Produk Indonesia Merambah Dunia Lewat Halal Expo 2023 di Istanbul

Produk Indonesia Merambah Dunia Lewat Halal Expo 2023 di Istanbul
info gambar utama

Aneka produk halal Indonesia terus merambah dunia. Kali ini, produk-produk tersebut hadir di Halal Expo 2023.

Halal Expo 2023 digelar di Istanbul Expo Center, Istanbul, Turki pada 23 - 26 November 2023 lalu. Dalam pameran berskala internasional tersebut, sebanyak 18 produk dari industri makanan dan minuman, obat-obatan, hingga fesyen muslim asal Tanah Air dipamerkan kepada pengunjung di Paviliun Indonesia.

Hadirnya produk-produk Indonesia di Halal Expo 2023 tak lepas dari kerja sama berbagai pihak mulai daru Pemberdayaan Industri Halal (PPIH) Kementerian Perindustrian, KBRI Ankara, KJRI Istanbul, serta para pelaku usaha. Di pameran yang yang diorganisir Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) itu pula, industri unggulan Indonesia serta usaha kecil-menengah yang sudah memiliki sertifikasi halal mendapat apresiasi berupa kesempatan untuk merambah dunia.

“Setiap tahun kami memberikan penghargaan kepada pelaku industri halal. Adapun kriteria pelaku industri tersebut beragam, ada yang mengarah pada CSR, inovasi, penggantian bahan baku, dan lain sebagainya," ujar Kepala PPIH Kementerian Perindustrian Mohammad Ari Kurnia Taufik.

"Salah satu bentuk upaya untuk mempromosikan industri tersebut dan industri kecil lainnya yang telah memiliki sertifikat halal seperti Gugula, adalah dengan berpartisipasi dalam ajang pameran domestik maupun internasional, seperti Halal Expo Turki,” lanjut Ari.

Halal Expo 2023 tidak hanya menyajikan pameran produk dari seluruh dunia, namun juga Forum Bisnis dengan perusahaan peserta pameran serta serta asosiasi pengusaha Turki. Dari Forum Bisnis ini, peserta pameran dari Indonesia berhasil mengantongi komitmen transaksi perdagangan sebesar Rp10,4 miliar.

Sebagai peserta, Indonesia punya harapan besar dari keikutsertaan di Halal Expo Turki 2023 bisa berefek positif bagi produk-produknya, utamanya eksposur yang membyat produk-produk Indonesia jadi lebih dikenal oleh anggota negara OKI.

“Kami berharap setelah mengikuti ajang Halal Expo Turki 2023 ini, produk kita dapat dikenal luas khususnya anggota OKI. Saat ini, yang menjadi perhatian konsumen terletak pada kemasannya, apabila kemasan sudah mendapatkan label halal, ke depan dapat disesuaikan dengan karakteristik negara tujuan,” kata Ari.

Hal itu juga diamini Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Turki Banny R. Ramadhani. Turki dinilai memberi banyak peluang bagi produk Indonesia untuk berkembang.

“Sebagai negara yang mayoritas masyarakat muslim, Turki memiliki peluang untuk industri halal. Potensi produk di sini cukup besar,” katanya.

Produk Halal dan Ramah Lingkungan Bakal Jadi Primadona Tahun 2024



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini