Jelaskan Fungsi dan Tujuan Identitas Nasional

Jelaskan Fungsi dan Tujuan Identitas Nasional
info gambar utama

Perkembangan pesat era globalisasi membuka peluang bagi berbagai individu, terutama generasi muda, untuk lebih memahami dan mengenal cara berpikir serta kebudayaan bangsa-bangsa lain. Meskipun demikian, sejumlah generasi muda Indonesia nampaknya telah kehilangan kesadaran terhadap identitas nasional mereka, mengakibatkan penurunan rasa nasionalisme.

Misalnya saja, semakin menurunnya minat anak muda untuk mengikuti kegiatan kenegaraan, seperti pesta demokrasi yang berlangsung saat ini. Sebagian besar generasi muda kurang menggali dan memahami sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yang berdampak negatif pada perkembangan rasa nasionalisme mereka.

Pentingnya pemahaman terhadap sejarah panjang perjuangan bangsa dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan sering kali terabaikan oleh generasi muda. Oleh karena itu, untuk meningkatkan rasa nasionalisme, generasi muda perlu menambah pengetahuan mereka tentang sejarah dan juga melestarikan budaya Indonesia.

Indonesia memiliki identitas nasional yang berasal dari nilai-nilai budaya yang ada di berbagai daerah, yang kemudian digabungkan menjadi satu kesatuan untuk membentuk identitas bersama. Pertanyaannya kemudian muncul, mengapa suatu negara perlu memiliki identitas?

Fungsi Identitas Nasional

Identitas nasional tidak hanya memiliki peran sebagai penanda perbedaan antara satu negara dengan yang lain, melainkan juga sebagai alat untuk mempertahankan kesatuan bangsa. Berikut adalah beberapa fungsi dari identitas nasional yang perlu dipahami:

  1. Alat Pemersatu Bangsa

Fungsi identitas nasional adalah menjadi alat untuk menyatukan bangsa, terutama dalam konteks negara yang memiliki keberagaman. Sebagai contoh, Indonesia memiliki berbagai suku, agama, dan kebudayaan, dan identitas nasional hadir untuk menggabungkan keberagaman masyarakat menjadi satu kesatuan.

  1. Sebagai Pembeda dengan Bangsa Lain

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, identitas nasional merupakan ciri khas yang membanggakan suatu negara. Pembentukan identitas nasional membuat Indonesia menjadi unik dan mudah dikenali oleh dunia internasional.

  1. Sebagai Landasan Negara

Identitas nasional berfungsi sebagai landasan atau pijakan bagi suatu negara dalam mencapai cita-citanya. Misalnya, landasan negara Indonesia adalah Pancasila, yang nilai-nilainya diambil dari kebudayaan yang luhur. Lima nilai dasar Pancasila menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. Perlindungan Diri dari Dampak Buruk Global

Globalisasi membawa peluang dan tantangan dengan adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek kebudayaan. Untuk menyaring pengaruh buruk globalisasi, identitas nasional menjadi rujukan yang penting. Identitas ini membantu melindungi negara dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat integrasi internasional.

Untuk mengenal lebih dekat, ada berbagai bentuk identitas nasional bangsa Indonesia yang juga harus kamu hafalkan:

  1. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional atau bahasa persatuan.
  2. Bendera negara yang dikenal sebagai Sang Merah Putih.
  3. Lagu kebangsaan yang kita kenal dengan sebutan Indonesia Raya.
  4. Lambang negara yang diidentifikasi sebagai Garuda Pancasila.
  5. Semboyan negara yang dikenal dengan Bhineka Tunggal Ika.
  6. Dasar falsafah negara yang kita kenal sebagai Pancasila.
  7. Konstitusi negara yang dikenal sebagai UUD 1945.
  8. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan kedaulatan rakyat.
  9. Konsepsi Wawasan Nusantara.
  10. Kebudayaan daerah yang telah diakui sebagai bagian dari kebudayaan nasional.

Lebih baik apabila generasi muda memahami apa itu identitas nasional dan artinya sejak usia dini, agar nantinya, saat dewasa, mereka dapat memberikan makna yang lebih mendalam terhadap identitas negara mereka. Dengan demikian, generasi muda akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang Identitas Nasional Indonesia dan selalu menjaganya sebagai bagian integral dari jati diri mereka.

Sumber:
https://www.bola.com/ragam/read/5293092/pengertian-identitas-nasional-ciri-ciri-unsur-fungsi-jenis-faktor-dan-contohnya?page=7
https://kumparan.com/berita-hari-ini/identitas-nasional-pengertian-fungsi-faktor-pembentuk-dan-contohnya-1v5kTvUJ2rL/full
https://www.suara.com/news/2021/03/30/131334/identitas-nasional-tujuan-dan-bentuk-bentuknya
https://binus.ac.id/character-building/2022/07/identitas-nasional-bagi-generasi-muda/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini