Awal Mula Penamaan Kadungora Garut, Benar dari Pohon Durian yang tak Pernah Tua?

Awal Mula Penamaan Kadungora Garut, Benar dari Pohon Durian yang tak Pernah Tua?
info gambar utama

Kadungora merupakan sebuah kecamatan yang posisinya berada di area awal Kabupaten Garut. Hal yang menarik Kadungora adalah nama kampung yang mana terkenal dengan pohon durian.

Kadungora merupakan kecamatan yang strategis karena dilalui jalan provinsi juga rel kereta api, bahkan di tempat ini juga mempunyai Stasiun Kereta Api yang cukup fenomenal yaitu Stasiun Lelas.

“Merupakan transportasi rakyat yang menghubungkan ke kota provinsi Jawa Barat,” ucap penulis tempat wisata, Agus Kusdinar.

Lapangan Kerkhof, Bekas Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Warga Garut

,Kadungora selain tempatnya yang unik, juga mempunyai nama yang menarik. Bila dicermati, Kadungora berasal dari dua kata yaitu kadu (durian) dan ngora (muda). Bila diartikan berarti durian muda.

“Beda dengan Garut, berasal dari kakarut (tergores) yang menurut cerita pertama kalinya karena sang Meneer Belanda yang tergores oleh rumput berduri, dan disitulah nama Garut lahir,” jelasnya.

Banyak pohon durian

Dikatakan oleh Agus, kampung ini dahulunya ada pohon durian yang buahnya tak pernah tua, karena tidak sempat tua. Hal ini memiliki artian mengenai warga yang tinggal di perkampungan tersebut.

Ketika datang ke kampung itu kita akan menemukan beberapa rumah yang ditempati sedikit penghuni. Hal ini dikarenakan jumlah penduduknya tidak berubah secara turun temurun, seperti halnya arti durian yang selalu muda.

2 Mall Baru di Garut Siap Penuhi Kebutuhan Warga di Tahun 2024

“Mungkin itu yang disebut dari sejarah pohon durian yang tak pernah tua, jika kita tarik benang merahnya seperti halnya penduduk warga Kampung Kadungora yang hanya diam di kampung itu waktu usia muda, dan ketika menginjak dewasa mereka memilih untuk meninggalkan kampung halamannya,” ucapnya.

Masyarakat di sana memang banyak yang menghabiskan masa tuanya tidak di Kampung Kadungora. Walau saat masa mudanya, orang-orang itu menghabiskan waktunya di Kampung Kadungora.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini