Pertamina Menang Lelang Blok Migas di Malaysia, Luasnya 1.864 KM2

Pertamina Menang Lelang Blok Migas di Malaysia, Luasnya 1.864 KM2
info gambar utama

PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP) berhasil memenangkan lelang blok eksplorasi SK510 yang berlokasi di lepas pantai Sarawak, Malaysia. Penandatanganan akuisisi telah digelar di Kuala Lumpur pada Selasa (23/1/2024).

PMEP, anak perusahaan PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), yang berafiliasi dengan PHE, mengelola eksplorasi maupun produksi minyak dan gas (migas) di wilayah Sabah dan Sarawak, Malaysia, dengan tipe kontrak Production Sharing Contract (PSC).

Blok SK510 terbentang seluas 1.864 kilometer persegi. Pemegang Participating Interest (PI) Blok SK510 terdiri dari: PETRONAS Carigali Sdn. Bhd. selaku operator dengan PI sebesar 40 persen, PMEP dan INPEX Malaysia E&P SK510 Sdn. Bhd masing-masing sebesar 25 persen, dan Petroleum Sarawak Exploration & Production Sdn. Bhd memiliki PI 10 persen.

Pertamina Borong Proyek Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang di AZEC

Akuisisi Blok SK510 menambah jumlah pengelolaan PMEP menjadi 6 blok. PMEP memiliki PI di 3 blok produksi, di antaranya: SK309 (25,5 persen), Blok SK311 (25,5 persen), dan Blok K (24 persen). Lalu, 2 blok eksplorasi: SK510 (25 persen), SK 314A (25,5 persen), serta 1 blok pengembangan dan eksplorasi, yaitu Blok H (18 persen), kecuali Lapangan Rotan 24 persen.

“Kami meyakini pengelolaan Blok SK510 dapat memperkuat footprint PHE di Malaysia dalam upaya mencapai target perusahaan dengan meningkatkan pertumbuhan sumber daya migas melalui aset eksplorasi di luar negeri,” ujar Danar Dojoadhi, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PHE, dalam keterangan tertulis.

Sebelum ini, PHE telah menyelesaikan akuisisi blok migas di Peri Mahakam dan Bunga di kawasan Indonesia Timur, East Natuna di area perbatasan Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Masela di Maluku. Menurut Danar, memperluas wilayah kerja melalui blok eksplorasi baru, baik domestik maupun internasional, sangat penting untuk menjaga keberlanjutan sumber daya energi fosil.

“Kami memiliki hubungan jangka panjang dengan Pertamina, bahkan sebelum kelahiran PETRONAS, 50 tahun yang lalu. Hari ini saya senang melihat Pertamina terus memperluas portofolionya dalam E&P Malaysia,” tambah Senior Vice President MPM PETRONAS, Bacho Pilong.

Pertamina Gandeng Chevron Kembangkan Panas Bumi di Lampung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini