5 Eco Park di Indonesia

5 Eco Park di Indonesia
info gambar utama

Indonesia adalah salah satu negara dengan keindahan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sebagai negara yang kaya akan keindahan alam, Indonesia menyajikan berbagai pilihan destinasi wisata yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah Eco park, atau taman ekologi, yang menjadi tempat tepat untuk menikmati keindahan alam sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan bersama keluarga tercinta.

Berikut adalah lima Eco Park terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

1. Allianz Eco Park Ancol

Terletak di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Allianz Eco Park menjadi salah satu destinasi unik di daerah urban yang menggabungkan hiburan, edukasi, dan pelestarian lingkungan. Allianz Eco Park menjadi sebuah oase hijau yang berada di antara gedung-gedung tinggi dan kurangnya kawasan hijau di Jakarta.

Kawan dapat berkunjung ke Allianz Eco Park bersama keluarga untuk menikmati tempat wisata hiburan dan tempat wisata edukasi lingkungan. Tak hanya itu, di sini, Kawan dan keluarga bisa menikmati berbagai wahana yang dirancang ramah lingkungan.

Ecopark Ancol Allianz Eco Park, Ancol. Foto: Ancol
info gambar
Baca juga : Legenda Mbah Kondor, Monyet Penjaga Ancol Sebelum Menjadi Taman Impian

2. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park menjadi salah satu yang ada di Jakarta. Dengan luas hingga 7 hektar, taman ini menjadi alternatif bagi warga ibu kota yang ingin menghabiskan waktu dengan keluarga tetapi sedang tidak bersemangat untuk berlibur ke luar kota.

Di Tebet Eco Park, Kawan dapat menikmati kesegaran alam yang ada di antara tengah kota. Selain itu, kawan dan keluarga dapat menikmati infinity link bridge yang memiliki bentuk seperti angka 8 sambil menghirup udara segar.

Tebet Eco Park Buka Lagi, Berikut Jam Buka, Cara Masuk, & Ketentuan
Tebet Eco Park, foto: Tirto.id

3. Dusun Semilir Eco Park

Untuk Kawan yang tinggal di daerah Semarang maupun sekitaran Jawa Tengah, Dusun Semilir Eco Park bisa menjadi pilihannya. Tempat wisata alam yang sedang hits ini sedang digandrungi sebagai tempat wisata keluarga dengan berbagai macam kegiatan rekreasi.

Dusun Semilir Eco Park tidak hanya menyediakan tempat wisata saja, tetapi juga menyajikan keindahan tempat wisata di desa yang tinggi di kawasan Bawen, Kabupaten Semarang. Tempat ini memadukan wisata alam dan berbagai bangunan dengan gaya arsitekstur yang unik.

Dusun Semilir
info gambar

4. Bremi Eco Park

Jawa Timur tak hanya dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki keindahan alam dan kenikmatan kuliner legendarisnya saja. Saat ini, provinsi di ujung timur pulau Jawa ini memiliki Eco Park yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Di Bremi Eco Park, Kawan bisa bersantai bersama keluarga sembari menikmati keindahan alam yang asri dari dataran tinggi. Tak hanya itu, tempat wisata ini juga menyajikan wisata edukasi untuk anak-anak dengan tempat yang aman. Ada tempat untuk wisata kebun buah dan mini waterboomnya juga loh.

Bermi Eco Park Kini Dilengkapi Kafe dan Glamping - Radar Bromo
info gambar

5. Kediri Eco Park

Jika Kawan sedang berkunjung ke daerah Kediri, Jawa Timur maka jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Kediri Eco Park. Salah satu tempat wisata dengan konsep alam ini menyajikan berbagai keindahan alam dan banyak kegiatan edukasi seperti membuat pupuk kompos, budidaya jamur hingga membuat tanaman hydroponic dan aquaponic.

Tak hanya itu, kawan juga bisa mencoba berbagai wahana permainan yang ada sambil menikmati pemandangan Hutan Sengon yang ada di kawasan tengah Kota Kediri.

slosolegi: Kediri Eco Park
info gambar
Baca juga : Menikmati Alam Jawa Timur di Eco Green Park Malang

Itu lah kelima Eco Park yang ada di Indonesia. Semoga semakin banyak lagi konsep wisata Eco Park ini agar Kawan dan keluarga bisa memiliki banyak pilihan ke tempat wisata alam yang tidak jauh dari pusat kota.

Referensi:
https://www.ancol.com/unit-rekreasi/ecopark-ancol--7
https://wisatamilenial.com/bermi-eco-park-probolinggo/
https://dusunsemilir.com/
https://www.nativeindonesia.com/kediri-eco-park/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230822142437-275-989047/tebet-eco-park-jakarta-selatan-lokasi-hingga-aktivitas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini