Rest Area Banjaratma, Eks Pabrik Gula Belanda yang Jadi Daya Tarik di Tol Pejagan-Pemalang

Rest Area Banjaratma, Eks Pabrik Gula Belanda yang Jadi Daya Tarik di Tol Pejagan-Pemalang
info gambar utama

Rest area selalu menjadi penolong dari kelelahan pengendara saat melewati jalan tol. Tetapi tidak sedikit rest area yang menawarkan suasana yang unik. Salah satunya adalah Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma.

Rest area yang berlokasi di ruas Tol Pemalang-Pejagan arah Jakarta ini memanfaatkan bekas pabrik gula milik Belanda. Kesan unik dan ikonik langsung tersaji ketika para pengendara memasuki tempat ini.

Jalan Tol Yogya-Bawen Ruas Banyurejo-Sleman Selesai Kuartal Awal 2025

Dimuat dari Kompas, pabrik gula Banjaratma dibangun oleh N.V. Cultuur Maatschappij pada tahun 1908. Perusahaan perkebunan ini berpusat di Amsterdam, Belanda. Pabrik gula Banjaratma menghasilkan gula termurah dalam Kolonial Verslag 1907.

Pada 1919, pabrik ini dipakai untuk melakukan penelitian ilmiah terhadap budaya dan proses produksi gula. Sejak itulah keberadaan pabrik gula Banjaratma memiliki peran besar dalam keberhasilan produksi gula di Jawa.

Dijadikan rest area

Tetapi pada tahun 1997, pabrik gula Banjaratma mengalami kerugian. Tahun tersebut merupakan operasional terakhir pabrik gula karena kerugian yang dialami secara terus menerus.

Pabrik gula dengan luas lahan 10,5 hektare ini kemudian dijadikan bangunan cagar budaya. Seiring pembangunan Tol Trans Jawa, bekas bangunan ini kemudian direvitalisasi dan kemudian dialihfungsikan menjadi rest area.

Tol Baru Siap Beroperasi untuk Libur Nataru, Apa Saja?

Pembangunan yang melibatkan beberapa konsorsium ini tak banyak mengubah tampilan dari bekas pabrik gula Banjaratma. Hingga akhirnya terbentuklah rest area Banjaratma yang dikenal dengan sebutan Rest Area Heritage 260 B Banjaratma.

Lokasi ini mulai dioperasikan sebagai tempat persinggahan pengguna tol sejak 17 Maret 2019. Gaya bangunan rest area ini ikonik, dengan bentuk retro dinding batu bata yang terkelupas sehingga kerap dipakai sebagai spot foto

Fasilitas rest area

Rest Area Banjaratma ini menyediakan fasilitas standar seperti SPBU, area parkir yang luas, masjid, mushola, toilet, hingga kios makanan dan minuman. Beberapa UKM juga menjual souvenir dan kuliner lokal.

Selain itu, sudut-sudut rest area dimanfaatkan sebagai tempat memajang berbagai mesin peninggalan masa lalu, salah satunya mesin penggiling tebu. Berbagai peninggalan masa lalu ini mempercantik suasana.

Sambut Libur Nataru, 192 Km Jalan Tol Baru Siap Beroperasi

Di luar bangunan juga terdapat lokomotif tua dan air mancur yang menarik untuk dijadikan spot foto Instagramable. Lokasi ini juga sering dijadikan sebagai latar video atau foto prewedding karena kecantikan bangunannya.

Baru-baru ini, Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma juga menambah fasilitas wahana yang seru untuk anak-anak. Di salah satu sisi rest area dibangun wahana seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini