Penerbangan Vistara Rute New Delhi-Denpasar Dibuka, Dapat Tingkatkan Kunjungan Pariwisata

Penerbangan Vistara Rute New Delhi-Denpasar Dibuka, Dapat Tingkatkan Kunjungan Pariwisata
info gambar utama

Penerbangan perdana Vistara rute New Delhi (DEL)-Denpasar (DPS) telah dimulai pada 1 Desember 2023 dengan pesawat Airbus A321 nomor penerbangan UK145, mampu menampung 188 penumpang.

Keberangkatan dari New Delhi (DEL) dilakukan pukul 00.30 IST (waktu India), dan pesawat tiba di Denpasar (DPS) pada pukul 11.05 WITA. Rute ini selanjutnya akan dioperasikan secara harian dengan frekuensi satu kali sehari.

Menparekraf Sandiaga menyatakan dalam keterangannya pada Sabtu (2/12/2023) bahwa penerbangan langsung dari New Delhi ke Bali telah dinantikan.

Terlebih lagi, India menempati peringkat kedua dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali dengan total 360.415 kunjungan sepanjang Januari hingga Oktober 2023.

“Pascapandemi dan berangsur pulihnya ekonomi dunia, Bali masih menjadi destinasi primadona bagi wisatawan mancanegara asal India. Sehingga adanya penerbangan langsung ini menjadi stimulus besar bagi kunjungan wisatawan mancanegara di penghujung tahun 2023 dan seterusnya,” ujar Menparekraf Sandiaga dikutip dari keterangan resmi.

Kisah Nahas Alfred Rambaldo, Orang Belanda Pertama yang Terbang di Langit Batavia

Disambut dengan rangkaian acara

Kemenparekraf/Baparekraf memberikan dukungan penuh dalam rangkaian acara penerbangan perdana Vistara rute New Delhi-Denpasar pada Jumat, 1 Desember 2023, di Terminal Kedatangan Internasional Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Dalam acara tersebut, pihak Kemenparekraf menyambut dan memberikan cinderamata Wonderful Indonesia kepada seluruh penumpang.

Dengan kolaborasi bersama Dinas Pariwisata Provinsi Bali, acara tersebut disemarakkan dengan pertunjukan tarian tradisional Bali ‘Sekar Jagat’ dan kehadiran sepasang Duta Wisata Teruna-Teruni Provinsi Bali untuk menyambut para penumpang.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, turut hadir langsung dalam seremoni penerbangan (Inaugural Flight) Vistara rute New Delhi-Denpasar tersebut.

Penerbangan ini jadi langkah yang baik untuk meningkatkan konektivitas langsung dari India ke Pulau Dewata, terutama setelah penerbangan rute Mumbai-Denpasar terakhir beroperasi pada tahun 2019.

“Selain unggul menempati peringkat kedua kunjungan wisatawan mancanegara di Bali, India juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan dengan 444.768 kunjungan hingga September 2023. Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat bertahan dan terus bertambah kedepannya,” ujar Made.

Upaya Wonderful Indonesia untuk mendatangkan wisatawan mancanegara terus dilakukan, terutama menuju lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang melibatkan Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

Dengan waktu tempuh yang relatif singkat, sekitar 40 menit melalui penerbangan domestik atau 90 menit melalui fast boat, wisatawan dapat mencapai Mandalika di Pulau Lombok dari Bali.

Diharapkan, keberadaan rute penerbangan baru New Delhi - Denpasar dapat membuka peluang bagi destinasi wisata di luar Bali agar semakin dikenal dan diminati oleh para wisatawan India.

Terwujudnya Bioavtur dalam Penerbangan Komersil Indonesia dan Kilas Baliknya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini