Lapangan Kerkhof, Bekas Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Warga Garut

Lapangan Kerkhof, Bekas Kuburan Belanda yang Jadi Tempat Olahraga Warga Garut
info gambar utama

Sarana Olahraga (SOR) Merdeka atau lapangan Kerkhof di Kabupaten Garut merupakan favorit bagi masyarakat untuk menghabiskan harinya. Tempatnya yang menawan usai diberi sentuhan rumput sintetis membuat warga Garut suka berolahraga di tempat ini.

Tetapi sebelum dikenal sebagai tempat berolahraga, SOR Merdeka memiliki sejarah yang panjang. Sesuai dengan namanya, Kerkhof memiliki arti kuburan dalam bahasa Belanda. Tempat ini memang menjadi kuburan orang Eropa sejak tahun 1923.

2 Mall Baru di Garut Siap Penuhi Kebutuhan Warga di Tahun 2024

“Memang awalnya kuburan Belanda. Berfungsi sejak tahun 1923 hingga kurang lebih sampai tahun 1981-an,” kata sejarawan asal Garut, Warjita yang dimuat Detik.

Tetapi Kerkhof sebagai kuburan orang Eropa hanya eksis hingga tahun 1981. Di tahun tersebut, Pemerintah Kabupaten Garut kemudian memindahkan makam-makam yang ada di sana ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Santiong.

Berubah bentuk

Pada masa kepemimpinan Bupati Taufik Hidayat (1983-1988) Pemkab Garut kemudian mengubah fungsi Kerkhof dari yang tadinya kuburan Belanda, menjadi arena pacuan kuda untuk masyarakat sekitar.

Tetapi pada tahun 2003, Bupati Dede Satibi mengubah fungsi lapangan Kerkhof menjadi sarana olahraga, dan mengubah namanya menjadi SOR Merdeka. Pemerintah daerah menganggarkan hingga Rp5 miliar.

“Landasan disulap dari yang tadinya beralas rumput liar dengan tanah, kini menjadi rumput sintetis. Kabarnya, rumput sintetis yang digunakan, berasal dari luar negeri dan berstandar FIFA,” paparnya.

Nikmatnya Bakso Aci dari Garut: Kuliner Pengganti Nasi pada Zaman Belanda

Selain lapangan sepak bola, Pemda Garut juga menggelontorkan dana sekitar Rp4 miliar untuk menyulap jogging track yang ada di sana. Dari yang tadinya beralas serbuk batu bata, kini menjadi beralas karpet.

“Tapi ini baru bisa digunakan bulan Maret ya. Karena sekarang ada waktu pemeliharaan 45 hari. Nanti bisa dipakai olahraga oleh masyarakat,” kata Bupati Rudy Gunawan.

Fasilitas murah

Bagi warga Garut, direnovasinya fasilitas olahraga SOR Merdeka ini sangat didukung. Pasalnya fasilitas olahraga yang terbilang murah-meriah bagi masyarakat. Warga yang datang hanya dikenakan tarif Rp2-5 ribuan saja untuk menikmati beragam fasilitas.

Apalagi sarana olahraga seluas dua hektare ini berada di Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut. Selain itu, lokasinya dekat dengan SMA 1 Garut sehingga sering didatangi oleh para pelajar.

Debut Perdana, Kerajinan Kulit khas Garut Mejeng di Catwalk New York Fashion Week

Tampaknya cerita SOR Merdeka yang dahulunya merupakan kuburan tak mengurangi antusias warga Garut untuk beraktivitas. Selain memiliki berbagai fasilitas penunjang yang memadai kawasan Kerkhof memiliki panorama cantik.

Selain kualitas udara masih bagus, banyak spot menarik yang bisa dijadikan latar bagi generasi kekinian yang doyan berswafoto. Satu hal lainnya yang menjadikan Kerkhof populer karena banyaknya penjaja kuliner.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini