukup umum dipakai untuk kaos distro.

Kain utamanya terbuat dari serat kapas murni yang sangat efisien dalam menyerap keringat. Meskipun memiliki harga yang sedikit lebih mahal, kaos berbahan katun combed ini dikenal karena kenyamanannya.

Katun commbed yang Kita kenal ada jenis 20s, 24s dan 30s. Maksudnya apa dan bagaimana perbedaannya bisa Kawan pelajari di halaman yang berjudul Perbedaan Cotton Combed 20s, 24s, 30s dan Manakah yang Paling Bagus?.

Kain Katun Poplin

Kain katun Poplin adalah jenis kain yang terbuat dari serat katun dan memiliki tekstur halus dengan benang yang rapat ditenun. Kain ini cenderung tipis, ringan, dan memiliki kilatan yang lembut.

Kain Poplin sering digunakan untuk pakaian yang nyaman dan ringan, terutama untuk pakaian musim panas, seperti kemeja, blus, gaun, dan pakaian kantor.

Kain Katun Jepang

Jenis kain ini memiliki beberapa kesamaan dengan katun rayon, tetapi perbedaannya terletak pada kain katun Jepang yang benar-benar berasal dari Jepang. Kain katun Jepang juga dikenal karena kemampuannya dalam mempertahankan warna yang sangat baik meskipun telah dicuci beberapa kali.

Kain Katun Toyobo

Kain katun Toyobo terbuat serat alami dengan benang yang sangat padat, yang memiliki keunggulan ketika digunakan pada cuaca dingin. Kain ini juga memiliki ketebalan yang cukup, serta tahan terhadap kerutan.

Kain Katun Poly

Polycotton atau kain katun poly adalah bahan tekstil yang terdiri dari serat polyester dan kapas. Bahan ini merupakan hasil gabungan antara serat sintetis polyester yang kuat dan tahan lama dengan serat alami kapas yang lembut dan nyaman. Bahan ini banyak digunakan dalam pakaian, sprei, handuk, dan lainnya.

Katun Rayon

Kain katun rayon dikenal karena kenyamanannya dan harganya yang terjangkau. Kain katun bahan rayon memiliki tekstur kain yang halus. Tidak sedikit orang yang menjuluki kain ini seperti kain sutra. Sehingga nyaman untuk pakaian yang disukai banyak orang.

Katun Linen

Linen adalah bahan kain pertama yang digunakan dalam sejarah manusia sebagai bahan utama pembuatan pakaian. Kain linen adalah bahan kain berkualitas tinggi yang terbuat dari serat alami rami. Kain ini memiliki tekstur halus dan kilauan yang khas.

Perlu Kawan ketahui juga kalau katun linen ini juga merupakan salah satu kain ramah lingkungan di dunia.

Katun Madina

Katun Madinah terbuat dari bahan yang ringan, halus, dingin, dan tidak tembus pandang. Cocok untuk pakaian seperti koko, gamis, dan hijab karena ketebalannya sesuai dengan busana Muslim baik pria maupun wanita. Bila disaksikan, katun madinah ini mempunyai serat bergaris yang kelihatan seperti katun linen tetapi tidak sejelas katun linen burberry.

Katun Twill

Kain Twill memiliki ciri khas utama berupa pola diagonal pada setiap jahitan benangnya. Kain ini tahan lama dan sering digunakan sebagai bahan pelapis, tas, dan pakaian. Meskipun kurang elastis seperti cotton combed, kualitasnya tidak kalah dibanding lainnya.

Katun Oxford

Kain katun oxford adalah jenis kain tekstil yang memiliki tekstur merata dan permukaannya tampak terorganisir. Kain katun oxford terasa rata dan lembut saat disentuh dengan tangan. Ini disebabkan oleh cara pembuatan kain katun ini, di mana dua benang disilangkan secara bersamaan dan membentuk titik-titik yang menyerupai piksel dalam resolusi gambar.

Sumber:
https://greengarment.id/jenis-bahan-kaos/
https://www.orami.co.id/magazine/kain-katun?page=all
https://jakartakonveksi.com/mengenal-karakteristik-dan-jenis-jenis-kain-katun-terbaik/
https://ryusei.co.id/blogs/news/12-jenis-kain-katun-terlaris-di-pasaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini