Sepak Bola, Jalan Indonesia untuk Beri Dukungan kepada Palestina

Sepak Bola, Jalan Indonesia untuk Beri Dukungan kepada Palestina
info gambar utama

Indonesia memanfaatkan berbagai macam cara untuk membantu Palestina, salah satunya dengan sepak bola.

Baru-baru ini, Indonesia menawarkan Timnas Palestina agar berkandang di Indonesia untuk sementara waktu. Ini menyusul sedang tidak kondusifnya situasi di Palestina yang sedang dilanda konflik bersenjata dengan Israel.

Konflik bersenjata kali ini meletus di wilayah Gaza sejak Sabtu (7/10/2023). Dampaknya, banyak korban jiwa berjatuhan serta hancurnya berbagai infrastruktur. Sementara itu, Timnas Palestina punya jadwal berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026 di mana mereka akan harus menjamu Australia pada November ini.

“Kami menawarkan Indonesia sebagai kandang bagi Palestina saat mereka memainkan laga kandang kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia bulan ini. Kandang kami kandang Palestina juga," ujar Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dalam keterangan tertulis.

Laga Palestina melawan Australia dijadwalkan digelar pada Selasa (21/11/2023). Sebetulnya bukan kali ini saja Palestina harus menggelar laga kandang di luar negaranya. Dalam beberapa tahun belakangan, mereka kerap berkandang di negara tetangga seperti Qatar dan Arab Saudi. Terakhir kali Palestina bermain di negara sendiri dalam laga resmi adalah saat menghadapi Arab Saudi pada Oktober 2019.

Dalam tawarannya yang disampaikan melalui surat elektronik, PSSI siap memfasilitasi tim Palestina dalam hal akomodasi, transportasi darat, dan stadion.

Dari Meja Diplomasi hingga Lapangan Monas, Indonesia Menyuarakan Dukungan untuk Palestina

Palestina Berkandang di Kuwait

Federasi Sepak Palestina (PFA) melalui Susan Shalabi selaku wakil presidennya telah merespons surat dari PSSI. Susan mengapresiasi belasungkawa PSSI yang disebutnya sangat berarti bagi rakyat Palestina selama menghadapi masa-masa sulit. Ia pun terharu dengan tawaran yang diberikan.

"Sikap ini menunjukkan semangat persatuan dan dukungan Indonesia terhadap Palestina," kata Susan.

Hanya saja, Palestina dipastikan tidak berkandang di Indonesia. Tim berjuluk Singa Kanaan itu telah memutuskan untuk menggelar laga kandang di Kuwait.

"Pelatih kepala dan direktur teknis memilih Kuwait karena kedekatannya. Kami mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati atas tawaran baik Anda dan menantikan kelanjutan kerja sama antar asosiasi kami," kata Susan lagi.

Selain lewat sepak bola, Indonesia sudah menempuh berbagai langkah untuk mendukung Palestina. Di meja diplomasi Organisasi Konferensi Islam dan Perserikatan Bangsa-bangsa, Pemerintah Indonesia menuntut dihentikannya kekerasan dan dikedepankannya kerja-kerja kemanusiaan.

Pemerintah juga telah mengirim 51 ton lebih bantuan ke Gaza. Terbaru, masyarakat Indonesia berkumpul di lapangan Monumen Nasional dalam acara bertajuk Aksi Damai Bela Palestina pada Minggu (5/11/2023).

NU-Muhammadiyah Satu Suara soal Konflik Palestina-Israel: Bukan Perang Agama

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/erick-thohir-kandang-indonesia-kandang-palestina-juga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini