Libur Natal dan Tahun Baru 2024, PT PAL Pastikan Kesiapan Armada Kapal Niaga

Libur Natal dan Tahun Baru 2024, PT PAL Pastikan Kesiapan Armada Kapal Niaga
info gambar utama

PT PAL Indonesia memastikan kesiapan armada kapal niaga yang sedang melakukan docking. Hal ini merupakan persiapan dalam menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Komitmen ini tercermin melalui rangkaian proses pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul (MRO) yang sedang dilakukan secara intensif pada beberapa kapal salah satunya KM Danau Berlian, sebuah kapal niaga.

Melihat Teknologi PT PAL Indonesia dalam Pemeliharaan SPM untuk Berlabuhnya Kapal Tanker

Dikatakan oleh Edi Rianto selaku Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia pihaknya memegang tanggung jawab besar dalam mendukung mobilitas dan keamanan transportasi laut di tengah meningkatnya permintaan selama musim liburan.

“Terlebih dalam proses docking ini, PT PAL Indonesia memastikan bahwa setiap aspek dari kapal, mulai dari kelengkapan hingga struktur fundamental seperti lambung, dan tangki-tangki mendapatkan perhatian dan perawatan optimal. Sehingga pada Desember 2023 serangkaian perbaikan berhasil diselesaikan dan siap beroperasi,” tegasnya.

Dedikasi perusahaan

Armada kapal niaga/PT PAL Indonesia
info gambar

Dijelaskan oleh Edi, keberhasilan proses MRO yang dilakukan oleh PT PAL Indonesia mencerminkan profesionalisme dan dedikasi perusahaan untuk berperan aktif dalam mendukung kelancaran operasional moda transportasi laut

“Sehingga dapat memberi pengalaman positif bagi konsumen. Terlebih tentunya PT PAL didukung oleh fasilitas, sarana dan prasarana yang lengkap, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten,” tegasnya.

Intip Kemampuan Kapal Bantu Rumah Sakit Buatan PT PAL Indonesia yang Dikirim ke Palestina

Hingga kini, lanjutnya dalam pemeliharan dan perawatan kapal nasional PT PAL Indonesia berupaya untuk terus mengedepankan ketepatan waktu dan kualitas mutu yang terjamin demi menunjang kenyamanan, keamanan serta mengoptimalkan pelayanan perjalanan masyarakat ssepanjang periode libur Natal dan Tahun Baru.

“Dengan demikian, PT PAL Indonesia berkontribusi secara signifikan dalam menjaga stabilitas perekonomian nasional di tengah momen yang penting ini,” ucapnya.

Lonjakan penumpang

Armada kapal niaga/PT PAL Indonesia
info gambar

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada lonjakan volume penumpang sebesar 5 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, angkutan laut merupakan moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan armada angkatan laut sebanyak 1.354 kapal dengan kapasitas 242.069 penumpang,” ujar Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Kesehatan dan Konektivitas Perhubungan, Subagiyo yang dimuat Antara.

Sementara itu untuk menghadirkan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang aman, nyaman dan lancar, Kemenhub menyiapkan langkah-langkah strategis di antaranya pelaksanaan uji kelaiklautan kapal.

Indonesia Resmi Miliki Pembangkit Listrik Terapung Pertama yang Diproduksi Mandiri

Dalam menghadapi cuaca ekstrem pada bulan-bulan menuju Natal dan tahun baru, peningkatan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran kian ditingkatkan, khususnya terhadap pengawasan kapasitas penumpang.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan perkiraan cuaca kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk,” tuturnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini