Curug Cikaso, Keindahan Air Terjun yang Berbalut Misteri Pesugihan

Curug Cikaso, Keindahan Air Terjun yang Berbalut Misteri Pesugihan
info gambar utama

Curug Cikaso di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki keindahan yang tersembunyi. Walau warga menyebutnya Curug Cikaso, air terjun ini sebenarnya memiliki nama Curug Luhur.

Dimuat dari Indonesia Kaya, air terjun ini memiliki ukuran lebar 100 meter dan ketinggian sekitar 30 meter. Curug Cikaso terdiri dari tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang berisikan air jernih berwarna biru.

Keindahan Air Terjun Kiti-Kiti, Fenomena Alam Menakjubkan dari Fakfak

Dua aliran air terjun tersebut sangat jelas terlihat, berbeda dengan satu aliran lagi yang agak bersembunyi di balik tebing. Ketiga aliran itu memiliki nama yakni, Curug Asepan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Curug Cikaso kini dikelola oleh warga setempat, dan kini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah, baik domestik maupun mancanegara. Tempat itu juga kerap digunakan untuk shooting film.

Mitos curug

Walau menyimpan keindahan, Curug Cikaso ternyata memiliki mitos yang menyertainya. Koordinator rekreasi Curug Cikaso, Supriyatno menceritakan masyarakat percaya tempat itu ditempati oleh Nyai Blorong.

Nyai Blorong menurut legenda Indonesia adalah sosok wanita cantik, bertubuh manusia dari pinggang ke atas, dan berwujud ular dari pinggang ke bawah. Dipercayai Nyai Blorong adalah panglima dari penguasa Keraton Pantai Selatan, Ratu Kidul.

Air Terjun Warisan Dunia Hilang Akibat Proyek Jalan, Apa Respon Pemerintah?

Dipercaya oleh masyarakat, Nyai Blorong bisa mendatangkan kekayaan untuk orang yang mengajaknya bersekutu. Tetapi sebagai imbalan, membutuhkan tumbal arwah manusia dari pengikut dan keturunanya.

“Banyak pengunjung yang lihat penampakan. Biasanya jam 5 sore. Tapi warga sini sih gak lihat,” kata Supriyanto yang dimuat Merdeka.

Membawa pintu rezeki

Disebut oleh Supriyanto, wisatawan sering berenang di ketiga air terjun di Curug Cikaso. Mitos yang berkembang adalah siapa yang mandi di air terjun tersebut akan membuka jalan rezeki dan membantu dalam menemukan pasangan hidup.

Tetapi para wisatawan harus berhati-hati ketika berfoto di Curug Cikaso. Pasalnya wisatawan pernah dikejutkan dengan penampakan makhluk halus di foto mereka. Padahal tidak ada siapa-siapa saat wisatawan berfoto.

Air Terjun Jumog Karanganyar, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Lawu Jawa Tengah

“Kabarnya ada penampakan makhluk gaib pada beberapa foto yang diambil wisatawan,” kata Saefullah, warga Cibitung.

Tetapi terlepas dari mitos tersebut Curug Cikaso tetap layak untuk dikunjungi. Untuk sampai ke lokasi ini, para wisatawan harus terlebih dahulu menyeberangi aliran sungai dengan menggunakan perahu kayu.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini