Kecanduan Game Online Merupakan Gangguan Jiwa? Kenali 3 Dampak Bermain Game

Kecanduan Game Online Merupakan Gangguan Jiwa? Kenali 3 Dampak Bermain Game
info gambar utama

Kecanduan merupakan salah satu fenomena yang banyak sekali terjadi, salah satunya adalah kecanduan game online yang banyak terjadi di kalangan remaja. Bahkan, dalam sejumlah kasus yang terjadi orang dengan kecanduan game online yang masuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Seperti kasus dari kompas.com terdapat delapan anak yang berusia antara 7—15 tahun harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa karena terindikasi kecanduan gawai atau kecanduan ponsel. Kebanyakan di antaranya akibat kecanduan game online.

Apa Itu Kecanduan Game Online?

Dikutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, WHO atau World Health Organization menuliskan bahwa kecanduan game adalah tindakan bermain, permainan online maupun offline dengan tanda-tanda, sebagai berikut:

  1. Kesulitan mengontrol keinginan untuk bermain game,
  2. Lebih mengutamakan bermain game daripada melakukan aktivitas lain,
  3. Seseorang secara terus menerus bermain game meski ada konsekuensi negatif yang terlihat jelas.

Di dalam laman tersebut juga mencantumkan, kecanduan game terjadi jika tindakan tersebut sangat berpengaruh hingga berdampak terhadap dirinya sendiri, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, ataupun hal penting lainnya. Hal ini terlihat jelas setidaknya selama 12 bulan. Maka kecanduan game online adalah kecanduan terhadap game atau permainan online seperti game digital atau video game.

Dua orang sedang bermain game bersama
info gambar

Apakah Kecanduan Game Online Termasuk Gangguan Jiwa?

Dikutip dari laman resmi WHO, dinyatakan bahwa kecanduan game atau game disorder ke dalam International Classification of Diseases (ICD) versi terbarunya kecanduan game sebagai penyakit gangguan mental. ICD adalah daftar klasifikasi medis yang dikeluarkan oleh WHO yang berfungsi untuk mencatat dan melaporkan kesehatan dan kondisi terkait kesehatan secara global yang berisi daftar penyakit, kelainan, kondisi kesehatan dan banyak lagi.

Alasan mengapa kecanduan game online termasuk ke ICD-11 adalah pada bukti yang ada dan kesepakatan para ahli dari berbagai bidang ilmu dan wilayah yang terlibat dalam proses konsultasi teknis yang dilakukan oleh WHO dalam proses pengembangan ICD-11.

Dampak Kecanduan Game Online

Bermain game online mungkin merupakan sesuatu yang seru. Namun, jika dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan kecanduan. Maka dari itu penting untuk mengetahui bahayanya agar Kawan GNFI terhindar dari kecanduan terhadap game online, sebagai berikut:

1. Sulit berinteraksi dengan orang lain

Orang dengan kecanduan game online mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Ada penelitian yang menemukan bahwa Kualitas interaksi orang yang kecanduan game online sangat kurang baik akibat banyaknya waktu yang digunakan untuk bermain.

Orang yang kecanduan terhadap game online lebih sering menggunakan gadget dibanding berinteraksi dengan orang lain. Sehingga mereka menjadi tertutup dan sulit mengekspresikan dirinya pada lingkungan nyata.

2. Kualitas tidur yang buruk

Jika mengalami kecanduan game online seseorang mungkin saja mengalami kualitas tidur yang buruk akibat bermain game online secara berlebihan.

Hal ini didukung dengan penelitian yang menunjukan adanya hubungan antara game online dengan kualitas tidur pada remaja, di mana orang yang bermain game online cenderung untuk memiliki kualitas tidur yang kurang baik.

3. Menghambat prestasi belajar

Jika berbicara mengenai kecanduan game online biasanya adalah remaja yang mengalaminya, ternyata kecanduan game online juga dapat menghambar prestasi belajar. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang mengalami kecanduan game online mengalami penurunan prestasi dan motivasi belajar.

Games secara tidak langsung memberi peran pada menurunnya motivasi belajar karena waktu yang digunakan adalah untuk bermain game yang membuat anak malas untuk belajar. Hal yang dilakukan, seperti menunda tugas sekolah dan bermain game ketika proses pembelajaran.

Bermain game online mungkin memang hal yang seru dan bisa meredakan stres, namun jika dilakukan secara berlebihan dapat berdampak pada diri seseorang.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui bahaya atau dampak dari kecanduan game online supaya Kawan GNFI menyadari bahwa bermain game online secara terus menerus tidak baik untuk kita.

Sumber:

https://dx.doi.org/10.15548/atj.v6i2.2127

https://www.who.int/standards/classifications/frequently-asked-questions/gaming-disorder

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180621/4726266/kemenkes-kecanduan-game-adalah-gangguan-perilaku/#:~:text=Dikutip%20dari%20web%20resmi%20WHO,bermain%20game%20dibandingkan%20minat%20terhadap

https://regional.kompas.com/read/2019/10/31/22112751/kecanduan-game-online-8-pelajar-dirawat-di-rumah-sakit-jiwa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini