Mengenal Pusat Grosir Jembatan Merah, Apa Itu?

Mengenal Pusat Grosir Jembatan Merah, Apa Itu?
info gambar utama

Pusat Grosir Jembatan Merah, yang juga dikenal sebagai Jembatan Merah Plaza atau JMP merupakan pusat perbelanjaan di Surabaya yang sudah lama beroperasi. Perlu Kawan ketahui, Jembatan Merah Plaza Surabaya merupakan pusat grosir pertama di Surabaya, lho! Yuk, cari tahu sejarahnya!

Terkenal dengan penawaran harga grosir terjangkau, tempat yang digolongkan sebagai mal ini memenuhi etalase dengan beragam produk seperti pakaian, aksesori, dan elektronik. Harga beli yang murah dan berjumlah besar membuat tempat ini populer di kalangan warga lokal maupun turis untuk memulai usaha sendiri!

Jembatan Merah Plaza berada tepat di antara dua jalan populer. Di sisi timur Mal ini terdapat kawasan pecinan, sedangkan di sisi barat terdapat Jalan Jembatan Merah yang terkenal akan sejarah kepahlawanannya. Karena letaknya yang berdekatan dengan Jalan Tunjungan, Jembatan Merah juga menjadi warisan penting bagi sejarah Indonesia dan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

LEMIGAS Setor Rp231 miliar ke Kas Negara pada 2023, Tertinggi dalam 14 Tahun

Jembatan Merah Plaza Surabaya telah berdiri sejak 18 Maret 1995. Bangunannya merupakan bagian dari sejarah Surabaya. Dimana Jembatan Merah sendiri sudah hadir sejak tahun 1809 dan menjadi pusat kegiatan bisnis dengan menyimpan banyak kenangan dan perjuangan bersejarah.

Salah satu yang menjadi faktor utama adalah kawasan ini berlokasi di tempat bersejarah perjuangan arek Suroboyo ketika melawan penjajah Belanda. Oleh karenanya, Jembatan Merah dan seisinya terus dirawat oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai saksi hidup peristiwa masa lampau.

Pusat Grosir Jembatan Merah atau yang biasa disebut JMP menawarkan berbagai produk lokal yang biasanya dicari masyarakat mulai dari pakaian, aksesori, elektronik, hingga barang lain dengan harga grosir. Tentu tempat ini terkenal karena telah menjadi rumah bagi banyak pedagang yang menawarkan produk beragam.

Kawan yang ingin berkunjung pun dapat menemukan beragam barang yang dapat dijadikan sebagai merk dagang pula. Termasuk pakaian yang tersedia untuk pembelian grosir dengan harga terjangkau dari distributor yang sudah lama beroperasi.

Keberagaman penawaran dan harga murah yang masih masuk akal menjadikan pusat perbelanjaan ini begitu banyak peminat meski hampir tidak terlihat keberadaannya sejak Covid-19 muncul. Bangunan ini mulai direnovasi lagi sehingga tampak autentik dari luar pada tahun 2023.

Kelezatan Sate Bandeng yang Diracik Spesial dari Dapur Pribadi Sultan Banten

Sejarah mencatat, sejak perjanjian Pakubuwono II dari Mataram dengan VOC pada 11 November 1743, Jembatan Merah menjadi kawasan komersial dan satu-satunya jalan yang dikunjungi. Oleh karenanya pembangunan Jembatan Merah Plaza menjadi faktor utama para pedagang memilih untuk menjual barangnya di Jalan Jembatan Merah.

Kawan jangan khawatir kelaparan! Terdapat penjual makanan dan minuman di Pusat Grosir Jembatan Merah juga, lho! Mulai dari makanan tradisional seperti Soto Makassar sampai makanan khas Surabaya seperti Lontong Balap. Tentunya, pusat perbelanjaan ini dilengkapi dengan food court di mana pengunjung dapat menikmati beragam pilihan makanan dan minuman.

Keberadaan Jembatan Merah Plaza Surabaya menjadi saksi hidup masyarakat Surabaya pada zamannya hingga sekarang. Pasar ini merupakan tempat yang dinamis dan menjanjikan, dengan banyak pedagang yang menempatkan bisnis mereka di sini. Jika Kawan juga ingin memulai usaha, sebagai Arek Surabaya Kawan dapat berkunjung ke tempat ini untuk membeli barang grosir dan dapat memulai usaha. Tentunya dengan harga yang mumpuni.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini