Mengenal Fani Supriyanto, Pesepak Bola Putri Indonesia yang Gabung Klub Arab Saudi

Mengenal Fani Supriyanto, Pesepak Bola Putri Indonesia yang Gabung Klub Arab Saudi
info gambar utama

Inilah profil Fani Supriyanto, sosok pesepak bola putri yang jadi perbincangan belakangan ini lantaran ia direkrut klub asal Arab Saudi.

Fani direkrut oleh klub bernama Al Hammah FC. Pihak klub telah nerilis pengumuman perekrutan Fani pada Rabu (8/11/2023) dengan menyebut bahwa sang pemain adalah rekrutan keempat mereka untuk musim ini.

Sepak Bola, Jalan Indonesia untuk Beri Dukungan kepada Palestina

Profil Fani Supriyanto

Fani Supriyanto adalah pesepak bola kelahiran Banjarnegara, 30 Mei 2004. Usianya yang baru menginjak 19 tahun masih terbilang muda untuk ukuran pemain sepak bola.

Di lapangan, Fani bermain sebagai kiper. Ia pernah dipercaya untuk mengawal gawang tim Asprov Jateng, hingga kemudian direkrut Timnas U-16 Putri Indonesia.

Fani menjadi bagian dari Timnas U-16 Putri Indonesia setelah mengikuti seleksi pada 2018 lalu. Saat itu, tim sedang menjalani pemusatan latihan di Banjarnegara dan membutuhkan pemain berposisi kiper. Seleksi pun dibuka di mana Fani ikut serta hingga akhirnya terpilih.

Tahun berikutnya, Fani bersama rekan-rekannya diikutkan dalam Kualifikasi Piala Asia U-16 Putri 2019 di Kirgizstan. Di ajang tersebut, Fani hanya jadi kiper cadangan dan Timnas U-16 Putri Indonesia tak lolos ke putaran final. Meski demikian, dari sanalah Fani mengalami kemajuan karier.

Buktinya, Fani dipanggil ke Timnas Putri Indonesia level senior untuk mengikuti turnamen bertajuk FAS Women’s International Quadrangular di Singapura. Selain itu, ia juga direkrut oleh PSIS Semarang untuk main di Liga 1 Putri 2019.

Sayangnya, Liga 1 Putri belum berlanjut lagi sampai saat ini. Fani yang hijrah ke Persis Solo pada 2022 pun belum merasakan berkompetisi secara reguler lagi meski masih kerap dipanggil ke timnas.

Terakhir, Fani membela Timnas U-19 Putri Indonesia di Piala AFF Putri U-19 2023. Sayangnya, ajang ini tidak berjalan baik bagi Fani. Saat tampil di semifinal melawan Thailand, nasib apes datang di mana ia mendapat kartu merah saat laga baru berjalan empat menit.

Kini bersama Al Hammah, Fani akan kembali merasakan berkompetisi secara reguler. Al Hammah saat ini bermain di SAFF Women's First Division League, kompetisi putri kasta kedua di Arab Saudi.

Kompetisi baru dimulai pada Kamis (9/11/2023) dengan diikuti oleh 26 klub peserta. Ke-26 klub tersebut dibagi ke dalam lima grup dan Al Hammah masuk ke Grup 1 bersama Albayraq, Golden Eagles, Al Shoulla, Al Orobah, dan Al Watani.

Mengenal Gateball, Olahraga yang Mengharumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini