Wisata Sawah Sumber Gempong, Wisata Anti Mainstream Mojokerto yang Lagi Hits

Wisata Sawah Sumber Gempong, Wisata Anti Mainstream Mojokerto yang Lagi Hits
info gambar utama

Gunung atau pantai merupakan destinasi andalan bagi siapa saja yang ingin berwisata alam. Namun pernahkah terbesit dalam pikiran Kawan untuk berwisata ke sawah? Nah, ini dia wisata Sawah Sumber Gempong, wisata anti mainstream yang wajib Kawan kunjungi jika bosan dengan wisata alam yang itu-itu saja.

Wisata alam yang sedang hits di Mojokerto ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk Kawan bersantai sambil menikmati indahnya suasana pedesaan. Tak hanya bersantai saja, Kawan juga bisa mencoba berbagai wahana hiburan yang seru hingga berkemah. Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut mengenai wisata ini? Simak informasi selengkapnya sebelum menuju kesana!

Lokasi Wisata Sumber Gempong

Wisata alam Sumber Gempong berlokasi di Sukorame, Ketapan Rame, Kecamatan Trawas, Kab. Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Apabila kamu dari Mojokerto rutenya sangatlah mudah dan cepat karena hanya memerlukan waktu sekitar 40 menitan saja.

Kawan tinggal lewat jalan Trawas untuk bisa sampai ke wisata alam yang satu ini. Namun untuk transportasi umum yang mengarah ke wisata ini memang belum ada. Oleh karenanya Kawan harus menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga :Mengenal Ketapanrame Mojokerto, Desa Wisata Terbaik yang Jadi Sorotan Debat Cawapres

Berbeda lagi jika Kawan berasal dari kota Surabaya maka sudah pasti akan memerlukan waktu 1,5 jam untuk bisa sampai. Rutenya sendiri bisa lewat jalan Tol Surabaya lalu ambilah jalur keluar di Pandaan/Prigen/Malang. Setelah itu lanjutkan ke jalan Raya Malang lalu ke jalan Raya Prigen kemudian ambil jalan Sumbergempol-Ganjaran.

Jika sudah 48 meter maka Kawan akan mendapati area persawahan ini disebelah kiri. Adapun jika dari kota Malang maka Kawan akan memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke wisata ini. Rutenya sendiri sama dengan arah Surabaya yaitu dari jalan Tol Pandaan dan keluar di Pandaan atau Prigen atau Malang.

Aktivitas Seru di Wisata Sawah Sumber Gempong

Bisa apa saja di wisata sawah? Jawabannya sangatlah banyak! Berikut ragam aktivitas seru yang bisa Kawan lakukan di wisata sawah Sumber Gempong:

Melihat Mata Air yang Tak Pernah Kering

air sumber gampong tak pernah kering
info gambar

Daya tarik unik yang dimiliki oleh wisata ini terletak pada mata airnya yang tak pernah kering. Meski namanya wisata sawah Sumber Gempong, tapi ada sebuah sumber mata air jernih yang akan Kawan temui.

Berdasarkan informasi dari situs Desa Ketapanrame konon mata air ini tidak pernah kering. Bahkan meski musim kemarau sekalipun. Tempat sumber mata air ini dekat sekali dengan area persawahan. Jadi Kawan akan dengan mudah menemukannya.

Menikmati Panorama Alam

Ketika berkunjung ke Sawah Sumber Gempong Kawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah berupa sawah hijau yang terhampar indah dengan latar belakang Gunung Penanggungan. Panorama ini pastinya mampu menyegarkan pikiran sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat healing.

Menanam Padi dan Membajak Sawah

Aktivitas seru lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah menanam padi dan membajak sawah. Hal ini karena pihak pengelola wisata ini turut mengundang para pengunjung untuk merasakan keunikan menanam padi dan membajak sawah dalam pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Paket edu wisata eksklusif ini tersedia dengan harga mulai dari Rp 150.000 per orang. Melalui partisipasi dalam paket ini, para wisatawan dapat mendekatkan diri dengan keindahan alam sekaligus memahami tahapan lengkap dalam proses produksi nasi, mulai dari penanaman padi hingga menjadi sajian yang lezat.

Mencoba Wahana

Wisata sawah ini menawarkan pengalaman liburan yang seru dengan berbagai macam wahana yang menarik perhatian. Mulai dari kereta sawah, jantra, sepeda layang, becak terbang, bebek air, ATV, hingga naik kuda. Pengunjung dapat menikmati setiap wahana tersebut dengan membeli tiket terpisah untuk setiap wahana.

Berenang

Bukan hanya untuk dinikmati keindahannya, Kawan juga bisa berenang dan merasakan sejuknya air di kolam mata air yang tak pernah kering. Merasakan sejuk dan murninya air sambil menikmati pemandangan alam tentu suatu pengalaman yang terlalu sempurna untuk dilewatkan.

Camping

camping di sumber gampong
info gambar

Para pengunjung dapat merasakan pengalaman menginap yang unik dengan berkemah di kawasan wisata Sumber Gempong. Pada malam hari, ketenangan dan kedamaian menyelimuti, hanya terdengar suara katak dan hewan-hewan sawah yang menciptakan suasana istimewa.

Saat matahari terbit, Kawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memukau. Bagi yang ingin menginap, tersedia opsi lain selain berkemah yaitu menginap di guesthouse. Berikut adalah tarifnya:

  1. Guesthouse, dengan harga menginap Rp 350.000 pada hari kerja dan Rp 450.000 pada akhir pekan.
  2. Camping ground, dengan tiket masuk seharga Rp 15.000 per orang dan sewa tenda berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 80.000 per unit.
Baca juga :Air Terjun Dlundung, Destinasi Wisata Alam di Mojokerto yang Cocok Jadi Tempat Berkemah

Jelajah Wisata Budaya

Desa Ketapanrame tidak hanya menawarkan keindahan wisata Sumber Gempong, tetapi juga memamerkan beragam kesenian budaya yang menarik. Terdapat ragam kesenian yang dapat Kawan eksplorasi seperti seni bela diri pencak silat dan bantengan, pertunjukan gamelan, serta Tari Mayang Rontek, sebagaimana terungkap dalam informasi dari situs Jadesta Kemenparekraf.

Para wisatawan berkesempatan menyaksikan seluruh pertunjukan seni tradisional ini. Menariknya, dalam kesenian bantengan, salah satu pemain yang memegang kepala banteng dapat mengalami kesurupan selama pertunjukan. Sementara Tari Mayang Rontek, sebuah tarian tradisional khas Mojokerto, menggambarkan kekayaan adat istiadat dalam prosesi pernikahan Mojoputri.

HTM, Jam Operasional, dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke wisata yang satu ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp5.000 saja. Dengan harga tersebut Kawan sudah bisa mengakses dan menjelajahi area persawahan di wisata ini, berenang di kolam mata airnya, berfoto dan merasakan terapi ikan.

Namun harga tersebut tentunya belum mencakup wahana permainan yang ada di wisata ini. Jika Kawan ingin mencoba wahana yang ada tentu akan dikenakan biaya tambahan dengan rincian sebagai berikut:

  • Wahana kereta sawah Rp10.000
  • Wahana Jantra Rp10.000 per orang
  • Wahana sepeda layang Rp15.000
  • Wahana becak terbang Rp20.000
  • Wahana bebek air Rp20.000 per orang
  • Wahana ATV Rp25.000 per orang
  • Naik kuda Rp30.000 per orang

Harga tiket diatas tak hanya terjangkau namun meski hari biasa maupun weekend atau hari libur tetap sama tak ada perubahan. Untuk jam operasionalnya sendiri buka pada pukul 8 pagi hingga 4 sore pada hari kerja atau biasa. Adapun saat hari libur atau weekend Sumber Gempong buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Untuk kenyamanan para pengunjungnya wisata ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area parkir yang cukup luas, pusat informasi dan pembelian tiket masuk destinasi, gazebo, mushola, toilet dan warung makan. B

agi yang hobi berfoto atau ingin mengabadikan momen, wisata ini juga menyediakan banyak sekali spot foto instagenic yang bisa Kawan manfaatkan. Jadi tunggu apalagi? Bagi Kawan yang ingin berwisata di sawah super unik dengan segudang aktivitas seru di dalamnya, yuk, ke Sumber Gempong saja!

Sumber:
https://www.idntimes.com/travel/destination/putri-intan-nur-fauziah/wisata-sumber-gempong?page=all
https://travel.kompas.com/read/2023/09/26/144000927/wisata-sawah-sumber-gempong--harga-tiket-jam-buka-dan-aktivitas-?page=all
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230620133727-275-964251/sumber-gempong-mojokerto-fasilitas-wahana-harga-tiket-masuk-2023
https://travel.kompas.com/read/2023/09/26/104000127/wisata-sawah-sumber-gempong-mojokerto-ada-mata-air-tak-pernah-kering-?page=all
https://radarmadura.jawapos.com/food-travel/743637400/apa-saja-daya-tarik-wisata-sumber-gempong-di-trawas-mojokerto-dijamin-bikin-kamu-ingin-segera-berlibur

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini