Debut Perdana, Kerajinan Kulit khas Garut Mejeng di Catwalk New York Fashion Week

Debut Perdana, Kerajinan Kulit khas Garut Mejeng di Catwalk New York Fashion Week
info gambar utama

Kerajinan kulit khas Garut perdana melenggang di catwalk New York Fashion Week The Shows pada 7–13 September 2023. Produk asli Indonesia ini tampil lewat koleksi tas brand Garut Kulit yang mengangkat tema Komodo.

Dilansir dari Suara.com, Rabu (13/9), CEO sekaligus pendiri Garut Kulit, Sumarni Rifemi sengaja memilih tema komodo untuk ajang fesyen internasional tersebut karena dinilai sangat melambangkan Indonesia.

“Dikenal sebagai ‘titisan terakhir klan dinosaurus yang masih ada hingga kini, yang merupakan kadal terbesar dan terberat di dunia. Komodo kami pilih karena sangat mewakili Indonesia yang faktanya memang hanya bisa ditemui di beberapa pulau di Indonesia,” katanya.

Sampaikan pesan khusus

Perempuan yang akrab disapa Ani itu menaruh harapan besar terhadap pandangan dunia kepada Indonesia saat ini, dengan terpilihnya Garut Kulit untuk mengikuti gelaran New York Fashion Week 2023.

Melalui koleksi tas kulit miliknya, Garut Kulit membawa pesan khusus agar masyarakat dunia dapat lebih mengenal dan menjaga habitat komodo. Hal ini sekaligus juga menjadi ajang untuk mempromosikan destinasi wisata Pulau Komodo.

Capaian Ani dalam menghadirkan kerajinan kulit khas Garut di acara prestisius tersebut membuktikan bahwa produk lokal juga memiliki kualitas yang tinggi serta tak ketinggalan untuk mengikuti tren fesyen terkini.

Siap Tampil! Ini 7 Brand Indonesia di New York Fashion Week 2023

Butuh dukungan pemerintah

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Garut Ridwan Effendi turut mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi Garut Kulit yang memulai debut bersama luar negeri, Flying Solo di New York Fashion Week 2023.

“Tentunya ini menjadi kesempatan yang sangat baik khususnya bagi pelaku dan tentu ini bagi nama besar Garut, karena di Garut Kulit ini sangat luar biasa. Kami juga sangat konsen bagaimana (kerajinan) kulit Garut kedepan tentu harus berkualitas,” kata Ridwan.

Lebih lanjut, pihaknya juga menuturkan pentingnya dukungan pemerintah daerah, provinsi, dan pusat dalam mengembangkan Garut Kulit sebagai salah satu ikon kerajinan kulit terbesar di Indonesia. Dengan begitu, proses produksi bisa lebih berkualitas dan memperhatikan aspek lingkungan.

Pertama di Dunia, Sepatu dari Kulit Ceker Ayam Asal Bandung

Referensi:

Suara.com. Kerajinan Tangan Asli Indonesia akan Hadir dalam New York Fashion Week 2023. https://www.suara.com/pressrelease/2023/09/11/083500/kerajinan-tangan-asli-indonesia-akan-hadir-dalam-new-york-fashion-week-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini