Khodam Macan Putih Miliki Prabu Siliwangi dan Ciri-cirinya Fisik Penggunanya

Khodam Macan Putih Miliki Prabu Siliwangi dan Ciri-cirinya Fisik Penggunanya
info gambar utama

Prabu Siliwangi merupakan Raja pakuan yang namanya begitu legendaris. Dirinya berkuasa antara tahun 1482-1521 M. Harumnya nama sosok yang memiliki nama asli Jaya Dewata ini salah satunya karena kesaktiannya.

Dimuat dari Intisari, Prabu Siliwangi memiliki khodam macan putih yang selalu setia mendampingi kemanapun dia pergi. Masyarakat Sunda pun menghormati sosok makhluk gaib yang mempunyai nama Maung Bodas.

gambar macan putih khodam milik prabu siliwangi
info gambar

Disebutkan Maung Bodas adalah raja dari kawasan macan putih gaib yang hidup di dunia lain. Dirinya mempunyai ribuan tentara sejenisnya yang siap berperang kapan saja. Makhluk ini pun tidak terlihat wujudnya secara kasat mata.

Maung Bodas, Khadam Prabu Siliwangi yang Jadi Simbol Masyarakat Sunda

Kisah asal-usul Maung Bodas bermula saat Prabu Siliwangi hendak beristirahat di Curug Sawer, Majalengka, guna melepas lelah dalam pengembaraannya. Tanpa disangka, sekawanan macan putih gaib menghadang langkah dan hendak menerkam sang prabu.

“Namun karena memang Prabu Siliwangi dikenal sangat sakti mandraguna, tidak satupun kawanan macan itu dapat melukainya,” tulis Ade S.

Simbol macan putih

Macan menjadi simbol yang tak asing bagi masyarakat Sunda. Beberapa hal yang berkaitan dengan kebudayaan dan eksistensi masyarakat Sunda dikorelasikan dengan simbol macan. Baik simbol verbal maupun non verbal, seperti simbol Komando Daerah Militer (Kodam) Siliwangi hingga julukan Persib Bandung.

Sejarawan Bandung, Muhammad Rico Wicaksono menjelaskan maung tak hanya dikenal oleh masyarakat Subang atau Bandung, tetapi sudah jadi simbol Jawa Barat. Rico menyatakan pernah melakukan ziarah ke beberapa tempat seperti Gegerkalong, Cimahi, dan Garut.

"Saya pernah nemu patung maung di pangkalan ojek. Dan itu juga bentuknya unik," kenangnya.

Kerajaan Pajajaran: Sejarah, Masa Kejayaan, dan Peninggalan

Ciri-Ciri Fisik Pengguna Khodam Siliwangi

gambar macam putih khodam siliwangi
info gambar

Sebagai sebuah simbol, sebagian masyarakat juga mencoba memiliki khodam Prabu Siliwangi ini. Tetapi tidak semua orang bisa mendapatkannya. Disebutkan ada beberapa ciri-ciri fisik bila seseorang mempunyai khodam macan putih.

Orang yang memiliki khodam macan putih acapkali dikenal sebagai orang yang punya kewibawaan dan kharisma tersendiri. Selain itu ada ciri-ciri fisik pengguna khodam macan putih antara lain tatapan matanya yang tajam, auranya yang kuat, mudah marah. Tetapi mereka juga selalu menjalankan ibadah.

Pantangan yang diterapkan

Beberapa orang mencoba segala cara untuk mendapatkan khodam macan putih. Biasanya mereka melakukan tirakat yaitu puasa mutih selama 1 minggu penuh tanpa terputus. Mereka tidak diperbolehkan memakan sesuatu yang mengandung nyawa.

Pada pengisian khodam macan putih ini sebanyak 111 kali setelah sholat tahajud. Salah satu weton kelahiran yang disukai dan dijaga oleh khadam macan putih adalah weton kelahiran Senin Legi. Weton ini memilki total neptu yang dimiliiki 9 dari senin 4 dan legi 5.

Cara Mudah Menghitung Weton Jawa Beserta Artinya

"Dengan lintang kelapa sunde yang dimilki weton ini memiliki watak sopan santun, ramah tamah, lembut tutur kata dan perilakunya," tulis laman Wonosobo Zone.

Tetapi ada juga pantangan bagi pemiliki khodam macan putih, pertama adalah bila tidak memberi makan atau sesajen. Kemudian pemilik khodam dilarang mabuk-mabukan dan berbuat zina. Kemudian ada juga tidak boleh memakan dari tempat melayat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

RK
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini