7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Makassar yang Terkenal

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Makassar yang Terkenal
info gambar utama

Makassar jadi salah satu kota besar yang ada di Indonesia dan cukup terkenal di luar pulau Jawa dengan pesona alam dan wilayah yang memesona. Sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar jadi salah satu kota yang bisa Kawan masukkan ke dalam wishlist destinasi berlibur ke luar dari pulau Jawa. Dari wisata bahari, sejarah, budaya hingga wisata berbelanja bisa Kawan lakukan selama berkunjung ke Makassar.

Saat berkunjung ke sana, berbagai kuliner khas Makassar yang memanjakan lidah tak boleh Kawan lewatkan juga. Selama berlibur dan menikmati keindahan Makassar, Kawan juga jangan sampai lupa untuk membawa buah tangan atau oleh-oleh khas Makassar untuk keluarga di rumah maupun untuk rekan kerja.

Berikut adalah 10 rekomendasi oleh-oleh khas Makassar yang terkenal dan cocok untuk buah tangan!

Kopi Toraja

Kawan seorang penikmat kopi? Kopi Toraja menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang tak boleh terlupakan. Diolah dari pohon kopi yang memiliki tinggi 1400mdpl yang ditanam di tanah vulkanik pegunungan Sesean bersama dengan berbagai tanaman rempah ini tentu memiliki rasa yang otentik bagi pada penikmat kopi.

MENGENAL KOPI TORAJA SAPAN YANG EKSOTIS
info gambar

Ada tiga jenis kopi Toraja yang bisa kawan coba, yaitu kopi arabika, kopi robusta dan kopi special blend. Kopi robusta dari kopi Toraja menjadi salah satu jenis yang cukup terkenal nih, Kawan. Memiliki rasa yang lebih pahit jika dibandingkan dengan kopi lainnya, tetapi memiliki tingkat keasaman yang rendah dan cocok di lidah.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama, Kopi Toraja adalah pilihan yang paling tepat dan bisa Kawan dapatkan di tempat oleh-oleh maupun di pasar tradisional dengan harga berkisar antara Rp50.000 hingga Rp200.000 tergantung jenis dan ukurannya.

Sirup DHT

Kawan pernah menikmati es pisang ijo yang enak itu? Nah, salah satu bahan yang ada di olahan es pisang ijo adalah sirup DHT. Sirup ini memiliki rasa pisang ambon yang kental dan manis yang bisa menambah cita rasa pada es pisang ijo. Sirup ini berbeda dengan sirup lainnya yang encer dan tingkat kemanisan yang berbeda-beda.

Sirup DHT cocok dijadikan oleholeh dari Makassar terutama jika Kawan ingin membuat olahan es pisang ijo yang khas itu sendiri di rumah.

Resep Sirup Pisang Ambon (DHT) Khas Makassar
info gambar

Kain Bugis

Makassar tak hanya dikenal memiliki wisata kuliner yang nikmat dan memanjakan lidah, tetapi juga memiliki kain tradisional dengan ciri khas yang cukup kental. Salah satunya adalah Kain Bugis. Kain Bugis merupakan oleh-oleh khas Makassar selain makanan yang banyak diburu oleh wisatawan. Kain tradisional dari Suku Bugis ini memiliki motif yang cukup khas yang dibuat dengan katun.

Kain Bugis bisa diaplikasikan ke dalam beberapa jenis seperti kain saja atau menjadi sarung yang sering Kawan lihat pada orang-orang yang berasal dari Bugis. Kawan bisa mendapatkan Kain Bugis dengan harga yang bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah tergantung dari ukuran dan motifnya.

Lipa Sabbe, Kain Tenun Sutera Khas Bugis yang Mendunia

Kain Tenun Sengkang

Kain Tenun Sengkang menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang diburu oleh wisatawan selain kain Bugis. Kain ini memiliki bahan asli dari sutra alam yang juga jadi khas suku Bugis. Berbeda dengan kain bugis ada yang terbuat dari katun, kain senun sengkang ini memiliki motif warna warni mencolok dan berpola vertikal.

Kain tenun yang berasal dari Sengkang ini merupakan daerah yang menjadi penghasil sutra. Ragam motif yang ada di kain tentung sengkang ini juga memiliki makna beragam yang bisa menunjukan status pemakainya seperti wanita lajang maupun yang sudah menikah seperti motif makkalu, balo renni, ballo tettong, cobo, aksara Bugis, dan ukiran Toraja.

Kain ini bisa Kawan dapatkan dan jadikan buah tangan untuk handai taulan di rumah dengan kisaran harga mulai dari Rp150.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari ukuran dan bahan motifnya.

Kain Tenun Sengkang

Kacang Sembunyi

Jangan berpikir bahwa ini adalah makanan khas yang di mana kita harus mencari kacangnya ya Kawan. Kacang sembunyi adalah salah satu kue dan oleh-oleh khas Makassar yang cukup terkenal. Kacang sembunyi adalah kue kering dari kacang dengan rasa manis dari gula karamel yang menyelimuti bagian luar kue. Saat ini, ada beberapa varian rasa yang ada seperti pedas manis dan gurih.

Kacang sembunyi menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang banyak dicari oleh wisatawan karena bisa awet dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, kacang sembunyi banyak dicari karena bisa jadi teman nyemil yang pas di pagi atau sore hari sambil ditemani segelas kopi.

Kawan yang sedang berlibur di Makassar gak boleh ketinggalan untuk beli kacang sembunyi yang bisa dibeli di toko oleh-oleh atau toko makanan yang ada dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa borong yang banyak ya Kawan!

Resep Kacang Sembunyi Anti Gagal, Manis Gurih untuk Isian Toples Lebaran - Babad IdSirup Markisa @ Babad.id

Keripik Pisang Ijo

Makassar identik dengan es pisang ijo yang nikmat dan segar. Tetapi, untuk kamu yang ingin mencoba pisang ijo variasi lainnya bisa mencoba keripik pisang ijo. Sama seperti keripik apel yang menjadi oleh-oleh khas Malang, keripik nangka yang menjadi oleh-oleh khas Jogja. Keripik pisang ijo ini menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa tahan lama jika ingin dijadikan buah tangan setelah berkunjung dari Makassar.

Keripik yang dibuat dari pisang ijo yang diiris tipis ini kemudian digoreng hingga kering. Setelah itu, keripik pisang ijo biasanya diberi tambahan bumbu seperti gula dan sedikit garam untuk memberikan rasa yang gurih dan manis. Wah, menarik banget nih buat oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama!

KERIPIK PISANG IJO ( 2 PACK )
info gambar

Mantao Makassar

Mantao atau sering juga disebut juga dengan "mantau" atau "mantou" adalah sejenis roti kukus yang cukup populer di Makassar. Mantao memiliki tekstur yang lembut dan biasanya digunakan untuk menemani hidangan berkuah atau sebagai bahan untuk hidangan tertentu.

Mantao sendiri berbeda dengan bolu kukus atau bakpia kukus yang jadi oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama. Mantao mirip dengan bakpao hanya berbeda warna. Mantao sendiri berasal dari Kabupaten Pare-Pare yang lebih dikenal dengan Mantao Pare Makassar. Kawan yang ingin membawa oleh-oleh khas Makassar yang tahan lama bisa membeli Mantao ini.

Beragam Varian Mantao ada di Mantao Pare | Makassar Kuliner
info gambar

Ketujuh rekomendasi oleh-oleh Makassar di atas cukup terkenal untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana. Namun, ada juga oleh-oleh khas Makassar lainnya seperti pisang epe, minuman tradisional sarabba, hingga aksesoris-aksesoris khas suku Bugis yang bisa Kawan bawa sebagai buah tangan.

Yuk berkunjung ke Makassar untuk nikmati beragam keindahan alam dan kenikmatan kulinernya yang bikin Kawan ingin balik lagi ke sana!

Sumber artikel:
https://www.gramedia.com/best-seller/oleh-oleh-khas-makassar/
https://www.senangrekreasi.com/oleh-oleh-khas-makassar/
https://www.orami.co.id/magazine/oleh-oleh-khas-makassar?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini