Tempat Wisata Jateng Paling Banyak Pengunjung Saat Libur Natal, Masjid Sheikh Zayed Utama

Tempat Wisata Jateng Paling Banyak Pengunjung Saat Libur Natal, Masjid Sheikh Zayed Utama
info gambar utama

Destinasi wisata di Jawa Tengah tampaknya mengalami perubahan pola. Destinasi primadona di Jawa Tengah tidak lagi berada di lanskap pemandangan ataupun situs bersejarah.

Berdasarkan penuturan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah, tempat yang ramai dikunjungi di Jawa Tengah saat Libur Natal 2023 adalah Masjid Sheikh Zayed Solo. Sekitar 136.000 atau 24% dari total pengunjung mendatangi masjid yang merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebagai informasi, jumlah wisatawan di kawasan Jawa Tengah saat Libur Natal 12-26 Desember 2023 mencapai 566.993 orang. Dari total kunjungan tersebut, sebanyak 563.132 merupakan wisatawan nusantara (wisnus). Sementara itu, sisanya atau sekitar 3.861 adalah wisatawan mancanegara (wisman).

"Totalnya sekitar 566.993 orang yang berkunjung ke tempat wisata di Jateng. Paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal adalah Masjid Sheikh Zayed Solo sebanyak 136.000," ungkap Agung Hariyadi, Kepala Disporapar Jateng, Rabu (27/12/2023), dikutip dari Kompas.

Melihat Replika Masjid Megah Khas Timur Tengah dari UAE, Masjid Sheikh Zayed Solo

Selain Masjid Sheikh Zayed yang baru diresmikan November 2022 lalu, daya tarik wisata (DTW) di wilayah Jawa Tengah berada di wisata air Owabong Water Park Purbalingga, wisata budaya Candi Borobudur, serta wisata alam Kawasan Dataran Tinggi Dieng dan Pantai Karang Jahe Rembang.

Lebih rinci, berikut daftar tempat wisata di Jawa Tengah dengan total pengunjung terbanyak saat Libur Natal 2023.

  • Masjid Sheikh Zayed Solo : 136.000 pengunjung.
  • Owabong Water Park Purbalingga : 74.060 pengunjung.
  • Candi Borobudur Magelang : 65.102 pengunjung.
  • Kawasan Dataran Tinggi Dieng Wonosobo : 58.391 pengunjung.
  • Pantai Karang Jahe Rembang : 47.489 pengunjung.
  • Kota Lama Semarang : 39.044 pengunjung.

Sementara itu, situs bersejarah masih menjadi primadona bagi para wisatawan mancanegara. Lebih dari separuh atau sekitar 2.707 wisatawan memilih mengunjungi Candi Borobudur. Selain itu, wisman juga mengunjungi wisata budaya lain, seperti Punthuk Setumbu, Candi Mendut dan Pawon, Pura Mangkunegaran Surakarta, serta wisata alam Pulau Karimunjawa Jepara sebanyak 50 orang.

5 Ruas Tol Trans-Sumatra Beroperasi Gratis Selama Libur Nataru

Potensi Lonjakan Lebih Besar Libur Tahun Baru 2024

Data jumlah wisatawan yang dipaparkan Kepala Disporapar Jateng merupakan data Libur Natal 2023. Ia menekankan bahwa potensi lonjakan libur tahun baru 2024 akan jauh lebih besar dibandingkan Libur Natal. Kunjungan wisatawan diprediksi meningkat pada puncak libur tahun baru, 30 Desember 2023.

"Lonjakannya sekitar 30 persen (dari hari biasa) peningkatan pengunjungnya… Puncaknya sekitar tanggal 30 Desember 2023 sudah mulai ramai. Dari pantauan akomodasi hotel sudah full booking semua di DTW utama," jelasnya.

Untuk itu, pihak Disporapar Jateng telah memberikan surat edaran kepada kabupaten/kota agar dapat memaksimalkan potensi wisata di masing-masing daerah, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan pengecekan tempat wisata yang berisiko tinggi terhadap keselamatan.

Terlepas dari itu semua, pada pengelola wisata sebagai penanggung jawab utama diimbau agar memenuhi perizinan dan standar keselamatan tempat wisata.

"Kami sudah melakukan pengawasan, monitoring, memastikan wahana-wahana permainan yang berisiko itu sudah layak untuk dipakai pengunjung," katanya.

Kementerian PUPR Pastikan Sarpras di Jatim Siap untuk Menunjang Libur Nataru

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini