Sederet Pencapaian WHOOSH yang Dipamerkan di Forum Perkeretaapian Dunia

Sederet Pencapaian WHOOSH yang Dipamerkan di Forum Perkeretaapian Dunia
info gambar utama

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memamerkan pencapaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias WHOOSH dalam acara World Railway Cooperation and Development Forum musim ke empat di Beijing, China, Selasa (14/11/2023). Angkutan itu baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 2 Oktober tahun ini.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan, sebanyak 352 ribu orang telah melakukan perjalanan Jakarta—Bandung menggunakan WHOOSH hingga 14 November 2023.

“Hal itu menunjukkan bahwa WHOOSH menjadi salah satu pilihan moda transportasi penting dalam mobilisasi masyarakat di wilayah Jakarta dan Bandung,” ucap dia di Beijing, China.

Ini Dia Logo Resmi Kereta Cepat Whoosh Pilihan Jokowi

Kemudian, berdasarkan survey yang melibatkan penumpang WHOOSH, 53 persen responden tercatat menggunakan kereta cepat untuk berlibur, 23 persen untuk urusan bisnis, dan sisanya untuk kegiatan pendidikan, komuter, dan lainnya. Angka tersebut secara tidak langsung membuktikan bahwa kehadiran WHOOSH dapat mendukung peningkatan perekonomian. Hal itu diperoleh dari banyaknya masyarakat yang berlibur dan menggunakan WHOOSH untuk kepentingan pekerjaan.

Sementara itu, 48 persen responden mengaku sebagai pengguna kendaraan pribadi sebelum ada WHOOSH, 23 persen pengguna kendaraan Bus atau Travel, dan sisanya pengguna kereta api konvensional. Dwiyana menyimpulkan bahwa terjadi pergeseran penggunaan transportasi pribadi ke transportasi umum. Artinya, WHOOSH ikut serta mengurangi polusi udara dan kemacetan di jalan raya.

Dwiyana juga mengatakan bahwa jumlah perjalanan harian terus bertambah dari semula 14, 18, 22, 25, 28, dan 32, saat ini mencapai 36 perjalanan per hari. Dia menganggap forum yang dihadirinya itu sebagai kesempatan besar untuk menunjukkan bahwa Indonesia setara dengan negara lain yang lebih dahulu mengoperasikan kereta cepat.

“Kereta Cepat hadir di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian dan mempermudah masyarakat dalam bertransportasi. Kecepatan, kenyamanan, dan keamanan, yang ditawarkan dari kehadiran kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini,” pungkasnya.

Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi, Awal Modernisasi Transportasi Massal

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini