Kisah Dramatis Itu Bernama Lolosnya Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023

Kisah Dramatis Itu Bernama Lolosnya Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023
info gambar utama

Drama yang berujung manis terjadi di Piala Asia 2023 di mana Timnas Indonesia akhirnya lolos ke babak 16 besar.

Kepastian lolosnya Indonesia didapat pada Kamis (25/1/2024) malam setelah laga Oman versus Kirgiztan berakhir imbang 1-1. Hasil itu membuat Indonesia sah menjadi tim peringkat ketiga terbaik nomor empat, dan karenanya berhak atas tiket ke 16 besar.

Sepanjang babak penyisihan grup, Indonesia merasakan kekalahan 1-3 dari Irak dan Jepang, serta kemenangan 1-0 atas Vietnam. Total, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong mengoleksi 3 poin di Qatar.

Koleksi poin nan minimalis itulah yang membuat perjalanan Indonesia menuju 16 besar jadi berjalan dramatis. Maklum saja, nasib Indonesia bergantung kepada tim dari grup lain.

Sejarah Baru, Timnas Indonesia Selalu Cetak Gol di Penyisihan Grup Piala Asia

Drama Berujung Manis

Setelah dikalahkan Jepang Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1/2024) Indonesia bertengger di urutan keempat tim peringkat tiga terbaik. Di sinilah drama dimulai. Posisi Indonesia ikut ditentukan oleh hasil laga Yordania versus Bahrain dan Oman versus Kirgiztan pada keesokan harinya.

Laga Yordania melawan Bahrain dimulai lebih dulu pada pukul 18.30 WIB. Jika Yordania memang dengan selisih minimal tiga gol atas Bahrain, maka Indonesia langsung melenggang ke 16 besar tanpa perlu menunggu hasil laga Oman kontra Kirgiztan pada pukul 22.00 WIB.

Namun, drama justru semakin runyam ketika ternyata Yordania justru kalah dari Bahrain. Sepanjang laga, Yordania tampak bermain aman dan tidak bergairah. Bahkan beredar gosip yang menyebut Yordania memang enggan menang agar bisa menghindari Jepang di babak 16 besar, di mana pihak Yordania kemudian membantahnya.

Mau tak mau, Indonesia jadi menggantungkan nasib kepada laga Oman versus Kirgiztan. Syarat Indonesia lolos adalah Oman tidak boleh menang. Laga harus berakhir imbang atau Oman kalah, namun hanya dengan selisih gol tidak lebih dari satu.

Runyamnya drama terjadi lagi. Saat laga baru memasuki menit kedelapan, Oman mencetak gol sekaligus unggul 1-0. Momen ini tentu membuat pendukung Indonesia menjadi tegang karena nasib tim kesayangannya benar-benar di ujung tanduk.

Dalam kondisi Oman unggul, Kirgiztan berupaya mencetak gol balasan, namun upaya mereka kerap buntu. Ini terjadi hingga menit-menit akhir laga.

Drama mencapai puncaknya saat duel Oman melawan Kirgiztan tinggal menyisakan waktu 10 menit. Saat itu, Kirgiztan mencetak gol balasan yang membuat skor menjadi imbang 1-1, gol yang dinanti-nanti pendukung Indonesia.

Momen itu pula yang jadi akhir manis dari drama ini. Dengan skor akhir 1-1 di laga Oman versus Kirgiztan, Indonesia melaju ke fase gugur untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaannya di Piala Asia.

Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini