Berapa Biaya Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya?

Berapa Biaya Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Surabaya?
info gambar utama

Pemerintah Indonesia berkeinginan membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. Berapa biaya yang dibutuhkan?

Tak perlu waktu lama bagi pemerintah untuk langsung membidik misi berikutnya setelah kereta cepat Jakarta-Bandung sukses mulai beroperasi: Membangun jalur kereta tersebut dari Jakarta ke Surabaya.

Sebagaimana diketahui, kereta cepat Jakarta-Bandung yang bernama Whoosh mulai beroperasi sejak 17 Oktober 2023 lalu. Sekitar satu bulan lebih melayani masyarakat, tercatat hampir 500 ribu penumpang telah menaiki moda transportasi canggih satu ini.

Wacana untuk memperpanjang rute kereta cepat tidak muncul baru-baru ini saja. Sejak bertahun-tahun lalu saat kereta cepat Jakarta-Bandung masih dalam proses pembangunan, wacana agar Jakarta-Surabaya turut tersambung sudah muncul.

Pada 2019 misalnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bahkan sudah mengungkap perkiraan besaran nilai investasi untuk membiayai pembangunannya. Saat itu, ia sebetulnya tidak menyebut apa yang dibicarakannya sebagai kereta cepat, melainkan kereta semi cepat.

Budi memperkirakan nilai investasi pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya adalah sebesar Rp60 triliun. Biaya pembangunan ditanggung oleh Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency) atau JICA, dan biaya pembebasan lahan dari Pemerintah Indonesia.

Dengan investasi sebesar itu, diharapkan durasi perjalanan antara Jakarta dan Surabaya bisa dipangkas dengan drastis berkat kereta baru.

“Kami berharap waktu tempuh Jakarta-Surabaya menjadi 5,5 jam atau berkurang 3,5 jam dari saat ini,” ujar Budi seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet.

Kereta Cepat WHOOSH Angkut 490.000 Orang hingga November 2023

Biaya Lebih Tinggi?

Jika kereta semi cepat diperkirakan memakan biaya Rp60 triliun untuk menghubungkan Jakarta dan Surabaya, bagaimana dengan kereta cepat?

Perlu diketahui, pemerintah yang awalnya merencanakan kereta semi cepat agar melewati bagian utara Pulau Jawa telah mencoret proyek tersebut dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Bahkan ada kemungkinan proyeknya batal.

Sementara itu untuk kereta cepat Jakarta-Surabaya, pemerintah masih tampak optimistis bakal merealisasikannya dengan menggandeng China. Pemerintah berencana agar nantinya jalur kereta cepat Jakarta-Bandung diperpanjang sampai Surabaya.

Belum ada keterangan dari pemerintah mengenai perkiraan biaya pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya. Namun, kemungkinan angkanya bakal fantastis mengingat jalur yang awalnya membentang sepanjang 142,3 kilometer akan ditambah lagi setidaknya lebih dari 600 kilometer.

Menurut laporan media, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung memakan biaya 7,2 miliar dolar AS atau Rp108 triliun. Berdasarkan hitung-hitungan kasar, berarti biaya membangun kereta cepat Jakarta-Surabaya akan lebih dari empat kali lipat angka tersebut.

Akankah benar seperti demikian? Kita nantikan saja.

Kereta Cepat Whoosh Akan Tingkatkan Pergerakan Wisatawan

Referensi:

  • https://setkab.go.id/dukung-kereta-cepat-jakarta-surabaya-pemerintah-akan-sterilisasi-500-perlintasan-jalan-dan-kereta/
  • https://www.rri.go.id/bisnis/358074/menhub-perpanjangan-kereta-cepat-ke-surabaya-lewat-selatan?utm_source=popular_home&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini