IB Ngurah Wijaya, Keliling Afrika-Eropa untuk Promosikan Indonesia

IB Ngurah Wijaya, Keliling Afrika-Eropa untuk Promosikan Indonesia
info gambar utama

Ida Bagus (IB) Ngurah Wijaya yang pernah menjelajah benua Amerika, kini memulai kembali petualangannya dengan berkendara motor dari titik paling Selatan benua Afrika di Cape Town menuju titik paling Utara benua Eropa di Nordkapp.

Tak seperti penjelajah lain yang mengejar emotional satisfaction atau pencapaian diri pribari, IB Ngurah Wijaya lebih ingin melihat panji merah putih yang terpasang di motornya dihormati dan dikenal orang-orang di sepanjang perjalanannya.

Pria berusia 72 tahun ini juga berharap agar perjalanannya menjelajah dunia untuk mengenalkan Indonesia akan menarik wisatawan berkunjung ke Nusantara, dan pada gilirannya dapat menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, pemilihan Cape Town sebagai titik awal perjalanan karena kemampuan ekonomi masyarakatnya yang tinggi, cukup makmur dan maju dibandingkan kota lain di Afrika–akan sangat potensial untuk berwisata ke Indonesia.

Clavis Mundi: Kisah Enrique Penjelajah Bumi Pertama Asal Indonesia

Persiapan satu tahun

Perjalanan menjelajah negara-negara Afrika hingga Eropa ini telah dipersiapkan selama setahun lamanya. IB Ngurah Wijaya juga turut memperisapkan mental untuk melewati beberapa negara konflik seperti Yaman dan Iran jika dilewatinya melalui rute timur.

“Kalau saya lewat timur, pastinya saya melewati Namibia, Zimbabwe, Kenya, karena saya nggak mungkin bisa lewat Sudan. Karena lagi bergejolak, terus dari sana saya bisa nyeberang ke Yaman, kalau Yaman masih bisa safe (aman) ya,” kata IB Ngurah kepada Detikcom.

Selama tur, mantan ketua Bali Tourism Board itu berencana tinggal di luar kota agar bisa bertemu dengan orang-orang asli di negara tersebut. Tujuannya tak lain adalah untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia yang dilewatinya.

Sementara itu, Konjen RI mengungkapkan bahwa Indonesia dan Afrika Selatan tengah membangun kerja sama sister city antara Denpasar dan Mossel Bay. IB Ngurah Wijaya akan turut mendukung Indonesia Folk Market di Mossel Bay melalui perjalanan panjangnya.

Kerja Sama "Sister City" Denpasar-Mossel Bay Diperluas untuk Pengembangan SDM

Referensi:

Detikcom. Pria 72 Tahun Asal Bali ini Bakal Naik Motor Keliling Afrika-Eropa. https://www.detik.com/bali/berita/d-7042958/pria-72-tahun-asal-bali-ini-bakal-naik-motor-keliling-afrika-eropa#google_vignette

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini