Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, serta Melihat Persaingan di Grup D Piala Asia

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, serta Melihat Persaingan di Grup D Piala Asia
info gambar utama

Piala Asia 2023 di Qatar kini menjadi sorotan utama para penikmat sepakbola di Indonesia, dengan kembalinya Timnas Indonesia sebagai wakil negara di ajang prestisius ini. Indonesia sendiri sudah cukup lama absen dari perhelatan ini. Kali terakhir Skuad Garuda berlaga di Piala Asia terjadi pada edisi 2007.

Pada matchday pertama Indonesia akan berjumpa Irak, Senin (15/1/2023) di Stadion Ahmad Ali. Laga tersebut akan dimainkan mulai pukul 21.30 malam WIB, siaran langsung di RCTI.

Menjelang Piala Asia 2023, performa Indonesia tidak dalam performa terbaiknya. Sebab, pada tiga laga uji coba terakhir jelang Piala Asia, pasukan asuhan Shin Tae-yong mengalami kekalahan secara beruntun. Indonesia kebobolan sembilan kali dan hanya mampu membuat satu gol.

Calon lawan Irak juga menelan kekalahan pada laga uji coba lawan Korea Selatan. Irak kalah dengan skor 0-1 dari gol Lee Jae-sung. Namun, Irak mempunyai keunggulan dengan kemenangan dengan skor 5-1 atas Indonesia pada November 2023 lalu.

Baca juga: Bocoran Strategi Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023: Serangan Balik Jadi Senjata

Jadwal Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

Berikut merupakan jadwal Timnas Indonesia pada fase grup Piala Asia 2023 Qatar:

Indonesia vs Irak

Ahmad bin Ali Stadium

Senin, 15 Januari 2024

21.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Vietnam vs Indonesia

Abdullah bin Khalifa Stadium

Jumat 19 Januari 2024

21.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Jepang vs Indonesia

Al Thumama Stadium

Rabu, 24 Januari 2024

18.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Baca juga: Menanti Aksi Timnas Indonesia Rasa Eropa di Piala Asia 2023

Peluang Setiap Tim di Grup D di Piala Asia 2023

Jepang

Peringkat FIFA: 17

Pencapaian terbaik: Juara (1992, 2000, 2004, 2011)

Pelatih: Hajime Moriyasu

Jepang telah tampil dengan mengagumkan pada tahun 2023. Samurai Biru hanya mengalami satu kekalahan sejak tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dalam beberapa bulan terakhir, mereka menang atas Turki, Kanada, dan Jerman.

Dengan pemain-pemain dari liga-liga top Eropa, Jepang merupakan tim dengan peringkat tertinggi di kompetisi ini. Tim yang dipimpin oleh Hajime Moriyasu ini menjadi favorit untuk memenangkan turnamen dan mencetak rekor baru dengan gelar kelimanya.

Irak

Peringkat FIFA: 63

Pencapaian terbaik: (2007)

Pelatih: Jesus Casa (Spanyol)

Irak telah melakukan persiapan yang baik untuk menghadapi kompetisi ini. Pemenang Piala Asia 2007 ini memenangkan Piala Teluk Arab pada tahun sebelumnya setelah mengalahkan Qatar dan Arab Saudi.

Pada bulan September, tim yang dikenal sebagai "Singa Mesopotamia" ini menang dalam kompetisi persahabatan yang diadakan di Thailand. Pada kualifikasi Piala Dunia yang diadakan pada bulan November tahun lalu, Irak juga meraih kemenangan atas Vietnam dan Indonesia, yang merupakan saingannya di grup tersebut.

Baca juga: Karena Justin Hubner, Akhirnya Ada Pesepak Bola Indonesia di Premier League

Vietnam

Peringkat FIFA: 94

Pencapaian terbaik: Perempat final (2007, 2019)

Pelatih: Philippe Troussier (Prancis)

Setelah beberapa pemain kuncinya mengalami cedera, Vietnam sedang mengalami kesulitan. The Golden Star mungkin akan kesulitan untuk lolos dari grup yang sulit di Piala Asia Qatar dan kembali ke babak delapan besar di tahun 2019.

Vietnam masih memiliki kesempatan untuk meraih kemenangan atas Indonesia. Pada Kejuaraan ASEAN atau semifinal Piala AFF tahun sebelumnya, mereka keluar sebagai pemenang atas tim Garuda.

Indonesia

Peringkat FIFA: 146

Pencapaian terbaik: Lolos babak grup (1996, 2000, 2004, 2007)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Dari semua tim yang berhasil lolos ke Piala Asia 2023, tim nasional Indonesia berada di peringkat kedua dari bawah. Mustahil bagi tim Merah Putih untuk bisa melaju melewati babak penyisihan grup untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan mereka di turnamen ini.

Skorsing FIFA membuat mereka tidak bisa mengikuti kompetisi 2019. Indonesia adalah negara yang realistis di balik antusiasme yang tinggi. Mungkin masuk akal untuk mengincar kemenangan ketiga dalam kampanye Piala Asia kelima, yang merupakan hasil terbaik yang dapat diharapkan oleh tim asuhan Shin Tae-yong.

Dalam sejarahnya berkompetisi di Piala Asia, Indonesia telah menang dua kali. Tim Garuda mengalahkan Qatar 2-1 pada kompetisi tahun 2004 dan mengalahkan Bahrain 2-1 pada kompetisi tahun 2007.

Sumber referensi:

  • https://bola.tempo.co/read/1819068/persaingan-grup-d-piala-asia-2023-timnas-jepang-favorit-vietnam-pincang-indonesia-realistis
  • https://www.bola.net/tim_nasional/jadwal-lengkap-timnas-indonesia-di-piala-asia-2023-qatar-live-di-rcti-c66077.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini