Strategi "Blue Ocean" Akan Diperkuat untuk Meningkatkan Sektor Parekraf

Strategi "Blue Ocean" Akan Diperkuat untuk Meningkatkan Sektor Parekraf
info gambar utama

Dalam pengembangan sektor parekraf di Indonesia, salah satu hal yang patut diimplementasikan pendekatan bisnis adalah blue ocean strategy. Hal ini sebagaimana disampaiakan oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf).

Menurut Sandiaga Uno dalam Rakornas Parekraf 2023 dengan tema "Blue Ocean Strategy Towards Sustainable Growth for Tourism and Creative Economy" di The Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (12/12/2023), ia menjelaskan bahwa blue ocean strategy adalah suatu pendekatan bisnis yang menitikberatkan pada penciptaan peluang usaha baru yang belum dimanfaatkan oleh pesaing di pasar.

Dengan demikian, para pelaku usaha tidak hanya berupaya mengalahkan pesaing, tetapi lebih berorientasi pada penemuan celah dan peluang untuk memasuki pasar yang belum tergali sebelumnya.

"Kita fokus menciptakan market baru, menciptakan sesuatu yang tidak banyak kompetitor. Ini adalah contoh blue ocean strategy," kata Sandiaga bersumber dari keterangan Kemenparekraf.

Lampaui Target, Nilai Devisa Pariwisata RI Capai 6 Miliar Dolar AS

Sebagaimana dikatakan oleh Sandiaga, implementasi blue ocean strategy di sektor parekraf Indonesia diharapkan akan membuka peluang usaha baru dan menciptakan lapangan kerja tambahan bagi masyarakat Indonesia.

Upaya ini tercermin dalam berbagai program dan kebijakan Kemenparekraf, seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif), dan pengembangan pariwisata berkelanjutan yang terkait erat dengan sertifikasi SNI CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability).

"Ini berbeda dengan red ocean strategy, di mana para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif itu saling bersaing dan berlomba-lomba untuk menurunkan harga," katanya.

Sandiaga menyatakan bahwa pengembangan pariwisata hijau yang berkelanjutan di Indonesia adalah implementasi dari blue ocean strategy, yang bertujuan untuk membangkitkan ekonomi, menciptakan peluang usaha, dan lapangan kerja di sektor parekraf.

Harapannya, untuk penerapan hal ini dapat melibatkan berbagai pihak dalam kolaborasi untuk mewujudkan strategi blue ocean ini, dengan tujuan meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui kerja sama pentahelix, diharapkan Indonesia dapat mencapai blue and green circular economy.

Konferensi Indonesia Mountain Tourism 2023, Jadikan RI Pusat Wisata Petualangan Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini