Menanti Piala Dunia Datang Lagi ke Indonesia, Akankah Terwujud?

Menanti Piala Dunia Datang Lagi ke Indonesia, Akankah Terwujud?
info gambar utama

Setelah Piala Dunia U-17 2023, Indonesia mengharapkan ajang sepak bola internasional itu datang lagi.

Belum lama ini, Indonesia menghelat Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. Dari segi penyelenggaraan, boleh dibilang Indonesia sukses sebagai tuan rumah.

Sejak awal turnamen hingga rampung, semuanya berjalan relatif lancar. Tidak ada masalah berarti yang sampai menganggu jalannya turnamen. Antuaiasme masyaraka pun cukup tinggi, terbukti dari ramainya penonton yang hadir di stadion. Karena itu pula Presiden FIFA Gianni Infantino melayangkan pujian kepada Indonesia.

"Indonesia telah menjadi tuan rumah yang hebat, memberikan kami sambutan hangat dan keramahtamahan yang tiada duanya,” ujar Infantino seusai laga final di Stadion Manahan, Surakarta, Sabtu (2/12/2023).

“Ada lebih dari seribu sukarelawan dan jumlah penonton yang hadir di stadion sangat banyak, hampir setengah juta orang datang ke pertandingan," lanjutnya.

Setelah final, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengungkap jika FIFA memberi tawaran untuk menggelar event-event lainnya. Hanya saja, tak disebutkan event apa yang dimaksud.

Kemudian baru-baru ini, PSSI mengumumkan berencana akan maju lagi di pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-17 dan U-20.

Final Piala Dunia U-17 2023, Sepenggal Kisah dari Budapest yang Terulang di Surakarta

Akankah Piala Dunia Kembali?

Akan majunya Indonesia dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia kelompok usia disampaikan langsung oleh Erick Thohir. Pria yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan Indonesia berpeluang menghelat Piala Dunia U-20 pada 2025 dan Piala Dunia U17 2025-2029 bersama Singapura.

The Football Association of Singapore (FAS) sendiri juga sudah mengonfirmasi hal itu. FAS mengumumkan pada 4 Desember 2023 bahwa pihaknya telah menandatangani letter of intent terkait rencana pencalonan bersama PSSI dan menyampaikannya kepada FIFA.

Sebelumnya, Indonesia sempat ditunjuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun hanya beberapa bulan sebelum turnamen dijadwalkan bergulir, status tuan rumah Indonesia dicabut.

FIFA menyebut bahwa Indonesia batal menjadi tuan rumah karena kondisi yang tengah terjadi saat itiu. FIFA memang tak merinci situasi apa yang dimaksud, namun pencabutan status tuan rumah itu terjadi setelah muncul polemik menyangkut partisipasi tim Israel di Piala Dunia U-20 2023.

Tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pun diberikan kepada Argentina. Namun tak lama setelahnya, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru yang dinilai tidak siap.

Akankah Piala Dunia kembali ke Indonesia, baik itu di level U-17 atau U-20? Kita nantikan saja.

Mengenang Jasa MH Thamrin untuk Sepak Bola Jakarta Lewat Pameran Arsip Berita

Referensi:

  • https://www.fas.org.sg/fas-signs-letter-of-intent-with-pssi/
  • https://www.pssi.org/news/setelah-u-17-kini-fokus-untuk-piala-dunia-u-20-2025
  • https://www.fifa.com/about-fifa/president/news/fifa-president-praises-fantastic-fifa-u-17-world-cup-indonesia-2023-tm

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini