Pengertian dan Contoh Identitas Nasional Indonesia

Pengertian dan Contoh Identitas Nasional Indonesia
info gambar utama

Tahukah kamu, bukan cuma hal unik yang jadi icon sebuah negara. Tapi, setiap negara juga memiliki identitas nasional masing-masing. Secara umum, konsep identitas nasional merujuk pada aspek-aspek seperti kebudayaan, adat istiadat, dan karakteristik unik yang melekat pada suatu bangsa. Contohnya, identitas nasional Indonesia adalah Pancasila sebagai dasar falsafah negara.

Mengenali dan memahami identitas nasional merupakan langkah penting dalam membangun masyarakat yang kuat dan berkelanjutan. Dengan merawat dan memelihara identitas nasional, suatu bangsa dapat memberikan warisan berharga bagi generasi mendatang serta menempatkan diri dalam panggung dunia dengan identitas yang kuat dan meyakinkan. Yuk kita kenal lebih jauh dan detail mengenai apa itu Identitas Nasional!

Apa itu identitas nasional?

Identitas nasional adalah seperti "wajah" atau "gaya hidup" suatu negara, yang membedakannya dari negara-negara lain. Kata "identitas" bisa diartikan sebagai sesuatu yang membuat kita berbeda atau yang bisa dibandingkan dengan yang lain. Sementara kata "nasional" artinya berhubungan dengan kebangsaan atau berasal dari bangsa itu sendiri.

Dalam pengertian historisnya, identitas nasional adalah ciri-ciri atau sifat khusus yang membuat satu bangsa berbeda dari yang lain. Identitas nasional juga terkait dengan gagasan bahwa setiap bangsa memiliki keyakinan atau pandangan tertentu tentang kebangsaannya yang membedakannya dari bangsa lainnya.

Mengapa identitas nasional penting dimiliki sebuah Negara?

Identitas nasional muncul dari fakta bahwa sebuah negara adalah entitas yang merdeka, memiliki kedaulatan, dan berhubungan dengan negara-negara lain di dunia. Identitas ini seperti "jati diri" yang mendukung dan membantu negara mencapai kesuksesan di masa depan.

Contohnya dapat dilihat dalam undang-undang dasar suatu negara. Di sana, diatur mengenai identitas nasional yang membedakan negara itu dari negara-negara lain. Identitas nasional tidak terlepas dari hal-hal seperti keberagaman suku bangsa, agama, budaya, dan bahasa yang membentuk identitas unik negara tersebut. Misalnya, ciri khas Indonesia. Mengutip dari kemdikbud.go.id, konsep identitas Nasional tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 35-36C.

Dalam hubungannya dengan identitas nasional Indonesia, kepribadian bangsa Indonesia sangat sulit jika hanya dideskripsikan berdasarkan ciri khas fisik. Hal ini mengingat bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam etnis, ras, suku, kebudayaan, agama serta karakter yang sejak asalnya memang memiliki suatu perbedaan. Oleh karena itu kepribadian bangsa Indonesia sebagai suatu identtas nasional secara historis berkembang dan menemukan jati dirinya setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Contoh Identitas Nasional Indonesia

Indonesia memiliki keberagaman suku, ras, budaya, dan agama. Keberagaman budaya di Indonesia terkenal hingga tingkat internasional dan menjadi bagian integral dari identitas nasional yang memperkenalkan karakteristik khas Indonesia.

Salah satu contoh identitas nasional Indonesia tari Saman yang berasal dari Aceh. Tarian ini sering dipertunjukkan di berbagai negara dalam kompetisi atau acara budaya, dan mendapat apresiasi tinggi karena kekompakan dan gerakannya yang cepat.

Selain tarian, batik juga menjadi bagian yang sangat dikenal dari budaya Indonesia di tingkat internasional. Batik, sering diperkenalkan melalui ajang busana, menjadi simbol yang erat dengan jati diri Indonesia. Pada saat acara mode, Indonesia biasanya memamerkan batik yang dikenakan oleh model sebagai cara untuk mempertahankan identitas nasional.

Dengan demikian, identitas nasional suatu bangsa tidak cukup dipahami secara statis oleh karena itu identitas suatu bangsa juga harus diapahami dalam konteks dinamis. Sebagaimana kita tahu bahwa bangsa besar telah mengembangkan identitasnya secara dinamis.

Sumber:
https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/485338/pengertian-identitas-nasional-dan-faktor-pembentuk
https://www.gramedia.com/literasi/identitas-nasional/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini