Mengenal Bahan Kain Katun Poplin: Arti, Kelebihan, Kekurangan, hingga Kisaran Harganya

Mengenal Bahan Kain Katun Poplin: Arti, Kelebihan, Kekurangan, hingga Kisaran Harganya
info gambar utama

Kemeja, kaos, blus, maupun kemeja-kemeja lainnya yang Kawan pakai pasti membutuhkan kain yang berkualitas dan bagus. Bahan yang dipakai oleh kain akan membuat kita yang memakainya merasakan kenyamanan. Salah satu kain yang sering digunakan dan memiliki kualitas terbaik untuk busana adalah bahan katun poplin.

Kain katun poplin adalah salah satu jenis bahan tekstil yang banyak digunakan di dalam berbagai produk pakaian bahkan furnitur. Kain poplin bahkan sering diidentifikasi sebagai bahan yang terbuat dari katun, akan tetapi, poplin memiliki struktur kain tertentu daripada bahan dasar yang digunakan. Yuk kita cari tau lebih lanjut tentang arti, kelebihan, kekurangan, hingga kisaran harganya yang dikutip dari berbagai sumber untuk memberikan Kawan gambaran nantinya

Mengenal 10 Jenis-Jenis Kain Katun, Bahan Kaos Terlaris di Pasaran

Arti Kain Katun Poplin

Kain katun poplin adalah salah satu jenis kain dengan tekstur berusuk yang khas dan tenunan-nya yang rapat. Kain Poplin memiliki pola tenun tertentu yang digunakan untuk membuat kain.

Pola yang biasanya digunakan dengan menggabungkan benang horizontal dengan benang vertikal dalam pola interlocking serta menciptakan tampilan yang halus dan tahan lama.

Kain poplin biasanya akan terasa halus saat disentuh dan memiliki kemampuan yang baik dalam menahan kerutan pada kain. Tak hanya itu, kain poplin menjadi pilihan yang populer untuk berbagai jenis pakaian seperti kemeja, blus, gaun, dan pakaian formal.

Kelebihan Bahan Kain Katun Poplin

Nyaman Dipakai

Salah satu kelebihan utama kain katun poplin adalah kenyamanannya. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan halus saat bersentuhan dengan kulit. Bahkan membuatnya nyaman digunakan sepanjang hari ketika sedang beraktivitas.

Tahan sama Kerutan

Kain poplin sudah terbukti cenderung tahan terhadap kerutan, sehingga pakaian yang terbuat dari poplin hanya butuh sedikit atau bahkan tidak perlu disetrika.

Daya Tahan Lama

Kain poplin dikenal sebagai kain yang tahan lama. Pola tenunnya membuatnya tahan terhadap penggunaan yang berat, sehingga sering digunakan dalam pakaian yang sering digunakan seperti seragam militer dan pakaian kerja.

Banyak Pilihan Warna

Kain poplin memiliki banyak pilihan warna dan pola yang membuatnya menjadi kain serbaguna untuk berbagai macam gaya pakaian.

Kekurangan Kain Poplin

Gak Elastis

Kain poplin memiliki bahan yang cenderung kurang elastis kalo dibandingin sama beberapa jenis kain lainnya misal jersey atau spandex. Bahan yang gak elastis ini akan membatasi gerakan Kawan ketika berpakaian yang terbuat dari poplin.

Terlalu Tipis

Bahan yang digunakan kain katun poplin ini tidak cocok digunakan untuk tempat dengan suhu udara yang dingin karena bahannya yang terlalu tipis. Jadi, perlu ada penyesuaian jika memang ingin memakai pakaian berbahan kain poplin.

Tidak Bisa Menahan Panas dengan Baik

Kain poplin juga tidak bisa menahan panas dengan baik karena serat kainnya yang ringan dan tipis, sehingga kain poplin lebih cocok untuk digunakan pada lingkungan yang hangat.

Kain Celugam, Wastra yang Menjadi Identitas Budaya Lampung Barat

Kisaran Harga

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kain poplin, berapa ya kisaran harganya Kawan?

Harga kain poplin sendiri bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti merek, kualitas, dan tempat pembelian. Secara umum, kain poplin yang memiliki kualitas terbaik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dan mahal. Bahkan, harga untuk pakaian yang terbuat dari kain poplin juga akan memiliki variasi harga tergantung pada merek, desain, dan tempat pembelian.

Meskipun memiliki variasi harga di pasaran, kain poplin adalah pilihan yang terjangkau untuk banyak orang yang mencari kain berkualitas untuk pakaian sehari-hari maupun pakaian untuk acara yang spesial dan acara tertentu.

Sumber:
https://fitinline.com/article/read/kenali-kelebihan-dan-kekurangan-kain-katun-poplin/
https://mctexstyle.id/kain-katun-poplin/
https://lokakain.com/news/mengenal-apa-itu-kain-poplin
https://blog.knitto.co.id/katun-poplin/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
AS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini