2 Mall Baru di Garut Siap Penuhi Kebutuhan Warga di Tahun 2024

2 Mall Baru di Garut Siap Penuhi Kebutuhan Warga di Tahun 2024
info gambar utama

Selama ini, Kabupaten Garut belum memiliki mall besar berisi tenant nasional maupun internasional yang lengkap. Biasanya masyarakat Garut akan pergi ke kota tetangga seperti Bandung dan Tasikmalaya hanya untuk membeli brand tertentu.

Kini, 2 mall baru di Garut, yakni Citimall dan Ciplaz, akan hadir mengakomodir segala kebutuhan mulai dari primier, sekunder hingga akomodasi. Dikabarkan kedua mall ini akan beroperasi pada Februari 2024.

Berikut 2 mall yang bakal beroperasi dan dapat dinikmati masyarakat Garut pada tahun 2024!

Citimall Garut

Citimall dibangun oleh NWP Property yang terkenal memiliki banyak portofolio mall di hampir seluruh wilayah Indonesia. Citimall Garut berlokasi strategis di Jalan Jenderal Sudirman yang merupakan jalan lintas provinsi. Lokasinya juga berdekatan dengan Bunderan Suci yang merupakan penghubung Garut Kota dengan jalan raya Karangpawitan-Wanaraja. Citimall sendiri berada di wilayah Desa Suci, Kecamatan Karangpawitan. Namun, letaknya tidak jauh dari pusat Kota Garut.

Lokasi Citimall Garut digadang-gadang akan menjadi pusat keramaian baru karena didekat lokasi terdapat Kantor Polres Garut, Rumah Sakit Annisa Queen, Kantor DSO Djarum, hingga rencana Supermarket Bangunan Mitra10. Bahkan, di sekitar Kecamatan Karangpawitan, sudah mulai bermunculan proyek perumahan yang tentunya akan menjaring banyak pengunjung yang ingin membeli berbagai kebutuhan.

Mall ini memulai pembangunannya pada 3 Maret 2023. Diawali acara ground breaking yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman. Direncanakan, Citimall Garut akan rampung pada Februari 2024.

Citimall Garut disebut akan menjadi mal terbesar di Garut. Menurut artikel Suara.com, luas lahan mall ini mencapai 23.000 meter persegi. Rinciannya, area mal seluas 17.000 meter persegi yang merupakan area yang disewakan (net leasable area/ NLA) dan sisanya 6.000 meter persegi kemungkinan untuk area parkir serta area pendukung lainnya.

Mall tersebut terdiri dari 3 lantai dilengkapi dengan atrium untuk menggelar event. Akun Instagram garut.projects mengungkap penampakan bagian interior dari Citimall Garut. Dari postingan tersebut nampak area interior sudah mulai masuk tahap finishing.

Berbagai brand ternama dikabarkan akan mengisi mall ini, di antaranya Informa, Matahari Department Store, Hyfresh Supermarket, dan Happy Time. Tak ketinggalan juga akan hadir bioskop dan juga foodcourt. Bahkan, beberapa minggu lalu, Kawan Lama Group sudah membuka membuka lowongan pekerjaan untuk penempatan di Citimall Garut.

City Plaza (Ciplaz) Garut

Ciplaz Garut merupakan perluasan dari Ramayana Mall Garut yang sudah lama berdiri di Garut. Mall yang dikembangkan oleh PT Jakarta Intiland ini terletak di Jalan Guntur dan berdiri di atas lahan seluas 18.701 meter persegi. Kawasan Ciplaz Garut terdiri dari area pusat perbelanjaan, Hotel Mercure, hingga Tropikana Waterpark.

Tempat ini digadang-gadang akan menjadi yang paling lengkap di Kabupaten Garut. Ditambah lokasinya yang berdekatan dengan Alun Alun Garut, Pusat Kota, dan Stasiun Garut menjadikan mall ini semakin mudah dijangkau.

Tenant yang ada di Ciplaz Garut hampir semuanya merupakan brand yang biasa ditemui di kota besar dan akan menjadi yang pertama di Kabupaten Garut. Menurut postingan dari garut.projects, sudah ada beberapa tenant yang disebut sebut akan bergabung dengan mall ini diantaranya Miniso, Hoka-Hoka Bento, iBox, Sport Station, Ta Wan, Optik Seis, Man Zone, Samsung, Ra Chaa, Guardian, dan Ichiban Sushi.

Mengutip catatan penulis di Kompasiana, Ciplaz Garut akan dilengkapi dengan amphitheater untuk penyelenggaraan event serta ruang khusus untuk berkreasi. Tidak hanya sebagai tempat berbelanja, Ciplaz Garut juga ingin menjadi rumah berkumpul bagi komunitas yang ada Garut.

Nantinya ada atrium dengan luas sekitar 120-150 meter berkonsep ampitheater. Atrium ini bisa muat 8 kendaraan jika ada pameran otomotif. Selain itu, area mall lama, halaman depan, ballroom hotel hingga area waterpark juga disiapkan sebagai space bagi penyelenggaraan event di Ciplaz Garut.

Ciplaz juga akan menyiapkan tempat khusus bagi komunitas maupun perorangan untuk berkreasi mulai dari studio untuk podcast, live streaming medsos, dance studio, dan lainnya.

Pengunjung Ciplaz semakin dimanjakan dengan adanya hotel bintang 5 yakni Mercure Hotel dari Grup Accors. Hotel ini rencananya akan dilengkapi ballroom, fitness center, serta kafe yang menyuguhkan pemandangan perkotaan Garut dari lantai 3.

Tepat di samping bangunan mall, akan hadir Tropikana Waterpark sebagai pilihan bagi warga Garut dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburan maupun akhir pekan. Konsep tropis dengan warna-warna cerah di berbagai sudut akan menjadi daya tarik bagi wahana air ini, serta menjadi spot yang instagramable karena desainnya yang aesthetic.

Keberadaan 2 mall baru di Garut ini diharapkan akan mendongkrak perekonomian Kabupaten Garut serta menciptakan banyak lapangan kerja. Seperti di Citimall, sebanyak 95 persen karyawan mall ini akan diprioritaskan untuk warga ber-KTP Garut sebagaimana disampaikan Dirut PT NWP, Teges Prita Soraya, kepada Infogarut.

“Kalau tenaga kerja oleh kami sedikit pak, karena biasanya cuman klining service sama nanti ada teman yang pegang promosi gitu. Untuk SDM-nya, karena ini bukan yang pertama kalinya kami membangun mall di daerah, biasanya diatas kertas itu 90-95 persen sudah pasti KTP nya Garut," ucap Teges.

Diharapkan, keberadaan mall ini akan mendongkrak ekonomi sekaligus mendatangkan investasi besar besaran ke Kabupaten Garut. Warga Garut bisa terus memantau perkembangan pembangunan ini dan memberikan informasi lebih lanjut saat tersedia. Segera bersiap-siap untuk merayakan kehadiran 2 mall baru di Garut pada Februari 2024.

Sumber:

  • https://infogarut.id/kehadiran-citimall-garut-berpotensi-tingkatkan-ekonomi-dan-lapangan-kerja-baru
  • https://www.kompasiana.com/kautsar15709/65797cb4de948f0bd01e47f2/ciplaz-garut-siap-jadi-icon-baru-kota-dodol
  • https://www.instagram.com/p/Cz0LF_vyze9/?igshid=MzY1NDJmNzMyNQ==
  • https://www.instagram.com/reel/C0IyYjny011/?igshid=MzY1NDJmNzMyNQ==
  • https://garut.suara.com/read/2023/10/10/183000/tahun-2024-dua-mal-baru-di-garut-akan-beroperasi-ini-ulasan-profil-singkatnya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini