Optimisme Generasi Muda 2023 Indonesia Terhadap Masa Depan Bangsa Indonesia

Optimisme Generasi Muda 2023 Indonesia Terhadap Masa Depan Bangsa Indonesia
info gambar utama

Generasi muda merujuk kepada kelompok orang yang berada dalam rentang usia yang lebih muda, biasanya berkisar dari remaja hingga dewasa awal. Generasi muda seringkali menjadi fokus perhatian dalam berbagai aspek, termasuk budaya pop, pendidikan, dan tren sosial. Mereka dapat membawa perubahan dalam berbagai bidang, seperti teknologi, politik, dan lingkungan.

Upaya untuk memahami dan mendukung generasi muda dapat membantu masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Pada 14 November 2023 Good News From Indonesia (GNFI) berkolaborasi dengan Populix melakukan peluncuran hasil survei optimisme generasi muda tahun 2023. Dengan memberikan wawasan mendalam terhadap optimisme, aspirasi serta tantangan yang akan dihadapi oleh generasi muda Indonesia.

Dari hasil survei yang diluncurkan, Optimisme terhadap Pendidikan dan Kebudayaan meraih indeks tertinggi dengan hasil survei sebesar 8,55%, menggambarkan bagaimana generasi muda percaya aka nada peningkatan terhadap Pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Posisi kedua dan tiga disusul oleh Kebutuhan Dasar yang meraih angka 8,38% serta Ekonomi dan Kesehatan sebesar 8,31%.

Meskipun optimis terhadap sektor lain namun pada sektor Politik dan Hukum optimisme generasi muda hanya sebesar 5,72% hal ini menunjukkan bahawasannya generasi muda khawatir dengan sistem politik dan penegakan hukum di Indonesia yang selama ini dianggap memprihatinkan.

Pasokan Gas Industri Pupuk Fakfak Akan Disuplai dari Pabrik Senilai Rp57 Triliun

PR terbesar negara Indonesia bagaimana cara mengembangkan aspek-aspek ketatanegaraan terutama dalam hal Politik dan Hukum.

Survei Optimisme Generasi Muda Indonesia

Permasalahan Utama Indonesia

Permasalahan utama negara Indonsia menurut persepsi responden adalah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang kerap terjadi di berbagai sektor dari level tertinggi hingga level terendah. Sebanyak 44% responden menyatakan bahwasanya KKN mejadi perhatian Generasi Muda. Hal ini menunjukkan bahwasannya dalam penegakan hukum harus terdapat pondasi yang kuat untuk menyeleasaikan permasalahan tersebut.

Permasalahan kedua yaitu dalam sektor Ekonomi,, Sebanyak 16% responden menyatakan bahwasanya perlua adanya perhatian dan perbaikan ekonomi Indonesia. Hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan harga pangan, rendahnya penghasilan dibandingan laju inflasi serta beban hutang negara yang semakin tinggi. Dipermasalahan ketika yaitu mengenai hukum sebanyak 13% ditimbulkan penegakan hukum yang dipersepsikan tidak adil dan ada keberpihakan.

Kesimpulan dalam peluncuran survei optimisme generasi muda 2023 Indeks Optimisme generasi muda Indonesia yang paling tinggi adalah aspek Pendidian dan kebudayaan disusul kebutuhan dasar.

Generasi muda di wilayah Sulawesi, maluku , papua tingkat optimismenya lebih rendah dibandingkan wilayah lainnya terutama pada aspek Ekonomi dan Kesehatan, dan kehidupan sosial hal tersebut terjadi karena belum adanya pemerataan yang membawa mereka optimis terhadap hal tersebut.

Asal-usul Tinta Pemilu: Berawal dari India, Dibuat Jadi Lebih Baik oleh Indonesia

Generasi muda cenderung lebih optimis dalam sektor kebutuhan dasar untu memenuhi kebutuhan sandang, papan, dan kebutuhan gizi pasangan serta anak dari pada pemenuhan kebutuhan gizi pada diri sendiri.

Sedangkan dari dimensi ekonomi, mahasiswa dan responden yang belum bekerja, memiliki tingat optimisme yang rendah untuk dapat terserap dalam dunia kerja hal ini diakibatkan persaingan didunia kerja yang sangat sulit.

Dalam dimensi kehidupan sosial, generasi muda cenderung pesimis terhadap etika bermedia sosial akan membaik di masa depan.

Untuk dimensi politik dan hukum memiliki skor indeks terendah (5,72%) terutama dalam unsur berkkurangnya korupsi di masa depan.

Pada bagian terakhir yaitu pada aspek pemilu, generasi muda optimis dapat ikut berpasrtisipasi, namun masih ada keraguan terkait kinerja penyelenggara pemilu, transparansi dan apakah akan berjalan secara demokratis.

Sebagai generasi muda dan sebagai generasi penerus bangsa kita harus senantiasa optimis terhadap apa yang akan terjadi di masa depan sebab kita merupakan orang-orang yang akan meneruskan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Sehingga nantinya kita lah yang akan menjadi agen perubahan.

Indonesia Ketiban Cuan Rp1 Triliun dari Konser Coldplay di Jakarta

Sumber : Hasil Survei Optimisme GNFI X Populix pada 14 November 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini