Deretan Fakta Menarik Piala Dunia U-17 2023, Hajatan Sepak Bola Besar Indonesia

Deretan Fakta Menarik Piala Dunia U-17 2023, Hajatan Sepak Bola Besar Indonesia
info gambar utama

Inilah deretan fakta menarik Piala Dunia U-17 2023. Ajang sepak bola internasional yang sedang diselenggarakan di Indonesia.

Piala Dunia U-17 2023 dibuka pada Jumat (10/10/2023). Di ajang ini, para pemain muda terbaik dari berbagai penjuru dunia datang ke Indonesia untuk beradu kebolehan bersama timnya.

Ada berbagai fakta menarik Piala Dunia U-17 2023. Apa saja? Simak di bawah ini:

Pembukaan Piala Dunia U-17 2023: Sejarah Terukir, Kejutan Tercipta

1.Tuan Rumah Pengganti

Indonesia sebetulnya tidak sejak awal terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Indonesia justru diberi mandat sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Sayangnya, kejadian tak terduga muncul. Status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dicabut. Tak lama kemudian, FIFA mengumumkan bahwa Indonesia adalah tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia adalah tuan rumah pengganti. Awalnya, yang ditunjuk sebagai tuan rumah adalah Peru. Namun, Peru tidak mampu menyediakan infrastruktur yang diperlukan hingga akhirnya mereka mengundurkan diri sebagai tuan rumah pada 3 April 2023. Padahal, Peru sudah ditunjuk menjadi tuan rumah sejak Oktober 2019 saat Dewan FIFA menggelar pertemuan di Shanghai, China.

2. Penyelenggaraan Ke-19

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia adalah penyelenggaraan ajang tersebut yang ke-19. Sejarah Piala Dunia U-17 sendiri dapat ditarik hingga tahun 1985 saat FIFA meluncurkan Piala Dunia U-16.

Tak lama setelah Piala Dunia U-16 berjalan, FIFA memutuskan mengubah batas usia U-16 menjadi U-17. Kemudian Piala Dunia U-16 berubah menjadi Piala Dunia U-17 terhitung sejak 1991.

Sejak 1985 pula, Indonesia belum pernah ikut dalam ajang ini. Dengan demikian, tahun 2023 ini adalah kali pertama Indonesia berpartisipasi di Piala Dunia U-17.

Sementara itu, negara yang paling sering berpartisipasi adalah Brasil dan Amerika Serikat di mana keduanya sudah 18 kali ikut serta. Kemudian tim dengan angka partisipasi terbanyak kedua adalah Meksiko dan Argentina dengan catatan 15 kali berpartisipasi.

3. Siapkan Empat Stadion

Dengan statusnya sebagai tuan rumah, Indonesia tentu wajib menyediakan stadion untuk menggelar pertandingan. Untuk itu, Indonesia menyiapkan empat stadion.

Empat stadion yang disiapkan Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion-stadion tersebut tentu tidak asing bagi para pecinta sepak bola Tanah Air. Stadion-stadion tersebut kerap digunakan untuk menggelar pertandingan papan atas, kecuali JIS yang memang belum lama berdiri.

Indonesia juga telah melakukan renovasi terhadap stadion-stadion tersebut agar penonton semakin nyaman. Stadion pun sudah disterilkan sejak sebelum Piala Dunia U-17 2023 berlangsung. Karena ini pula, klub seperti Persis Solo dan Persebaya Surabaya harus menggunakan stadion lain untuk menggelar pertandingan Liga 1.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun langsung untuk mengurus renovasi keempat stadion itu. Total anggaran yang dikeluarkan adalah sekitar Rp100 miliar.

4. Jumlah Peserta dan Format Turnamen

Ada 24 tim yang ikut serta dalam Piala Dunia U-17 2023 Ke-24 tim tersebut berasal dari 6 konfederasi berbeda yang mana setiap konfederasi mewakili satu benua atau belahan dunia.

Seluruh peserta akan melalui babak penyisihan grup dan dibagi ke dalam enam grup yang berisi empat tim. Babak penyisihan grup digelar dalam format round robin, yang berarti setiap tim akan berhadapan satu kali dengan tim lain di grupnya.

Sebanyak 16 tim akan lolos ke babak berikutnya. Adapun 16 tim tersebut terdiri dari dua tim teratas dari setiap grup ditambah empat tim peringkat tiga terbaik.

5. Stadion Manahan Jadi Panggung Final

Sejak awal, panitia pelaksana telah menentukan stadion untuk setiap laga. Tak hanya untuk babak penyisihan, stadion tempat menyelenggarakan pertandingan sudah ditentukan hingga untuk final.

Dari empat stadion yang digunakan, Stadion Manahan terpilih sebagai tempat digelarnya laga final Piala Dunia U-17 2023. Stadion tersebut berada di Kota Solo, Jawa Tengah.

Stadion Manahan yang bisa menampung sekitar 20 ribu penonton adalah stadion dengan kapasitas terkecil di antara tiga stadion Piala Dunia U-17 2023 lainnya. Namun, ada satu keunggulan yang dimiliki Stadion Manahan, yakni lokasinya yang sangat strategis karena berada di pusat kota.

Stadion Manahan berdiri tak jauh dari Stasiun Purwosari dan Stasiun Balapan, serta Terminal Tirtonadi. Dengan demikian, stadion ini cukup mudah diakses menggunakan berbagai moda transportasi, baik itu kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

6. Target Lolos dari Penyisihan Grup

Di babak penyisihan grup, Timnas U-17 Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Anak-anak asuh pelatih Bima Sakti diharapkan bisa meladeni lawan-lawannya itu.

Timnas U-17 Indonesia bahkan ditargetkan lolos dari penyisihan grup. Adalah Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang memberi target tersebut. Hal itu disampaikannya saat mengunjungi seleksi tim di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung pada Rabu (12/7/2023) lalu.

"Ya pertama bisa lolos babak penyisihan. Syukur bisa ke final dan syukur-syukur bisa juara," ujar Jokowi saat itu.

7. Indonesia Dibantu Dennis Wise dan Frank Wormuth

Timnas U-17 Indonesia melakukan persiapan dalam rangka menyambut Piala Dunia U-17 2023. Persiapan itu berjalan mulai dari mencari pemain sampai mengasahnya lewat pemusatan latihan.

Dalam melalui semua tahapan itu, Timnas U-17 Indonesia dibantu oleh Dennis Wise dan Frank Wormuth. Keduanya adalah praktisi sepak bola dari Eropa yang punya segudang pengalaman.

Wise membantu dalam hal seleksi pemain. Ia ikut membantu Timnas U-17 Indonesia karena seleksi pemainnya juga dilakukan untuk menjaring pemain untuk Garuda Select.

Legenda Chelsea itu selama ini memang dikenal sebagai pelatih Garuda Select. Sementara itu, PSSI telah menyinergikan seleksi Timnas U-17 Indonesia agar pemain yang terpilih bisa membela timnas sekaligus mengikuti program Garuda Select.

Sementara itu, Frank Wormuth merupakan konsultan pelatih Timnas U-17 Indonesia. Ia dikenal sebagai praktisi sepak bola yang punya pengalaman di klub Liga Jerman dan Belanda dan dikontrak selama 4 bulan oleh PSSI terhitung sejak Juli lalu.

8. Pakai Lagu Resmi dari Weird Genius dan LTZ

Piala Dunia U-17 2023 punya soundtrack, yakni lagu berjudul Glorious versi remix dari kolaborasi Weird Genius dan LTZ (Lyodra Ginting, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya). Lagu tersebut dirilis di kanal YouTube WORLD CUP U-17 INDONESIA 2023 Pada 3 November 2023.

Sebelumnya, Weird Genius bersama Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya juga membawakan lagu Glorious yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Meski ajang tersebut dipindah ke Argentina, lagu Glorious tetap dipakai.

Mengenal Fani Supriyanto, Pesepak Bola Putri Indonesia yang Gabung Klub Arab Saudi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini