Kerja Sama "Sister City" Denpasar-Mossel Bay Diperluas untuk Pengembangan SDM

Kerja Sama "Sister City" Denpasar-Mossel Bay Diperluas untuk Pengembangan SDM
info gambar utama

Pemerintah Kota Mossel Bay di Afrika Selatan bersama Pemerintah Kota Denpasar sepakat memperbaharui kerja sama Sister City yang telah terjalin sejak tahun 2019. Kerja sama kedua kota ini diperluas untuk pengembangan sumber daya manusia dan keorganisasian.

Dilansir dari Antara, Jumat (18/11), Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono yang menyerahkan langsung MoU perpanjangan kerja sama itu kepada Walikota Mossel Bay berharap agar hubungan kedua kota ini dapat ditingkatkan secara konkret untuk masyarakat.

Selain diperluas ke bidang lain, Tudiono mengungkapkan bahwa masa berlaku kerja sama Sister City ini juga diperpanjang dari tiga menjadi lima tahun yang telah dimulai sejak 2019 namun terhambat pandemi COVID-19 pada 2020–2022.

Kerja sama bidang parekraf

Kerja sama Sister City itu juga akan diperbarui dalam bidang promosi budaya dan pariwisata, ekonomi kreatif serta peningkatan kapasitas pengelolaannya. Seperti diketahui, Denpasar dan Mossel Bay memiliki prioritas ekonomi yang bertumpu pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Salah satu bentuk kerja sama Sister City antara Kota Denpasar dan Mossel Bay adalah penyelenggaraan Indonesian Folk Market di Mossel Bay pada Maret 2024 mendatang, yang sebelumnya sukses diadakan di KJRI Cape Town pada 14 Oktober 2023.

Indonesian Folk Market ini akan memamerkan produk kuliner dan kerajinan tangan dari Indonesia seperti batik. Acara ini juga akan menampilkan tarian tradisional dan hiburan musik, serta mendukung pertemuan business to business (B2B) antara pelaku industri di bidang parekraf.

Rayakan 30 Tahun Hubungan Bilateral, RI-Kazakhstan Bangun Kerja Sama “Sister City”

Diperluas untuk perdagangan

Walikota Mossel Bay menyambut baik pembaruan kerja sama Sister City dan berharap agar kerja sama ini dapat dilaksanakan secara efektif. Pihaknya mengungkapkan ada kemungkinan perluasan kerja sama di bidang pertukaran budaya, teknologi fiber, hingga peningkatan ekspor-impor serta motorsport.

Ke depannya, Pemerintah Kota Mossel Bay juga menantikan adanya kerja sama antar pemuda sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan dan kemajuan bangsa. Sebagai simbol kedekatan dengan Denpasar, kota ini akan menamai salah satu ruang di Balai Kota dengan nama Denpasar.

Sebagai informasi, Mossel Bay merupakan kota pelabuhan yang dikenal sebagai salah satu kota wisata penting di Provinsi Western Cape, Afrika Selatan. Mossel Bay secara resmi dinyatakan menjadi Municipality yang membawahi kota-kota kecil pada 1852.

Asal Usul Kota Denpasar, Ternyata Berawal dari Sebuah Taman

Referensi:

Antara. KJRI Cape Town Fasilitasi Kerja Sama Sister City Denpasar-Mossel Bay. https://www.antaranews.com/berita/3825837/kjri-cape-town-fasilitasi-kerja-sama-sister-city-denpasar-mossel-bay

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini