Segudang Manfaat dan Cara Membuat Teh Bunga Lavender

Segudang Manfaat dan Cara Membuat Teh Bunga Lavender
info gambar utama

Jika saat ini Kawan hanya tahu dan hanya merasakan teh melati atau jasmine tea, sudah saatnya Kawan perlu mencoba berbagai varian teh bunga lainnya. Varian lain dari teh bunga saat ini tengah diminati sebagian masyarakat Indonesia. Tidak hanya sekadar ingin mengetahui rasa dari masing-masing varian teh bunga, tetapi konsumsi teh bunga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Ada banyak jenis teh yang bisa Kawan coba, di antaranya teh lavender, teh kamomil, teh bunga telang, teh rosela, hingga teh mawar. Berbagai varian teh tersebut memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga akan memberikan pengalaman cita rasa yang berbeda, dan tentunya memberikan manfaat yang berbeda pula.

Salah satu teh bunga yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh ialah teh lavender. Lavender merupakan tanaman yang berasal dari Laut Tengah hingga Afrika tropis dan ke timur sampai India. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis rerumputan, semak pendek, dan semak kecil. Maka tak heran jika tanaman lavender kerap dianggap sebagai rumput atau ilalang.

Nama lavender atau Lavandula angustifolia berasal dari kata “lavera” yang berarti “menyegarkan”. Hal ini sesuai dengan aroma yang dikeluarkan bunga lavender: menyegarkan dan menenangkan. Maka, lavender kerap digunakan sebagai minyak aromaterapi yang berfungsi untuk mengurangi stress. Selain itu, lavender juga dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Oleh karenanya, lavender digunakan sebagai bahan obat-obatan pengusir nyamuk.

Akan tetapi, lavender tidak hanya digunakan sebagai obat nyamuk dan aromaterapi. Bunga lavender bahkan dapat dikonsumsi dalam bentuk teh bunga lavender. Biasanya, bunga lavender terlebih dahulu mengalami proses pengeringan sebelum akhirnya dapat diseduh menjadi teh bunga lavender.

Telisik Kandungan dan Khasiat Teh Bunga Telang

Manfaat Teh Bunga Lavender

Berbagai manfaat yang terkandung dalam bunga lavender menjadikan bunga berwarna ungu itu digandrungi. Saat ini, pemanfaatan bunga lavender tidak hanya dijadikan sebagai bahan-bahan pada kosmetik. Bunga lavender bahkan dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara diseduh menjadi teh lavender.

Dengan kandungan kalsium, vitamin hingga zat besi yang terdapat pada lavender, teh bunga lavender memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, di antaranya.

1. Meredakan Stres

Lavender dikenal sebagai bunga yang mampu meredakan stres dan menstabilkan mood. Manfaat tersebut diperoleh melalui kandungan linalool yang dimiliki. Kandungan tersebut mampu menstimulasi sistem saraf pusat di otak sehingga dapat memberikan efek menenangkan.

Melansir dari Klikdokter.com, teh lavender aman dikonsumsi oleh orang tua dengan alzheimer. Akan tetapi, konsumsi teh bunga lavender juga perlu diperhatikan jika seseorang memiliki alergi.

2. Menyembuhkan Jerawat dan Melembabkan Kulit

Lavender dipercaya memiliki kandungan antiinflamasi. Kandungan tersebut mampu menyembuhkan jerawat yang muncul di kulit. Sifat antiseptiknya juga dapat mengurangi bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, lavender juga dikenal dapat membersihkan atau mendetoks kulit. Bunga ini dipercaya dapat memberikan kelembaban pada kulit dan mengatasi iritasi. Antioksidan pada teh lavender juga membantu membuang racun akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas yang diperoleh lewat polusi, asap rokok, maupun kendaraan dapat membuat kulit menjadi kusam.

Bukan Teh Biasa: Dikembangkan UI, Teh Lacryma Punya Gizi Tinggi

3. Melancarkan Pencernaan

Teh lavender ampuh digunakan untuk mengobati permasalahan pada pencernaan. Teh lavender dapat meredakan masalah pencernaan, seperti diare, mual, hingga kram perut. Khasiat tersebut diperoleh dari efek antispasmodik pada teh yang dapat mengurangi ketegangan otot pencernaan.

Aroma teh lavender bahkan dapat berguna dalam proses pencernaan. Aroma bunga lavender mampu menstimulasi empedu sehingga makanan dapat dicerna dengan lancar.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat ini menjadi khasiat yang jamak diketahui masyarakat luas. Konsumsi teh bunga lavender dapat memperbaiki kualitas tidur karena lavender meningkatkan produksi dopamine dan menurunkan hormon stres, yakni kortisol. Dopamine merupakan senyawa kimia di dalam otak yang dapat meningkatkan suasana hati sehingga seseorang dapat merasakan sensasi yang menyenangkan.

5. Melegakan Saluran Pernapasan

Dengan kandungan antiinflamasi yang dimiliki bunga lavender, konsumsi teh lavender dapat berkhasiat untuk melegakan gangguan saluran pernapasan. Bahkan, efek antibakteri yang ada di dalam bunga lavender dapat membantu membasmi bakteri penyebab flu. Oleh karena itu, teh bunga lavender dapat mengatasi hidung tersumbat sehingga napas menjadi lebih lega.

6. Membunuh Virus dan Bakteri Berbahaya

Lavender memiliki sifat antimikroba dan antivirus. Dengan kandungan tersebut, konsumsi teh bunga lavender dipercaya efektif untuk menghambat tumbuhnya jamur, salah satunya Candida albicans. Bahkan, tanaman lavender berpotensi dijadikan sebagai obat alami kurap dan kutu air.

Kombucha, Teh Jamur Berkhasiat Tinggi dari Abad 220 SM

Cara Membuat Teh Bunga Lavender

Saat ini, teh bunga lavender sudah banyak dijual di pasaran. Kawan dapat membeli teh lavender dalam bentuk kantong teh celup atau teh lavender kering asli seperti teh bubuk. Perlu diketahui, bunga lavender yang akan dikonsumsi menjadi teh terlebih dahulu harus melalui proses pengeringan.

Rasa yang dihasilkan teh lavender cukup unik. Jika Kawan baru pertama kali konsumsi teh lavender, aroma dan rasa yang terbesit mungkin akan langsung merujuk pada produk obat nyamuk. Lavender memiliki sedikit rasa pahit. Oleh karena itu, konsumsi teh lavender perlu hati-hati dan disesuaikan dengan selera lidah.

Cara menyeduh teh bunga lavender cukup mudah, sama seperti menyeduh teh bubuk melati pada umumnya. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah takaran bunga lavender yang dikonsumsi. Kawan hanya memerlukan air panas, bunga lavender kering, dan madu atau gula. Berikut cara menyeduh teh lavender yang tepat.

  1. Masukkan 1 sdt bunga lavender kering ke dalam air panas 200-250 ml.
  2. Diamkan selama 5-10 menit. Semakin lama proses merendam bunga lavender, semakin pekat warna yang dikeluarkan dan semakin kuat pula rasa yang dihasilkan.
  3. Berikan gula atau madu sesuai selera.
  4. Sebagai catatan, rasa dan aroma bunga lavender sangatlah kuat. Jika Kawan belum terbiasa atau baru pertama kali mengonsumsi, Kawan dapat mengurangi takaran bunga lavender kering menjadi setengah sendok teh.

Bagaimana? tertarik mencoba? Segera bagikan pengalaman Kawan ketika konsumsi the bunga lavender agar dapat bermanfaat bagi sesama.

Manfaat Bunga Rosella dan Cara Bikin Teh Herbal dari Bunganya

Diolah dari berbagai sumber.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini