Kereta Cepat WHOOSH Angkut 490.000 Orang hingga November 2023

Kereta Cepat WHOOSH Angkut 490.000 Orang hingga November 2023
info gambar utama

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sebanyak 490.000 orang telah menaiki Kereta Cepat WHOOSH hingga akhir November 2023. Tingginya volume penumpang mencerminkan kepercayaan dan minat masyarakat terhadap moda transportasi ini.

Dilansir dari Bisnis.com, Senin (27/11), Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan bahwa sejak awal beroperasi pada Oktober 2023 hingga 22 November 2023, Kereta Cepat WHOOSH telah melayani penumpang sebanyak 491.000 orang.

Selama periode tersebut, rata-rata penumpang tertinggi mencapai 21.000 per hari pada saat akhir pekan dan 18.000 pada saat hari kerja (weekday). Adapun okupansi rata-rata Kereta Cepat WHOOSH tercatat mencapai 80 hingga 99 persen setiap rangkaian yang dioperasikan.

“Peningkatan volume penumpang dan okupansi yang tinggi pada setiap perjalanan kereta menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan dan minat masyarakat sangat tinggi untuk menjadikan kereta cepat Whoosh transportasi pilihan,” kata Dwiyana.

Ada kenaikan tarif

Dwiyana mengatakan, tarif promo Kereta Cepat WHOOSH untuk perjalanan Desember 2023 mengalami kenaikan, yaitu mulai dari Rp200.000 untuk kelas Premium Economy. Sebelumnya, harga tiket WHOOSH untuk kelas ini adalah Rp150.000 per perjalanan.

Harga tersebut berlaku untuk perjalanan Senin–Kamis. Sementara pada hari Jumat–Minggu, untuk kelas yang sama dijual seharga Rp250.000. Seluruh tarif promo ini sudah termasuk tiket perjalanan KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya.

Tarif promo dan penambahan perjalanan pada Desember 2023 bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat WHOOSH. KCIC berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik untuk perjalanan kereta cepat.

Kereta Cepat Whoosh Akan Tingkatkan Pergerakan Wisatawan

Dongkrak pariwisata Bandung

Kehadiran Kereta Cepat WHOOSH diyakini mampu memberikan dampak pada sektor pariwisata di area Bandung. Kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Bandung Raya diketahui semakin meningkat.

Dilansir dari Kontan.co, General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan bahwa peningkatan kunjungan pariwisata dan ekonomi merupakan salah satu tujuan dari kehadiran Kereta Cepat WHOOSH.

Melalui kerja sama yang dilakukan dengan berbagai pelaku pariwisata, Eva mengungkapkan bahwa pihaknya ingin memberikan nilai tambah dan layanan untuk penumpang sekaligus berperan dalam upaya meningkatkan perekonomian lokal.

Sederet Pencapaian WHOOSH yang Dipamerkan di Forum Perkeretaapian Dunia

Referensi:

  • Bisnis.com. Jumlah Penumpang Kereta Cepat WHOOSH Tembus 491.000 per 22 November 2023. https://ekonomi.bisnis.com/read/20231126/98/1718078/jumlah-penumpang-kereta-cepat-whoosh-tembus-491000-per-22-november-2023
  • Kontan.co. Kereta Cepat WHOOSH Dongkrak Kunjungan Wisata di Bandung. https://industri.kontan.co.id/news/kereta-cepat-whoosh-dongkrak-kunjungan-wisata-di-bandung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini