5 Oleh-Oleh Khas Bogor Paling Populer bagi Wisatawan

5 Oleh-Oleh Khas Bogor Paling Populer bagi Wisatawan
info gambar utama

Bogor tidak hanya dikenal sebagai kota hujan dan banyak tempat wisata yang cukup ramai ketika akhir pekan. Bogor jadi salah satu kota yang gak boleh Kawan lewatkan jika sedang mencari tempat untuk berlibur sendiri maupun bersama keluarga. Bogor punya beragam destinasi wisata seperti wisata alam, hiburan hingga kuliner yang lezat.

Keindahan alam dan kesejukan yang ditawarkan Bogor memang bikin kita ingin kembali lagi ke sini. Siapa yang tak asing dengan kawasan Puncak, wisata alam di daerah Sentul, dan wisata keluarga Kebun Raya Bogor? Kawan pasti pernah berlibur di salah satu tempat tersebut.

Untuk Kawan yang belum pernah berlibur dan sedang merencanakan liburannya di Bogor, berikut adalah 5 oleh-oleh khas Bogor yang paling populer bagi wisatawan untuk dibawa pulang.

Roti Unyil

Roti yang punya ukuran mungil dan berbeda dari jenis roti pada umumnya ini memang menjadi ciri khas dari Bogor. Roti kecil dengan aneka rasa dan topping ini memang jadi pilihan utama jika ingin membawa buah tangan dari Bogor.

Kawan bisa menemukan roti unyil di berbagai sudut kota Bogor karena memang dari pedagang di pinggir jalan hingga pusat oleh-oleh pasti menjual roti unyil. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, roti unyil jadi salah satu oleh-oleh khas Bogor yang populer dengan harga bersahabat.

Sejarah Roti Unyil yang Ternyata Sudah Ada sejak Tahun 90-an

Asinan Bogor

Kawan bosan dengan oleh-oleh dengan rasa yang manis? Tenang, Bogor punya jajanan yang khas yaitu Asinan Bogor. Kuliner yang memiliki cita rasa lezat ini tak hanya memiliki rasa asam pedas dari kuahnya saja tapi juga sehat karena beragam jenis irisan buah dan sayuran di dalamnya.

Kuliner legendaris ini memang sudah ada sejak lama. Bahkan, salah satu asinan Bogor yang terkenal sudah ada sejak 1987. Asinan Bogor cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah berlibur dan menikmati udara segar di Bogor karena tahan lama.

Resep Asinan Sayur Bogor, Cuma 3 Langkah!
info gambar

Lapis Talas/ Lapis Bogor

Kue khas satu ini memang beda dari kue lapis yang ada pada umumnya. Lapis berbahan dasar talas ini memang jadi kuliner dan oleh-oleh khas Bogor yang cukup lezat dan populer. Dengan tekstur berlapis dan berwarna ungu dengan topping keju di atasnya menambah kenikmatan untuk dinikmati bersama keluarga di rumah setelah berlibur di Bogor.

Salah satu lapis talas yang cukup popluer bisa Kawan temukan di Jalan Pajajaran. Lapis talas sendiri memiliki beberapa varian seperti Lapis Bogor Original, Lapis Bogor Teh, Lapis Bogor Keju, Lapis Bogor Cokelat Talas. Cocok sekali untuk oleh-oleh ya Kawan.

Varian Bolu Sangkuriang Terfavorit - Lapis Bogor Sangkuriang
info gambar

Factory Outlet

Tak hanya oleh-oleh makanan yang populer dan lezat saja, di Bogor, Kawan bisa membeli beragam oleh-oleh yang ada di factory outlet yang tersebar di sepanjang jalan kota Bogor hingga Puncak. Di sana, Kawan bisa membeli buah tangan seperti kaos khas Bogor maupun aksesoris-aksesoris yang ikonik.

Di sini Kawan bisa membawa buah tangan yang tidak merogoh kocek terlalu dalam karena memiliki harga yang bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya.

Libur Panjang Jadi Berkah Factory Outlet di Bogor

Bir Kotjok

Pernah dengan kalau di Bogor ada bir yang tidak mengandung alkohol tapi bisa menghangatkan badan? Yup, bir kotjok yang jadi salah satu minuman khas Bogor adalah jawabannya. Dengan bahan yang banyak menggunakan rempah-rempah ini memang cocok jika dipadukan dengan cuaca Bogor yang sejuk dan sering hujan.

Perpaduan jahe merah, cengkih dan kayu manis ini memang tak hanya bisa menghangatkan badan tetapi juga juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan badan. Selain khasiatnya, bir kotjok juga dibanderol dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp10.000 per gelas.

Bir Kotjok Khas Bogor | Jalur Rempah, Kemdikbudristek Republik Indonesia
Bir Kotjok Bogor - Jalur Rempah

Nah, itu adalah 5 oleh-oleh khas Bogor yang populer dan bisa kamu bawa untuk orang-orang tersayang yang ada di rumah maupun kantor. Tak hanya kelima oleh-oleh yang ada di atas saja, Bogor juga punya banyak panganan dan oleh-oleh khas lainnya yang bisa Kawan eksplor selama berlibur di sana.

Referensi:
https://www.traveloka.com/id-id/explore/culinary/12-oleh-oleh-khas-bogor-yang-selalu-ramai-pengunjung/15656
https://travel.kompas.com/read/2019/09/14/183730227/20-oleh-oleh-khas-bogor-yang-populer?page=all
https://www.detik.com/jabar/wisata/d-6871479/10-oleh-oleh-khas-bogor-yang-terkenal-2023-cocok-dibawa-pulang
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/putriana-cahya/oleh-oleh-khas-bogor?page=all
https://direktori.kotabogor.go.id/index.php/situs/wisatakul

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini