Justin Hubner, Pemain Wolverhampton yang Jadi Kekuatan Baru Timnas Indonesia

Justin Hubner, Pemain Wolverhampton yang Jadi Kekuatan Baru Timnas Indonesia
info gambar utama

Justin Hubner kini dipastikan bisa membela Timnas Indonesia. Sebab, ia telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Justin resmi menjadi WNI setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023). Itu adalah akhir dari serangkaian proses naturalisasi yang ditempuhnya untuk bisa berseragam merah putih.

Justin mengaku senang dengan status WNI yang kini disandangnya. Ia pun berjanji bakal memberi kontribusi maksimal demi mempersembahkan prestasi untuk Timnas Indonesia.

“Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Perasaan saya sangat senang. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan,” kata Justin seperti dilaporkan laman resmi PSSI.

"Saya juga sudah tidak sabar bermain bersama Indonesia. Laga terdekat tentu bermain di Piala Asia 2023 di Qatar. Semoga kami dapat meraih prestasi terbaik di ajang tersebut dan ingin membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 mendatang," lanjutnya.

Justin menjadi bagian dari proyek PSSI dalam menaturalisasi para pemain keturunan Indonesia di luar negeri guna memperkuat timnas. Sebelumnya, PSSI juga berhasil menaturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick.

Wacana mengenai dinaturalisasinya Hubner sudah mengemuka ke publik sejak lebih dari setahun yang lalu. Awalnya, pemain yang sebelumnya berkewarganegaraan Belanda itu disiapkan untuk memperkuat Timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Menanti Piala Dunia Datang Lagi ke Indonesia, Akankah Terwujud?

Profil Justin Hubner

Lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 September 2004, pesepak bola bernama lengkap Justin Quincy Hubner itu adalah sosok yang punya darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Makassar dan ayahnya yang asal Jakarta.

Sebagai pesepak bola, kiprah Justin dimulai dari level junior di negeri kelahirannya. Berdasarkan catatan Transfermarkt, ia diketahui pernah bergabung dengan VV TGG, Willem II, Brabant United, dan FC Den Bosch.

Pada 2020, Justin direkrut oleh klub Liga Inggris Wolverhampton Wanderers. Di sana, ia bermain bagi tim usia muda dan telah memperpanjang kontraknya pada 2020 lalu.

Di lapangan, Justin biasa menempati posisi utama bek tengah. Dengan demikian, ia akan menjadi tambahan kekuatan di lini belakang dan harus bersaing dengan sejumlah nama mulai dari Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Rizky Ridho untuk menjadi pilihan utama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Sebelum menjadi WNI, Justin pernah dipanggil ke Timnas U-19 dan U-20 Belanda dengan catatan tujuh dab satu penampilan. Selain tampil di laga uji coba, ia pernah tampil di Kualifikasi Piala Eropa U-19.

Final Piala Dunia U-17 2023, Sepenggal Kisah dari Budapest yang Terulang di Surakarta

Referensi:

  • https://www.transfermarkt.com/justin-hubner/nationalmannschaft/spieler/678641

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini