Air Terjun Dlundung, Destinasi Wisata Alam di Mojokerto yang Cocok Jadi Tempat Berkemah

Air Terjun Dlundung, Destinasi Wisata Alam di Mojokerto yang Cocok Jadi Tempat Berkemah
info gambar utama

Mojokerto punya Air Terjun Dlundung. Destinasi wisata alam ini juga bisa digunakan untuk berkemah.

Air Terjun Dlundung terletak di Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Jika dilihat di peta, air terjun ini berada di sebelah tenggara pusat kota Mojokerto dan sebelah utara Gunung Arjuna.

Air terjun ini punya ketinggian sekitar 60 meter. Di bawahnya, terdapat kolam kecil tempat di mana pengunjung bisa bermain air.

Hal yang membuat mengunjungi Air Terjun Dlundung menjadi semakin menyenangkan adalah suasana alamnya yang indah. Saat datang di Air Terjun Dlundung, nuansa alami khas pedesaan akan langsung terasa dan bakal membuat siapapun betah berada di sana.

Berbagai fasilitas sudah disediakan di Air Terjun Dlundung agar pengunjung nyaman. Misalnya, tersedia area parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan. Ada pula musala yang bisa digunakan pengunjung untuk beribadah.

Menariknya, tempat berkemah juga tersedia. Pengunjung pun bisa menikmati Air Terjun Dlundung lebih lama sambil berkemah bersama teman dan keluarga.

Anda yang tak berminat berkemah pun bisa tetap berlama-lama menikmati suasana sekitar Air Terjun Dlundung. Sebab, tersedia banyak vila dan penginapan yang bisa disinggahi dengan harga yang terjangkau.

Tertarik mengunjungi Air Terjun Dlundung? Untuk mencapai ke sana, Anda perlu berkendara sekitar 38km dari pusat kota Mojokerto. Jika Anda berangkat dari Malang, maka jaraknya sekitar 55km, dan dari Sidoarjo jaraknya 36km.

Pengunjung harus membayar tiket untuk masuk ke Air Terjun Dlundung. Namun tak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau. Berdasarkan informasi yang dipublikasikan Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, harga tiket masuk air terjun hanya Rp 15.000. Bagi yang ingin menggunakan area berkemah, dikenakan tiket lagi seharga Rp 10.000.

Baca juga : Wisata Sawah Sumber Gempong, Wisata Anti Mainstream Mojokerto yang Lagi Hits

Destinasi Andalan Desa Wisata Ketapanrame

Dengan segala daya tariknya, Air Terjun Dlundung ternyata juga menjadi destinasi andalan bagi Desa Wisata Ketapanrame. Selain air terjun ini, ada dua destinasi andalan lain, yakni Taman Ghanjaran, dan Wisata Sawah Sumber Gempong.

Dengan Air Terjun Dlundung dan destinasi wisata lainnya, Desa Wisata Ketapanrame mengikuti Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. Hebatnya, desa ini mampu menembus posisi 75 Besar.

Pencapaian itu tentu luar biasa. Sebab, ada banyak aspek yang dinilai dari sebuah desa wisata dalam ADWI, mulai dari keunikan wisata, standar kualitas pelayanan homestay dan toilet, promosi, hingga suvenir.

"Dengan segala potensi yang ada, pengembangan pariwisata di Desa Ketapanrame ini diharapkan bisa menjadi yang terbaik dan menjadi Desa Wisata Unggulan Terbaik Indonesia di Tahun 2023 ini,” ujar Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati seperti dilansir laman Diskominfo Jawa Timur.

Baca juga : Mengenal Ketapanrame Mojokerto, Desa Wisata Terbaik yang Jadi Sorotan Debat Cawapres

Referensi:

  • https://jawatimuran.disperpusip.jatimprov.go.id/2012/05/30/air-terjun-dlundung-kabupaten-mojokerto/
  • https://pariwisata.mojokertokab.go.id/wisata-alam/air-terjun-dlundung
  • https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/desa-wisata-ketapanrame-kabupaten-mojokerto-masuk-nominasi-adwi-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini