Edufarm Malakasari Terima Bantuan 500 Juta dari PLN

Edufarm Malakasari Terima Bantuan 500 Juta dari PLN
info gambar utama

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya meresmikan sekaligus memberikan bantuan senilai Rp400 juta kepada Edufarm Malakasari di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2023). Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan green house kedua dan fasilitas penunjang UMKM, seperti penanaman, produksi, pengemasan, dan showcase.

"Ya, kami hari ini berada di Edufarm Malakasari. Ini adalah salah satu bentuk komitmen kami memberikan bantuan dalam bentuk CSR kepada masyarakat yang ada di DKI," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta, Raya Lasiran, Kamis (7/12/2023).

Diketahui, Edufarm merupakan mitra binaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UID Jakarta Raya sejak 2022. Sebelumnya, PLN juga telah memberikan bantuan sebesar Rp50 juta pada 2022 yang dimanfaatkan untuk membangun green house dan rakit apung.

Pemberian bantuan ini merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung program pembangunan berkelanjutan (SDGs) untuk meningkatkan kualitas kehidupan, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan ketahanan pangan. Oleh karena itu, bantuan yang diberikan akan terus diberikan. Nantinya, PLN berfokus pada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan sarana prasarana.

"Ke depan, kami akan berfokus pada penguatan kompetensi sumber daya manusia dan pembangunan sarana prasarana Edufarm Malakasari," ujar Lasiran.

Edufarm Malakasari merupakan wadah bagi para kelompok petani perkotaan di wilayah DKI Jakarta yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) D’Shafa. Edufarm menggunakan sistem pertanian pintar (smart farming) yang memberdayakan petani mulai dari penanaman, pengolahan hingga pemasaran.

Lasiran menyebut, pihaknya ke depan akan tetap melanjutkan program TJSL dengan mengembangkan edufarm di tempat-tempat lainnya yang berada di wilayah DKI Jakarta.

"Sehingga, nanti banyak sentra UMKM yang bisa menghidupi dirinya sendiri, menambah pendapatan masyarakat sekaligus bisa menyerap tenaga kerja," ucapnya.

PLN dan Masdar Siap Tingkatkan Kapasitas PLTS Terapung Cirata Jadi 500 MW

Omzet Edufarm Peningkat Pesat, Capai Rp125 Juta per Bulan

Local Hero Edufarm Malakasari, Haryati mengungkapkan bantuan dari PLN sangat berpengaruh terhadap perkembangan Edufarm Malakasari. Ia menyebut omzet dan jumlah kunjungan ke Edufarm tercatat mengalami kenaikan. Haryati mengaku, omzet yang didapatkan saat ini mencapai Rp125 juta per bulan.

"Saya sangat bersyukur sekali dengan bantuan CSR ini. Dampaknya adalah omzet kami juga naik, terus kami makin dikenal, terus kunjungan dari mana pun banyak," ujar Haryati.

Omzet tersebut merupakan hasil penjualan olahan sayuran dan buahan yang dikelola oleh KWT D’Shafa. Hasil sayur dan buah tersebut juga diolah lebih lanjut menjadi produk unggulan, seperti salad sayur, salad buah, asinan, dan sebagainya.

Hingga saat ini, Edufarm Malakasari memiliki empat program unggulan berupa green house, pengolahan pascapanen, pemasaran, dan edukasi.

Mengenal Agrivoltaik: Perpaduan Pertanian dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Referensi:

  • https://voi.id/ekonomi/336932/pln-uid-jakarta-resmikan-edufarm-malakasari-dukung-komitmen-sdgs

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini