Aquabike Jetski Segera Digelar, Pemerintah Targetkan Perputaran Uang Rp1,7 Triliun

Aquabike Jetski Segera Digelar, Pemerintah Targetkan Perputaran Uang Rp1,7 Triliun
info gambar utama

Kejuaraan dunia Aquabike Jetski World Championship 2023 akan segera digelar pada 22—26 November mendatang. Empat kabupaten di sekitar Danau Toba, Sumatra Utara, bakal menjadi tuan rumah, di antaranya: Karo, Dairi, Samosir, dan Toba. Pemerintah menargetkan perputaran uang selama ajang tersebut mencapai Rp1,7 Triliun.

Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono mengungkapkan, target perputaran uang selama acara ini berkaca pada penyelenggaraan F1 Powerboat di Danau Toba Februari lalu yang menghasilkan dampak ekonomi nasional mencapai Rp1,7 triliun dan lokal sekitar Rp400 miliar.

"Jadi, kita harus lebih dari itu, terutama di lokal, kita ingin proporsi lokalnya yang besar," ucap dia dalam konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Selasa (31/10/2023).

Dia menyebut, perputaran uang selama perhelatan Aquabike Jetski World Championship 2023 akan dihasilkan dari berbagai aktivitas ekonomi di sekitar Danau Toba, seperti penerbangan pesawat, akomodasi, ritel, UMKM, serta bisnis makanan dan minuman.

607 Rumah Tak Layak Disulap Jadi Hunian Pariwisata Danau Toba Senilai Rp122 Miliar

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh.) Sesmenko Kemenko Marves, Odo R. M Manuhutu, menyampaikan bahwa pemerintah optimis Aquabike Jetski World Championship 2023 akan memberikan dampak ekonomi dan perputaran uang yang sangat siginifikan.

Dia mengatakan, dampak ekonomi F1 Powerboat terhadap output danau Toba mencapai Rp391 Miliar. Jumlah tersebut berasal dari akumulasi dampak pre-event sebesar Rp155 mliar, dampak langsung Rp129 miliar, dan dampak tidak langsung Rp107 miliar.

“Tujuan utama atas terselenggaranya Aquabike Jetski World Championship adalah melanjutkan legacy dan pencapain lebih baik lagi agar tetap terjadinya konsistensi dalam upaya peningkatan perputaran ekonomi daerah dan juga ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara,” ujar Odo.

Menguak Penemuan Piramida Toba, Benarkah seperti Gunung Padang?

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menuturkan bahwa animo masyarakat yang cukup besar saat gelaran F1 Powerboat diharapkan kembali terulang pada ajang Aquabike Jetski nanti.

"Dengan persiapan yang ada sekarang, harapannya para penonton, supporter, dari Jakarta maupun dari daerah, bisa terus bergerak ke sana dan kita bisa mengulang kesuksesan yang sama seperti saat F1 Powerboat," jelas Kartika.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba akan diikuti 40 pembalap dari 18 negara. Mereka terdiri dari 30 pembalap internasional dan 10 pembalap Indonesia. Kejuaraan ini terbagi menjadi dua kategori. Pertama, Endurance World Championship pada hari pertama hingga ketiga yang digelar di Kabupaten Karo, Dairi, dan Samosir.

Seluruh event endurance akan diadakan di sirkuit tertutup sepanjang tiga kilometer dengan batas waktu maksimal satu jam. Kedua, Circuit World Championship akan diselenggarakan pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba

F1 PowerBoat Berhasil Meningkatkan Perekonomian Sumatra Utara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini