Dihadiri Ratusan Ribu Masyarakat, Pesta Rakyat Siap Diselenggarakan di Danau Toba

Dihadiri Ratusan Ribu Masyarakat, Pesta Rakyat Siap Diselenggarakan di Danau Toba
info gambar utama

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba pada 22-26 November 2023 akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat. Acara ini menjadi salah satu wisata unggulan bagi masyarakat di Danau Toba.

Serangkaian atraksi, pertunjukan budaya, festival kuliner akan dihadirkan bersamaan dengan perlombaan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Aquabike World Championship 2023.

Acara ini akan diselenggarakan di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba. Acara pembukaan akan dimeriahkan dengan lomba perahu naga antar kabupaten juga perlombaan antar selebritas.

Gelar Aquabike Jetski World Championship, Diharapkan Raup Rp391 Miliar untuk Danau Toba

Berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengharapkan event Aquabike Jetski World Championship tak hanya menjadi pesta olahraga, akan tetapi juga menjadi pesta bagi masyarakat sekitar dan juga para pengunjung.

Pesta Rakyat akan menjadi daya tarik tersendiri selain perlombaan yang menghadirkan atlet-atlet dunia dan juga local heroes atlet Indonesia,” kata Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney.

Dukungan pemerintah daerah

Selain itu, masing-masing pemerintah kabupaten juga menyelenggarakan side event yang tak kalah menarik. Side event akan menampilkan pameran UMKM, pesta kuliner, berbagai atraksi dan juga pertunjukan budaya.

Empat bupati dari Samosir, Karo, Dairi, dan Toba memberikan komitmennya untuk menyukseskan Aquabike Jetski World Championship. Samosir akan menjadi tempat untuk pembukaan acara dengan menghadirkan lomba perahu naga, selain menjadi lokasi perlombaan.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, menyatakan bahwa pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat telah melakukan berbagai persiapan agar acara pembukaan dan juga perlombaan bisa berjalan dengan baik.

Libatkan 128 Pembalap, Aquabike Jetski World Championship Digelar di Danau Toba

“Kami berharap Kabupaten Samosir sebagai salah satu tuan rumah acara bisa memberikan yang terbaik untuk kesuksesan Aquabike Jetski World Championship,” kata Bupati Vandiko.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang yang menyatakan Pemerintah Kabupaten Karo juga siap mendukung kesuksesan acara dengan mengerahkan berbagai elemen masyarakat untuk kelancaran acara.

“Kami berharap Danau Toba bisa semakin terkenal di dunia dengan adanya event Aquabike Jetski ini,” kata Cory Sriwaty Sebayang.

Harapkan dampak positif


Sementara Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, masyarakat Dairi telah mempersiapkan pelaksanaan event dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan tidak ada hal-hal yang akan mengganggu kelancaran acara.

Pemkab Dairi akan memastikan seluruh rangkaian event bisa berjalan dengan baik sehingga bisa mengangkat citra pariwisata Danau Toba Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Toba.

Bupati Toba Poltak Sitorus telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat turut menyukseskan acara tersebut dengan memberikan pelayanan terbaik bagi tamu dan pengunjung. Toba yang akan menjadi tempat untuk ajang circuit jetski telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran para tamu dan juga pengunjung.

Aquabike Jetski Segera Digelar, Pemerintah Targetkan Perputaran Uang Rp1,7 Triliun

"Pemkab Toba berharap dukungan segenap masyarakat Toba bisa menyukseskan Aquabike Jetski World Championship 2023. Kesuksesan acara tersebut diharapkan bisa membawa dampak positif termasuk kepada perekonomian masyarakat Toba,” ungkapnya.

Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin pun meminta agar semua pihak turut mendukung terselenggaranya event tersebut. Para panitia daerah diminta untuk memperhatikan detail persiapan dengan sebaik-baiknya, mengingat acara tersebut diperkirakan akan dihadiri lebih dari 100.000 penonton, di samping para pembalap dan juga officialnya. Demikian pula masyarakat setempat diminta untuk berpartisipasi menyukseskan acara.

“Kami berharap event ini bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya, sehingga Aquabike Jetski World Championship bisa memberikan multiplier effect yang besar pada perekonomian Sumatera Utara,” ujar Hassanudin.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini