Festival Kresnayana Pagelaran Seni Tahunan dari Blitar

Festival Kresnayana Pagelaran Seni Tahunan dari Blitar
info gambar utama

Pagelaran seni Festival Kresnayana besutan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar. Bertujuan meningkatkan potensi wisata budaya yang ada di Kabupaten Blitar, sehingga bisa menumbuhkan ekonomi daerah.

Festival Kresnayana menceritakan perjuangan tokoh Sri Kresna / Krisna sebagai pembawa kedamaian dunia. Pagelaran seni sendratari yang kaya akan sejarah ini mengangkat alur dari tokoh Kresna, tetapi terdapat alur-alur cerita yang berbeda. Dengan alur-alur cerita yang berbeda masyarakat dapat mengetahui berbagai alur yang ada di Festival Kresnayana.

Acara yang diadakan setiap tahun ini selain diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga menjadi pagelaran seni yang bisa mengedukasi anak-anak untuk mencintai budaya sendiri. Diharapkan juga bisa menjadi tempat kreativitas para pegiat seni di Blitar.

Kawasan Pemajuan Kebudayaan: Mendukung Ruang Pengembangan Budaya Sebagai Hasil PKN 2023

Jawa Timur mempunyai daerah-daerah yang kaya akan budaya dan sejarah. Blitar salah satu daerah yang berada di Jawa Timur. Tak besar seperti daerah lain, namun mempunyai arti nama tersendiri. Nama Blitar konon dipercaya berasal dari frasa bali dadi latar (kembali jadi halaman). Kata tersebut diteriakkan oleh Prabu Lembu Suro saat meregang nyawa di sumur yang dibuatnya sendiri sebagai mahar untuk Dewi Kilisuci.

Di Kabupaten Blitar terdapat Sungai mengalir yang dinamai Brantas, merupakan sungai terpanjang kedua di Jawa Timur setelah Bengawan Solo (sebagian mengalir di wilayah Jawa Tengah). Sungai ini berperan penting dalam sejarah politik maupun sosial Provinsi Jawa Timur, karena kaya akan sejarah yang ada didalamnya.

Berkat banyaknya budaya dan sejarah yang ada di Jawa Timur, khususnya daerah Blitar. Pemerintah berupaya mengoptimalkan perekonomian dan melestarikan budaya yang ada di sekitar daerah. Melalui hasil kolaborasi pemerintah Jawa Timur dan Kabupaten Blitar mengadakan Festival Kresanayana. Blitar mulai mendatangkan berbagai pengunjung yang ingin melihat Pagelaran Seni Sendratari tersebut.

Festival yang mulai diadakan pada tahun 2019 dan bertempat di Candi Penataran ini telah menjadi secercah harapan. Budaya yang ada di Nusantara telah bangkit di Blitar, melalui pertunjukan seni ini pengunjung diharapkan bisa melihat nilai-nilai positif ketokohan Sosok Kresna yang tegas, arif bijaksana dan berkarakter kepemimpinan yang kuat.

Sampai saat ini Festival Kresnayana sudah menunjukkan beberapa alur cerita antara lain adalah Sri Krisna, Awatara Brata, Duta Pamungkas, Gita Sri Narayan, The Story ofKresna, dan The Romance of Kresna. Banyaknya alur cerita yang sudah disuguhkan oleh para pegiat seni di Blitar, membuat pengunjung tidak bosan akan cerita yang disuguhkan. Festival ini juga dimemeriahkan oleh rangkaian acara pendukung yaitu pameran berbagai UMKM serta produk – produk kreatif dari Blitar.

Intip Kemampuan Kapal Bantu Rumah Sakit Buatan PT PAL Indonesia yang Dikirim ke Palestina

Jika Kawan tertarik dengan Festival Kresnayana, kamu dapat menggunakan moda transportasi darat menuju blitar, salah satunya yaitu kereta api dan Bus. Untuk transportasi kereta api, kendaraan ini yang melewati Kota Blitar antara lain Kereta api Penataran yang melayani rute menuju Surabaya Kota via Malang Kota Baru dan Kereta api Rapih Dhoho yang menuju ke Surabaya Kota Via Sukomoro.

Sedangkan untuk transportasi Bus, lintas bus antar-kota di jalur selatan yang jadi simpul adalah terminal Tulung Agung.

Tulung Agung menjadi titik temu bagi bus yang arahnya berasal dari utara (Semarang via Nganjuk dan Kediri) dan yang dari Barat (Yogyakarta via Pacitan).

Hanya saja, untuk pengendara kendaraan pribadi, kota Blitar memang jadi titik penting: dari arah utara (Kediri). Pengguna tidak perlu perlu memutar ke Tulung Agung karena untuk tujuan Malang dan ke Surabaya bisa langsung dari Blitar.

Banyaknya dan mudahnya moda transportasi yang dapat menuju Blitar. Diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi Blitar melalui wisata yang ada, terlebih dengan adanya Festival Kresnayana dan Blitar semakin dikenal banyak orang. Yuk, berkunjung ke Blitar!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini