Tersedia Ribuan Kuota, Pendaftaran IISMA 2024 Dibuka sampai Kapan?

Tersedia Ribuan Kuota, Pendaftaran IISMA 2024 Dibuka sampai Kapan?
info gambar utama

Saat ini, Pendaftaran IISMA 2024 sedang dibuka. Cek jadwalnya!

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan beasiswa dari Kemendikbudristek bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar selama satu semester di berbagai universitas di luar negeri. Program ini terbuka bagi para mahasiswa dari seluruh penjuru Tanah Air.

Dengan mengikuti IISMA mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari mengambil mata kuliah atau kegiatan di universitas mitra. Nantinya, mata kuliah dan kegiatan yang diambil di sana bisa disetarakan dengan mata kuliah di luar mata kuliah kompetensi prodi masing-masing.

Ada manfaat besar bagi mahasiaswa dari program IISMA ini, yakni membangun jejaring yang lebih luas dan menambah daya saing lulusan di dunia kerja.

“Data menunjukkan lulusan program flagship kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), termasuk IISMA terbukti lebih cepat mendapatkan pekerjaan dan dengan gaji pertama yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak mengikuti MBKM,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati seperti dilansir laman resmi Kemdikbud.

Dijalankan sejak 2021, IISMA masih berlanjut hingga tahun 2024 ini. Pendaftaran pun kini sedang dibuka.

Apa itu ASN? Ini Pengertian, Tugas, hingga Gajinya

Jadwal Pendaftaran dan Kuota IISMA 2024

Pendaftaran IISMA 2024 dimulai sejak 23 Januari. Kini, Kawan GNFI masih berkesempatan untuk mendaftarkan diri karena pendafataran masihcakan berlangsung hingga 14 Februari 2024. Proses pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id.

Syarat pendaftaran juga dapat dilihat pada laman tersebut. Namun, selain syarat administratif, ada pula hal yang wajib dipenuhi mahasiswa pendaftar untuk memastikan kesiapan mengikuti program, yakni kemampuan bahasa dan memilih program studi dengan cermat.

Terdapat tiga jalur seleksi yang bisa dipilih saat mendaftarkan diri ke progrm IISMA 2024, yakni jalur reguler, afirmasi dan co-funding. Jalur reguler diperuntukkan bagi mahasiswa secara umum. Jalur afirmasi diberikan bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi atau KIP-K dan yang mahasiswa berada di daerah tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres). Sementara itu jalur co-funding tersedia bagi mahasiswa yang berminat mengikuti IISMA dengan dengan beasiawa parsial. Dengan kata lain, pemerintah hanya akan mendanai sebagian kebutuhan mahasiswa yang mengikuti program.

Perlu diketahui juga, pendaftaran Jalur reguler dan afirmasi dibuka bersamaan, sedangkan pendaftara jalur co-funding baru akan dibuka setelahnya. Adapun jalur co-funding ditujukan bagi pendaftar yang belum lulus seleksi di jalur reguler.

Dana Tembus Rp139 Triliun, Pemerintah akan Tambah Jumlah Penerima Beasiswa LPDP?

Referensi:

  • https://puslapdik.kemdikbud.go.id/mahasiswa-penerima-kip-kuliah-ikut-iisma-2024-lewat-jalur-afirmasi/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini