Sejarah Baru, Timnas Indonesia Selalu Cetak Gol di Penyisihan Grup Piala Asia

Sejarah Baru, Timnas Indonesia Selalu Cetak Gol di Penyisihan Grup Piala Asia
info gambar utama

Meski belum tentu lolos ke fase gugur, Timnas Indonesia punya torehan yang cukup baik di Piala Asia 2023: Selalu mencetak gol di babak penyisihan grup.

Terakhir, Indonesia dikalahkan Jepang 1-3 di Stadion Al Thumama, Qatar, padabRabu (24/1/2024). Indonesia kebobolan gol pertama saat pertandingan memasuki menit keempat. Gol dicetak oleh Ayase Ueda melalui eksekusi penalti setelah ia dilanggar oleh Jordi Amat di kotak terlarang.

Sepanjang laga, Indonesia harus berjibaku menahan serangan bertubi-tubi dari Jepang. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum, namun Indonesia harus kebobolan lagi pada babak kedua.

Gol kedua Jepang ke gawang Indonesua kembali dicetak Ueda, tepatnya pada menit ke-52. Gol ini bermula dari aksi Ritsu Doan yang melepaskan umpan tarik ke tengah dari sisi kiri. Ayase Ueda yang berdiri bebas pun berhasil menceploskan bola ke gawang Indonesia yang dikawal kiper Ernando Ari.

Ketertinggalan Indonesia membesar jadi 0-3 pada menit ke-88 setelah Justin Hubner mencetak gol bunuh diri lewat kegagalannya memblok bola tendangan Ueda. Namun, Indonesia mendapat gol hiburan pada injury time setelah Sandy Walsh menyambar bola pantulan hasil lemparan Pratama Arhan sehingga skor menjadi 1-3.

Dalam dua laga penyisihan grup sebelumnya, Indonesia dikalahkan Irak 1-3 dan menang 1-0 atas Vietnam. Hasil ini membuat koleksi 3 poin Indonesia di Grup D tak bertambah dan posisi anak-anak asuh Shin Tae-yong tertahan di peringkat ketiga.

Satu gol ke gawang Jepang membuat Indonesia untuk yang pertama kalinya mampu mencetak gol dalam seluruh laga penyisihan grup Piala Asia.

Mengenal Suwon FC, Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan

Pertama Kali dalam Sejarah

Indonesia sudah lima kali ikut serta di Piala Asia. Namun, baru kali ini mampu mencetak gol di seluruh laga penyisihan grup.

Di Piala Asia 1996, Indonesia mengoleksi empat gol. Namun, ada satu laga di mana Indonesia kalah 0-2 dari Uni Emirat Arab, sementara dua pertandingan lainnya berakhir imbang 2-2 dan kalah 2-4, yakni saat menghadapi Kuwait dan Korea Selatan.

Kemudian pada 2000, Indonesia gagal mencetak satupun gol. Empat tahun berselang, Indonesia mencetak tiga gol. Dua saat mengalahkan Qatar 2-1, dan satu saat dikalahkan Bahrain 1-3. Namun, sempat pula kalah 0-5 dari China.

Pada 2007, Indonesia mencetak tiga gol. Dua gol tercipta saat menang 2-1 atas Bahrain, serta dikalahkan 1-2 Arab Saudi. Dalam satu laga lainnya, Indonesia dikalahkan Korea Selatan 0-1.

Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini