16 Proyek Strategis Nasional Ditargetkan Rampung di Akhir 2023

16 Proyek Strategis Nasional Ditargetkan Rampung di Akhir 2023
info gambar utama

Sebanyak 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) di berbagai daerah akan segera diselesaikan pada akhir tahun 2023 ini.

Setelah 16 PSN sudah selesai, dilanjutkan dengan penyelesaian 9 PSN pada semester I tahun 2024, dan target penyelesaian 15 PSN pada semester II tahun 2024. Sementara itu, sisanya, sebanyak 42 PSN, ditargetkan selesai setelah tahun 2024.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Indonesia selama 8 tahun, dengan penghargaan khusus kepada Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan jumlah PSN terbanyak.

“Kemenko Bidang Perekonomian mengapresiasi kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan pelaksanaan PSN selama 8 tahun terakhir. Terutama Kementerian PUPR, karena sekitar 90% merupakan pekerjaan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR,” jelas Menko Airlangga dikutip dari keterangan resmi.

Arti Singkatan Nama Jalan Tol di Indonesia (Bagian I)

Dengan data mencatat bahwa Pemerintah Indonesia telah menyelesaikan 173 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai sebesar Rp1.442 triliun, ke depannya, pemerintah membutuhkan kerja sama dari stakeholder dan badan usaha agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal oleh masyarakat.

“Capaian ini tentu masih perlu terus diperhatikan. Sebab ke depannya, infrastruktur yang sudah dibangun perlu dioptimalkan pemanfaatannya bagi masyarakat,” tambah Menko Airlangga.

Kementerian PUPR melaksanakan sebanyak 201 Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam periode 2016-2023. Dari jumlah tersebut, 88 PSN telah diselesaikan, dengan rincian 54 PSN selesai dan keluar dari daftar, serta 34 PSN telah selesai dan masih masuk dalam daftar Permenko Ekon 7/2023.

Sementara itu, untuk PSN bidang SDA yang ditargetkan selesai di akhir tahun ini antara lain:

  • Bendungan Lolak (Sulawesi Utara)
  • Bendungan Karian (Banten)
  • Bendungan Margatiga (Lampung)
  • Bendungan Cipanas (Jawa Barat)
  • Bendungan Pamukkulu (Sulawesi Selatan)
  • Bendungan Temef (NTT)
  • Bendungan Tiu Suntuk (NTB)
  • Bendungan Sepaku Semoi (Kalimantan Timur)
  • Bendungan Ameroro (Sulawesi Tenggara)
  • D.I Baliase (Sulawesi Selatan)

Dalam sektor Bina Marga, terdapat Jalan Tol Kisaran–Tebing Tinggi, Jalan Tol Serpong–Cinere, Jalan Tol Cinere–Jagorawi, dan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

Selanjutnya, pada sektor Perumahan, terdapat Rusun Lanud Halim Perdana Kusuma serta Program BSPS yang mendukung ASEAN Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo.

Cerita Waduk Prijetan, Bendungan Tertua di Jatim Peninggalan Zaman Kompeni

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini