Pesona Kawah Wurung, Lembah Hijau Tersembunyi di Bondowoso

Pesona Kawah Wurung, Lembah Hijau Tersembunyi di Bondowoso
info gambar utama

Kawah Wurung merupakan kawasan perbukitan dengan hamparan padang rumput (savana) dan cekungan yang berbentuk seperti kawah gunung. Objek wisata ini terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Wisatawan mengenal Kawah Wurung dengan sebutan Bukit Cincin. Ada pula yang menyamakannya dengan bukit Teletubbies karena bentang alamnya yang berbukit dan tertutupi oleh rerumputan yang hijau.

Keindahan Kawah Wurung membuatnya dijuluki sebagai zamrud Bondowoso. Adapun pengelolaan objek wisata seluas sekitar 100 hektare ini berada di bawah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Bondowoso.

Akses dan Harga Tiket

Terdapat dua akses untuk menuju ke Kawah Wurung, yaitu melalui jalur Kabupaten Banyuwangi maupun Kabupaten Bondowoso. Kawah Wurung dengan jalur Bondowoso dapat ditempuh dengan rute ke Kawah Ijen hingga ke Desa Sempol sekitar 2–3 jam.

Sementara pada jalur Banyuwangi, untuk menuju ke Kawah Wurung juga sama dengan jalan menuju ke Kawah Ijen dengan jarak sekitar 40 kilometer. Setelah sampai di pos pendakian Kawah Ijen, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah jalur Bondowoso.

Menariknya, di perjalanan ke Kawah Wurung via Banyuwangi, wisatawan akan melewati air terjun Kali Pahit. Air terjun ini memiliki warna kehijauan akibat tingginya kandungan sulfur yang berasal dari rembesan danau Kawah Ijen.

Untuk menikmati objek wisata Kawah Wurung, wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar Rp3.000 oleh pihak pengelola Perum Perhutani Bondowoso.

Keindahan Kawah Wurung, Pesona Savana Layaknya Rerumputan di Selandia Baru

Rute Kawah Wurung

Untuk mencapai kawasan perbukitan “Teletubbies” ini, wisatawan bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor. Namun, kondisi jalan menuju objek wisata ini belum seluruhnya beraspal. Wisatawan harus melewati jalan yang bergelombang dan sempit.

Dalam perjalanan mencapai Kawah Wurung, wisatawan akan disambut dengan jalan yang menanjak dan bergelombangs sejauh sekitar 100 meter yang dinamaan Tanjakan Cinta. Setelah mencapai ujung, tibalah di puncak bukit yang melingkar, yaitu Bukit Cincin.

Bersumber dari banyuwangibagus.com, waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai puncak bukit hanya sekitar 15 menit dengan jalur pendakian yang tidak terlalu terjal. Di puncak ini, akan terlihat bibir kaldera Ijen yang berdampingan dengan puncak Merapi.

Rekomendasi Paket Wisata Kawah Ijen Terbaik di Malang, Bisa Lihat Fenomena Api Biru Abadi

Referensi:

Banyuwangibagus. Pesona Bukit Kawah Wurung Bak Hamparan Permadani Hijau. https://www.banyuwangibagus.com/2016/06/pesona-bukit-kawah-wurung-bak-hamparan-permadani-hijau.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini