Manfaatkan Microsoft Windows Hack, Kerja Lebih Efisien dan Efektif

Manfaatkan Microsoft Windows Hack, Kerja Lebih Efisien dan Efektif
info gambar utama

Hampir 4 dekade berlalu, Windows beroperasi sebagai sistem operasi komputer (computer operating system) yang didesain oleh Microsoft. Sistem operasi tersebut diciptakan oleh Bill Gates bersama teman-temannya pertama kali didirikan di Albuquerque, Meksiko Baru, Amerika Serikat.

Dewasa ini, semua bidang mengimplementasikan Microsoft Windows di era perkembangan teknologi, mulai dari administrasi, ekonomi, finansial, hingga pendidikan. Tak jarang HRD perusahaan menyeleksi kandidat pekerja yang dapat mengoperasikan komputer secara terampil dalam mengedepankan sumber daya manusia di masa depan.

Namun, tak banyak orang terampil dalam menggunakan komputer dan sebatas untuk mengetik tanpa mengetahui serba-serbi kegunaan tiap tombol pada komputer. Agar kerja lebih efisien dan efektif, coba gunakan Microsoft Windows shortcut yang dapat langsung dirasakan manfaatnya.

Disclaimer: tanda “+” bukan termasuk pada formula shortcut, ya!

1. Windows + ← atau →, digunakan untuk memilah layar secara bersebelahan yang memudahkan ketika ingin bekerja sambil melihat dokumentasi lainnya. Atur sesuka mungkin jendela aplikasi di sebelah kiri maupun kanan.

ilustrasi bilah 2 layar © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar

2. Windows + ↑ atau ↓, digunakan untuk memilah layar dengan tampilan atas-bawah. Atur sesuka mungkin jendela aplikasi di atas maupun di bawah. Apabila layar berada di atas dan ingin mengembalikan posisi semula, maka gunakan Windows + ↓ dan berlaku sebaliknya.

3. Windows + Z, digunakan untuk mengatur bilah layar pada desktop dengan menekan shortcut tersebut pada aplikasi yang dibuka dilanjut memilih posisi layar yang ingin dipilih. Nomor 1 untuk membilah layar menjadi dua, nomor 2 untuk membilah layar menjadi dua dengan sisi layar satu lebih lebar dibanding sisi lainnya, nomor 3 untuk membilah layar menjadi 3 dengan setengah layar dan dua lainnya pada posisi atas-bawah, serta nomor 3 untuk membilah layar menjadi 4 bagian sama besar.

Indeks Paspor Global: Menilik Peringkat Negara-Negara Asia Tenggara
ilustrasi bilah 4 layar © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar

4. Ctrl + shift + esc, digunakan untuk mengetahui aplikasi yang sedang dibuka dan sistem yang sedang berjalan atau disebut sebagai layar Task Manager.

5. Alt + tab, digunakan untuk berpindah layar dari satu ke layar lain. Misalnya, Microsoft Word dan Google Chrome sedang sama-sama dibuka, lalu aplikasikan shortcut tersebut untuk berpindah dari Word ke Chrome atau sebaliknya.

6. Windows + V, digunakan untuk memunculkan papan klip atau clipboard dan memilih kata yang telah di-copy paste. Apabila terdapat kata penting, kamu dapat mengaturnya dengan memberi tanda pin pada kata penting tanpa perlu copy paste kata yang telah diberi tanda pin masih tersimpan, meskipun laptop telah dimati-nyalakan hingga tanda pin dihilangkan oleh pengguna.

ilustrasi tangkapan layar papan klip © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar

7. Windows + shift + S, digunakan untuk menangkap layar pada desktop dengan memilih opsi tangkapan layar yakni mengatur bagian mana yang akan diambil dan mengambil keseluruhan layar desktop. Apabila terlalu sulit, Kawan GNFI bisa memencet tombol Prtsc (print screen) sekali dengan catatan laptop kompatibel tentang pengoperasian yang dimaksud karena pengaturan tiap laptop dapat berbeda-beda.

Tangkapan layar akan tersimpan sementara di papan klip atau clipboard dan tersimpan permanen di folderScreenshot pada Pictures File Explorer.

ilustrasi tangkapan layar desktop © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar

8. Gunakan Windows + . (titik/dot) untuk Kawan GNFI yang ingin memunculkan emoji keyboard. Contoh tampilannya, kamu bisa melihat ilustrasi di bawah ini, ya! Bagaimana, cukup menarik bukan?

Semakin Handal, Paspampres RI Dapat Keahlian Damkar
ilustrasi tangkapan layar papan emoji © Dokumentasi Pribadi 2024
info gambar

9. Windows + E, digunakan untuk membuka File Explorer tanpa mencari ikon arsip.

10. Windows + P, digunakan untuk membuka pengaturan proyeksi.

11. Windows + I, digunakan untuk membuka pengaturan komputer.

12. Windows + L, digunakan untuk keluar dari akun komputer tanpa mengeluarkan aplikasi dan bukan untuk mematikan komputer.

13. Windows + D, digunakan untuk meminimalkan (minimize) semua jendela yang terbuka pada desktop dan tekan kembali untuk memunculkan seperti semula.

14. Windows + N, digunakan untuk memunculkan notifikasi pada komputer.

15. Shift + delete pada dokumen terpilih, digunakan untuk menghapus file secara permanen tanpa tersisa di Recycle Bin. Anyway, Kawan GNFI perlu berhati-hati dengan penggunaan shortcut ini karena file yang telah dihapus tidak akan bisa dikembali meski laptop sudah di-reset.

Banyak sekali shortcut pada Microsoft Windows yang dapat dipraktikkan untuk mempermudah pekerjaan lebih terselesaikan dalam meningkatkan kualitas kerja. Apabila konsisten mempraktikkan shortcut tersebut, maka jari pun akan terlatih dan hapal dengan gerak yang diinginkan oleh diri sendiri.

Ini juga melatih keselarasan otak dan motorik tubuh bagian jari-jemari. Kira-kira shortcut mana yang sudah dipraktikkan? Atau shortcut mana yang akan Kawan GNFI coba?

Keikhlasan dalam Berjuang Menegakkan Agama Lewat Keahlian Menulis

Referensi:

  • https://edu.gcfglobal.org/en/windowsbasics/all-about-windows/1/
  • https://news.microsoft.com/announcement/microsoft-is-born/#:~:text=In%201980%2C%20the%20pair%20struck,largest%20personal%2Dcomputer%20software%20company.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini